Home Bisnis Yuk Simak Panduan Dasar Cara Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula

Yuk Simak Panduan Dasar Cara Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula

by Mas Abadi
https://edufinansial.com/?p=1473&preview=true

Tahukah Anda bahwa salah satu pangsa bisnis yang tidak pernah ada matinya adalah pasar ternak? Hal tersebut bisa terjadi karena, minat dan pasar dari produk ternak sangatlah luas. Salah satunya adalah bisnis ternak bebek yang bisa dimulai meski Anda hanya seorang pemula. Untuk persiapan memulai bisnis yang menjanjikan ini, cek ulasan berikut.

Panduan Memulai Bisnis

Sebagai pemula di dalam dunia ternak, membayangkan merawat bebek dalam jumlah puluhan memang tampak sulit. Takut mati, rugi, hingga gagal adalah hal yang wajar. Namun beruntungnya, bisnis ternak yang satu ini cenderung cocok untuk pemula. Beberapa hal yang harus diperhatikan pun tidak terlalu rumit. Berikut panduannya

  1. Analisa Anggaran Bisnis

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah modal yang Anda miliki. Sudah jelas sekali, anggarannya tidak sedikit. Pasalnya Anda harus membeli bibit bebek, kandang, lahan, hingga pakan. Hal yang perlu Anda garis bawahi adalah jumlah bibit dan lahan. Semakin besar jumlah bebek yang dibeli maka akan membutuhkan lahan lebih besar dan biaya lain akan turut melonjak.

  1. Persiapan Lahan

Jika Anda sudah yakin dengan anggaran dan jumlah bebek, Anda bisa siapkan lahan terlebih dahulu. Untuk budidaya bebek setidaknya Anda akan membutuhkan area 1×1 m untuk dua ekor bebek. Pastikan semua bebek yang dibeli akan memiliki tempat tinggal yang bersih, kering, dan nyaman. Jangan lupa dengan pencahayaan yang cukup dan luas.

  1. Pembuatan Kandang

Lahan yang Anda miliki nantinya akan diubah menjadi kandang yang layak. Dalam bisnis ini, Anda dapat memilih kandang jenis panggung, litter, atau baterai. Seperti namanya, kandang panggung punya desain bak panggung dengan kandang jauh berada di atas tanah. Hampir sama dengan tipe panggung, kandang jenis baterai juga memiliki desain tinggi.

Yang menjadi pembeda adalah keberadaan alas miring 30 derajat di kandang baterai. Hal tersebut digunakan untuk membuat telur mudah menggelinding. Sedangkan jenis litter hanya berupa kandang berpagar dengan ruang terbuka dan tertutup. Anda dapat memilih kandang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Dalam pembuatan kandang, pastikan bahwa Anda memiliki ruang yang cukup luas untuk semua bebek. Tidak hanya itu, pastikan penerangannya juga baik agar bebek nyaman dan tetap hangat di malam hari. Berkaitan dengan suhu, kandang bebek yang ideal hendaknya memiliki suhu ruang sekitar 27- 30°C.

  1. Penyediaan Pakan

Pakan binatang ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Anda perlu menyediakan tempat minum dan makan yang dapat diakses oleh setiap bebeknya. Makanannya pun beragam, Anda dapat memberi pakan berupa amisan, keong, ikan rucah, limbah pemotongan ayam, bungkil, jagung, kacang kacangan, hingga nasi bekas.

  1. Perawatan

Perawatannya pun tidak rumit. Cara ternak bebek ini bisa Anda lakukan sendiri dengan memperhatikan beberapa hal utama, yakni makanan, kebersihan, dan kelembaban. Selain itu, Anda juga bisa pertimbangkan memisahkan bebek dewasa dengan anakan. Begitu juga dengan memisahkan bebek yang sakit dan segera mengobatinya.

  1. Panen Telur

Panen telur bisa Anda dapatkan saat bebek mencapai usia 5 – 7 bulan. Memasuki usia dewasa, bebek tidak selalu menghasilkan telur. Karenanya jumlah yang akan didapat pun tidak akan menentu. Umumnya, jumlah telur yang didapat sekitar 30 – 50 telur dari 100 ekor bebek. Namun, angka tersebut akan meningkat seiring bebek semakin dewasa.

Baca Juga Artikel Berikut : Masih Menjanjikan, Berikut Cara Ternak Ayam Petelur Yang Wajib Diketahui Pemula

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bibit bebek

https://edufinansial.com/?p=1473&preview=true

Sebelum Anda memborong bibit bebek, pastikan untuk memilih telur tetas yang diproduksi dari induk bebek berkualitas. Anda juga bisa memelihara induk bebek petelur dan pejantan untuk menghasilkan telur yang siap tetas. Kemudian, eramkan menggunakan mesin, entok, atau ayam. Anda juga dapat mempertimbangkan opsi DOC atau Day old duck yang lebih terjamin.

Estimasi Modal untuk memulai bisnis

  1. 50 bebek

Anda dapat memulai bisnis budidaya bebek dengan 50 ekor bibit saja. Dengan begitu, Anda dapat menghemat kebutuhan modal utama. Perhitungan kasar kapital untuk opsi ini setidaknya butuh dana 5 – 6 jutaan. Anda dapat menggunakan sisa uang untuk membuat kandang, membeli pakan, memberi vitamin, vaksin, dan biaya listrik atau air bulanan.

  1. 100 bebek

Untuk 100 bibit ekor bebek, kurang lebih kapital yang dibutuhkan adalah dua kali lipat dari opsi sebelumnya. Setidaknya sediakan 10 -12 juta untuk semua kebutuhan pembelian bibit, pembuatan kandang, pakan, kebutuhan perawatan, dan tagihan bulanan. Dalam hitungan 6 -7 bulan Anda bisa mendapat 50 -60 telur per hari, yang diperkirakan dapat meraup untung 200 ribu rupiah per harinya.

Secara garis besar, memulai bisnis untuk ternak bebek ini bukanlah hal yang terlalu sulit. Kapital utama yang dibutuhkan pun bisa diasumsikan sekitar 5 -10 jutaan. Tentunya, jumlah bebek, ketersediaan lahan dan pakan akan pengaruhi angka tersebut. Dengan cara ternak yang baik dan benar, tidak menutup kemungkinan Anda akan meraup untung mencapai jutaan rupiah per bulan.

You may also like