Home Tips Yuk, Ketahui 4 Tips Menghindari Godaan Berhutang

Yuk, Ketahui 4 Tips Menghindari Godaan Berhutang

by Mas Abadi

Berhutang guna memenuhi semua keperluan yang tidak begitu penting bisa mengganggu keuangan pribadi maupun keluarga Anda. Karena, dengan memiliki hutang maka Anda diwajibkan untuk membayar beban pokok ditambah dengan bunganya.

Belum lagi, jika anda berhutang guna membeli hal hal yang tidak Anda butuhkan atau biasa disebut dengan lapar mata. Hutang yang menumpuk ditambah dengan barang yang tidak dipakai berakhir dengan terbuang sia sia.

Masalah kesehatan seperti stress, depresi dan tekanan secara psikologis pun dapat muncul sebab hutang anda yang menumpuk. Hal di atas pastinya dihindari dan tidak ingin dirasakan oleh semua orang. Oleh karena itu, Anda harus keluar dari kebiasaan untuk berhutang.

Lalu, bagaimana caranya? Kami mempunyai 4 cara sederhana yang dapat Anda lakukan guna berhenti membiasakan berhutang. Di bawah ini ulasannya untuk Anda.

4 Cara Menghindari Godaaan Berhutang

1.     Membuat daftar pendapatan dan pengeluaran per bulan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar berhenti berhutang yaitu membuat daftar pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Catat seluruh pengeluaran yang anda keluarkan setiap bulan seperti biaya hiburan, Utilitas, tempat tinggal, transportasi, makanan, dan lainnya.

Hal yang wajib dipastikan mulai saat ini yaitu jumlah pengeluaran yang anda punya wajib lebih rendah dari pendapatan yang anda peroleh setiap bulannya. Mempunyai pendapatan yang besar dari jumlah pengeluaran adalah syarat yang wajib dipenuhi supaya anda terbebas dari hutang.

Setelah anda mengetahui berapa pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya, maka selanjutnya yaitu anda bisa membuat anggaran per bulan. Anggaran ini dibuat untuk mengontrol pengeluaran Anda per bulannya dan membantu Anda mengetahui aliran uang yang keluar.

Ketika masalah terjadi di pengarahan, maka Anda dapat mulai memperbaiki kebiasaan belanja dan juga belajar berhemat. Apabila anda telah mengelola pengeluaran dan masih terjadi masalah artinya Anda harus meningkatkan jumlah pendapatan yang anda peroleh perbulannya.

Anda dapat memulai usaha sampingan atau mengambil lembur guna menambah jumlah pendapatan yang Anda dapatkan perbulannya.

2.     Berhenti belanja berlebihan

Banyaknya hutang yang Anda miliki sebab Anda tidak bisa mengatur pengeluaran yang Anda dapatkan setiap bulannya. Pemakaian kartu kredit merupakan salah satu faktor yang menjadikan mudahnya Anda untuk berhutang ketika belanja.

Oleh karena itu, mulai sekarang berhentilah untuk menggunakan kartu kredit Anda. Anda dapat berbelanja memakai uang tunai maupun memakai kartu debit guna membatasi pengeluaran secara berlebihan.

Apalagi untuk Anda yang senang berbelanja, mungkin Anda merasa ingin membeli seluruh barang yang Anda lihat di media sosial ataupun toko offline. Sesaat seluruh barang tersebut tampak bagus dan Anda ingin mempunyai barang tersebut.

Nah, hal yang wajib Anda tanyakan di diri sendiri yaitu apakah Anda membutuhkan barang tersebut? Atau Anda hanya menginginkannya saja? Jika Anda membutuhkan sesuatu, berarti anda sulit untuk melanjutkan hidup tanpa adanya barang tersebut. Seperti air, listrik, makanan pokok dan lainnya.

Namun, bila Anda hanya menginginkan hal itu,  ada maupun tidak ada barang tersebut, Anda tetap dapat menjalani hidup seperti biasa dan juga baik baik saja, maka hal tersebut merupakan keinginan yang perlu Anda kurangi.

Jika nanti empat dapat uang sisa, maka Anda dapat memakai uang tersebut untuk membeli keinginan Anda. Jika belum, maka dahulukanlah semua kebutuhan utama dan jangan mencoba untuk berhutang.

3.     Simpan uang untuk dana darurat

Hal yang masih tidak disadari oleh banyak orang yaitu mereka masih mengandalkan kartu kredit dan berhutang untuk memenuhi seluruh pengeluarannya yang tak terduga. Padahal, bila mempunyai dana darurat, Anda tidak harus berhutang guna memenuhi seluruh kebutuhan yang tiba-tiba muncul.

Jumlah dana darurat yang bisa menopang hidup Anda yaitu sebesar 6 kali biaya hidup yang Anda keluarkan setiap bulannya. Dengan begitu anda bisa tenang untuk menjalani hidup jika memiliki dana darurat sendiri.

4.     Cari cara untuk mendapatkan pendapatan lebih

Lalu, bila sekarang Anda sedang memiliki hutang yang banyak, maka prioritaskanlah lebih dulu pengeluaran guna melunasi utangnya Anda punya. Terdapat banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan setiap bulannya.

Contohnya,  Anda berhenti berolahraga di gym dan berolahragalah di rumah atau Anda  dapat berhenti berlangganan tv kabel dan juga menjual beberapa barang yang tidak lagi Anda butuhkan. Jangan berhenti berlangganan tersebut membuat uang Anda menjadi utuh dan dapat melunasi hutang yang sekarang dimiliki.

Setelah Anda telah terlepas dari seluruh hutang tersebut, maka ini menjadi waktu yang tepat untuk Anda memperbaiki pengeluaran keuangan Anda demi masa depan yang tidak terlilit hutang lagi. Dapat menyerahkan beberapa gaji yang anda miliki untuk berinvestasi di sejumlah instrumen investasi.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tidak tergoda untuk berhutang. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda yang saat ini masih terlilit utang. Selamat mencoba!

You may also like