Home Bisnis Yuk Simak Cara Jualan di Shopee yang Tepat dan Tipsnya Agar Laris Manis

Yuk Simak Cara Jualan di Shopee yang Tepat dan Tipsnya Agar Laris Manis

by Mas Abadi
Yuk Simak Cara Jualan di Shopee yang Tepat dan Tipsnya Agar Laris Manis

Menjadi salah satu e-commerce yang paling banyak digunakan di dalam negeri, membuat banyak pelaku bisnis yang melirik Shopee sebagai media untuk berjualan. Akan tetapi, banyak pula pebisnis pemula yang tidak tahu menahu bagaimana cara jualan di Shopee. Jika anda salah satunya, maka ulasan berikut tentunya akan sangat membantu.

Cara Mendaftar Sebagai Penjual di Shopee

Yuk Simak Cara Jualan di Shopee yang Tepat dan Tipsnya Agar Laris Manis

Shopee belakangan memang menjadi platform penjualan online yang begitu naik daun. Salah satu alasan e-commerce satu ini begitu dinikmati antara lain karena kemudahan dalam penggunaannya. Nyatanya, Shopee tidak hanya memudahkan para pembeli saja. Namun juga memberi banyak kemudahan untuk penjual yang ingin membuka toko di sana.

Tentunya cara daftar Shopee juga bisa dilakukan hanya dengan beberapa langkah mudah. Yang pertama yaitu unduh aplikasi Shopee melalui Playstore untuk Android dan App Store untuk iOS. Lalu buat akun dengan mendaftar pada Shopee. Dalam hal ini, anda bisa mendaftar dengan email, nomor ponsel yang aktif, atau menggunakan Facebook.

Selanjutnya buat username serta password untuk akun Shopee anda, dan masukkan foto profil toko. Apabila akun sudah jadi, maka berikutnya isi data diri sesuai yang diminta. Isi semua profil toko seperti nama, alamat, nomor telepon, hingga jasa pengiriman yang hendak anda gunakan. Jangan lupa untuk mengisi data rekening atau kartu bank yang nanti digunakan bertransaksi.

Cara Jualan di Platform Shopee

Apabila anda sudah berhasil mendaftar dan memiliki akun, cara menjual barang di Shopee sudah bisa dilakukan dengan cara yang sangat praktis. Cukup masuk ke dalam akun Shopee di dalam aplikasi. Berikutnya pilih menu Saya di tampilan awal yang letaknya berada pada pojok kanan bawah. Masuk ke dalam pilihan Mulai Jual yang ada di bagian pojok kiri atas.

Berikutnya klik Tambah Produk, kemudian unggah berbagai foto produk yang ingin anda jual di Shopee. Jangan lupa untuk melengkapi data terkait produk yang anda jual, agar pembeli tidak bertanya tanya. Data di sini berisi informasi produk seperti nama, deskripsi, varian, stok, kategori produk, dan lain sebagainya. Jika sudah, klik tanda centang atau Simpan.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengintip Cara Jualan Di Lazada Yang Mudah Dan Nyaman, Anda Wajib Tahu !

Tips Jualan Laris di Shopee

Cara buka toko di Shopee memang sudah dilakukan dengan baik. Namun apakah pembeli bisa datang sendiri dan produk dapat terjual laris manis ? Tentu saja anda butuh tips dan trik agar jualan segera diserbu pembeli. Dan yang pasti pastikan anda tidak menjual barang yang dilarang seperti alkohol, obat obatan, barang antik, atau lainnya yang bersifat ilegal.

  1. Perbanyak Variasi Produk

Calon konsumen akan benar benar menjadi pelanggan apabila disuguhi banyak variasi produk. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa satu pelanggan akan membeli lebih dari satu barang. Dimana variasi produk di sini bisa mencakup ukuran, warna, model, dan lain sebagainya. Sehingga banyak pilihan tersedia untuk calon pembeli.

  1. Pasang Foto Menarik

Meski variasi produk sudah banyak, namun jika foto yang dipasang tidak menarik. Tentu saja pembeli akan enggan untuk mampir, apalagi membeli di toko anda. Ibarat etalase, foto adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli sebelum memutuskan pembelian. Oleh karena itu pastikan foto produk diambil sebaik mungkin. Namun jangan sampai pasang foto palsu terkait produk.

  1. Tuliskan Deskripsi yang Jelas

Foto menarik yang telah anda pasang harus disertai dengan deskripsi yang jelas dan lengkap, agar memungkinkan pembeli mengetahui kualitas produk anda tanpa perlu bertanya terlebih dahulu. Mereka akan lebih senang mengetahuinya sendiri daripada harus susah susah menghubungi penjual. Ingat, e-commerce ini dikunjungi berkat kepraktisannya.

  1. Sebarkan Juga di Sosial Media

Toko anda bisa menjadi satu dari sekian banyak online shop lainnya yang ada di Shopee. Lalu bagaimana agar calon pembeli mengetahui kehadiran dari toko ini ? Maka di sini anda perlu melakukan teknik digital marketing dengan cara menyebarkan di sosial media. Carilah sosial media dengan banyak pengguna seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan lain lain.

  1. Pasang Harga Kompetitif

Harga merupakan salah satu hal yang seringkali menjadi pertimbangan ketika seseorang hendak membeli suatu produk. Maka dari itu, anda wajib untuk memasang harga kompetitif untuk menarik calon pembeli. Tentunya anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu agar harga jual ini mampu bersaing dengan penjual lainnya.

  1. Manfaatkan Flash Sale

Shopee mempunyai fitur flash sale untuk pengguna, yaitu penjualan cepat yang ada di beranda Shopee. Pemanfaatan fitur ini akan memungkinkan produk jualan anda laku lebih cepat. Namun pastikan anda sudah memenuhi stok produk dengan baik dan persentase diskon serta harga juga telah diverifikasi oleh Shopee, sebelum bergabung dengan fitur flash sale.

Pengguna Shopee memang jumlahnya sangat banyak, sehingga pangsa pasar juga cukup luas ketika memutuskan untuk membuka lapak di e-commerce satu ini. Kendati demikian, penjual di Shopee nyatanya juga sangat banyak, sehingga saingan ada di mana mana. Oleh karena itu, beberapa tips di atas bisa anda terapkan sebagai cara jualan di Shopee agar laris manis.

 

 

You may also like