Home Perencanaan Yuk, Simak Cara Mengatur Uang Gajian Suami

Yuk, Simak Cara Mengatur Uang Gajian Suami

by Mas Abadi
kelola gaji suami

Saat Anda sudah berumah tangga, umumnya seorang istri memiliki tugas untuk mengelola keuangan. Istri harus tahu bagaimana caranya mengelola uang dari hasil gaji suami yang tepat dan efektif. Sehingga, keperluan rumah tangga bisa tercukupi. Walaupun demikian, masih banyak istri yang tidak paham cara mengelola gaji suami. Mereka biasanya malas untuk mempelajari yang akhirnya menganggap hal tersebut sepele. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatur uang gajian suami dengan tepat. Mari simak ulasannya di bawah ini! 

1. Sisihkan kebutuhan primer 

Penting untuk mengetahui apa kebutuhan rumah tangga utama. Kebutuhan pokok rumah tangga umumnya meliputi uang untuk makan sehari-hari, uang untuk pendidikan anak, uang untuk keperluan darurat, dan sejenisnya. Menyimpan gaji suami yang dapat digunakan menjadi kebutuhan pokok nantinya, akan memberikan rasa aman bagi rumah tangga Anda. Lalu, cara ini bisa mengurangi keinginan untuk membeli barang-barang yang kurang penting.

  1. Buat daftar kebutuhan 

Cara termudah mengatur  gaji suami adalah dengan membuat daftar apa saja yang dibutuhkan dalam rumah tangga Anda. Atur kebutuhan inti Anda, kebutuhan tambahan, dan apa yang termasuk di tabungan Anda. Ingatlah untuk mencatatnya dengan bentuk daftar apa yang Anda butuhkan. Biasanya daftar dibuat untuk sebulan atau disesuaikan dengan gaji dan keperluan sehari-hari. Sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan  yang diterima ya! 

Jangan lupa untuk mendahulukan kebutuhan pokok untuk rumah tangga, supaya mencegah hal-hal yang terjadi tiba-tiba dan tidak diinginkan. 

2. Minimalisir berhutang 

Hutang bisa menjadi dampak yang buruk untuk keuangan di rumah tangga Anda. Sebab hutan bisa memberi beban penghasilan dan pastinya berdampak juga pada keadaan psikologis keluarga. Apalagi dengan hutan yang memiliki bunga, itu akan menjadi beban untuk Anda dan keluarga. 

Meskipun harus terpaksa sekali Anda berhutang, jangan lupa untuk memperhitungkannya dengan benar. Maksudnya, sesuaikan dengan penghasilan, jangka waktu berhutang sampai jumlah biaya yang harus dibayarkan. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya penumpukan hutang secara berlebihan. 

3. Kurangi makan di luar dan belanja yang tidak dibutuhkan

Kebiasaan membeli barang yang tidak dibutuhkan umumnya dilakukan oleh wanita. Untuk melakukan ini, Anda perlu membatasi keinginan Anda untuk menghabiskan terlalu banyak. Memprioritaskan kebutuhan yang penting adalah kunci untuk mengelola anggaran rumah tangga Anda. 

Makan di luar pun harus dikurangi. Hal ini karena bisa meningkatkan pengeluaran rumah tangga. Selain itu, makanan di luar ruangan biasanya lebih mahal daripada memasak sendiri. Anda dapat makan di luar dari waktu ke waktu, tetapi jangan melakukannya setiap hari.

4. Melunasi tagihan di awal 

Membayar tagihan di awal waktu merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengelola keuangan dari gaji suami. Sebab, pelunasan tepat waktu tidak akan mengganggu pengeluaran Anda kedepannya. Sehingga, bisa membuat keuangan Anda menjadi lebih stabil.

Tagihan yang dimaksudkan yaitu tagihan telepon, air, TV kabel, listrik dan lainnya. Pembayaran di awal waktu tidak hanya meringankan Anda tetapi juga agar tidak ada denda yang harus dibayarkan. Dengan demikian, uang yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak. 

4. Jadikan menabung sebagai prioritas 

Anda dapat menyimpan uang untuk masa depan. Gaji suami tidak hanya Anda buang sesuai kebutuhan setiap bulannya, tetapi juga Anda simpan sebagai tabungan. Penghematan untuk rumah tangga juga dimungkinkan. Misalnya dengan mengembalikan sisa uang saku atau mengurangi penghasilan langsung di awal bulan. Untuk tinggal di rumah, tabungan wajib hukumnya. Jika tidak, tidak ada kredit keluarga yang  bisa digunakan nanti dalam keadaan darurat.

5. Gunakan paket internet dengan hemat 

Paket data sekarang telah menjadi kebutuhan pokok untuk seluruh masyarakat. Apalagi sekarang hampir seluruh aktivitas serba online, mulai dari berdagang, pendidikan, urusan pekerjaan dan lainnya. Dengan begitu, secara otomatis Anda harus tentunya memerlukan paket data maupun wifi di rumah. 

Agar menghemat, sebisa mungkin Anda menggunakan paket data atau wifi yang murah dan menggunakan sesuai dengan keperluan Anda saja. Meskipun terlihat sepele namun hal ini bisa membuat Anda berhemat.

6. Buat dana darurat 

Mempunyai dana darurat bisa membantu mengurangi kecemasan mengenai hidup dengan penghasilan suami saja. Ini pun bisa membantu melindungi Anda dari pengeluaran mendadak seperti perbaikan rumah, mobil dan biaya medis jika Anda sakit dan butuh perawatan. 

Idealnya, dana Anda harus bisa mencukupi untuk hidup selama enam bulan atau lebih ketika penghasilan bulanan sedang menurun. Cara yang satu ini bisa membantu Anda untuk mencapai tabungan yang lebih cepat dan menjadi langkah awal yang baik untuk belajar cara mengontrol pengeluaran sampai Anda bisa hidup dengan penghasilan yang lebih sedikit. 

Itulah tadi cara mengatur uang gaji suami yang mulai bisa Anda terapkan sekarang. Semoga artikel ini membantu ya! 

You may also like