Home Bisnis Yuk Kenali Apa Itu Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya di Sini

Yuk Kenali Apa Itu Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya di Sini

by Mas Abadi
Yuk Kenali Apa Itu Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya di Sini

Bagi anda yang merupakan pelaku bisnis, sangat penting untuk membangun brand awareness atau kesadaran merek ketika melakukan pemasaran produk. Dengan kesadaran merek yang tinggi, maka akan memberi dampak jangka panjang yang baik untuk bisnis. Lantas apa sebenarnya kesadaran merek ini dan bagaimana cara meningkatkannya ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Mengenal Apa Itu Kesadaran Merek

Kesadaran merek adalah hal penting dalam bisnis. Dimana kesadaran merek ini merupakan kemampuan calon konsumen maupun konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu brand, produk, atau jasa. Tentunya kemampuan konsumen dalam mengenali suatu brand ini menjadi pusat dari pengambilan keputusan saat hendak melakukan pembelian.
Pada penerapannya, sebelum adanya kesadaran atau awareness ini maka suatu merek akan menciptakan branding terlebih dahulu. Yang mana branding sendiri merupakan suatu usaha atau proses untuk memberikan makna pada produk atau jasa. Hal ini dilakukan dengan membuat nilai image merek ke dalam ingatan masyarakat.
Perusahaan melakukan berbagai cara membangun brand awareness, untuk menjadi pembeda di antara rival lainnya dalam pasar serta membantu masyarakat agar mampu mengidentifikasi brand secara cepat. Tujuannya tentu saja adalah untuk menarik perhatian calon konsumen serta menjaga loyalitas pelanggan.

Manfaat dari Kesadaran Merek

Yuk Kenali Apa Itu Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya di Sini

Banyak manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan apabila mempunyai tingkat kesadaran merek tinggi. Menciptakan dan menerapkan strategi branding yang tepat akan memberi feedback serta reaksi besar untuk perusahaan. Yang mana branding ini akan menggiring opini masyarakat dan memperluas target pasar. Berikut beberapa manfaat dari kesadaran merek.

1. Menarik Pelanggan Baru

Seperti yang telah disinggung, strategi branding yang tepat akan membantu memperluas target pasar. Pasalnya dari branding tersebut, kesadaran terhadap suatu usaha atau produk mulai tumbuh serta meluas. Baik itu dari mulut ke mulut maupun dari iklan serta sosial media. Aspek ini akan menambah daya tarik masyarakat, dan membuat mereka menjadi pelanggan.

2. Membentuk Kepercayaan Pelanggan

Manfaat satu ini juga sempat disinggung sebelumnya, dimana branding bertujuan membangun loyalitas pada pelanggan. Dalam hal ini, loyalitas terbentuk saat konsumen sudah memiliki kepercayaan terhadap usaha terkait. Dimana cara branding yang strategis dan profesional sudah tentu akan mendongkrak banyak kepercayaan dari pembeli maupun investor.

3. Menyadari Kehadiran Merek

Teknik branding memiliki tujuan utama yaitu membuat masyarakat menyadari kehadiran dari merek atau brand tersebut. Pasalnya masyarakat bisa menjadi pembeli potensial apabila sudah mengetahui kehadiran dari suatu produk. Jika calon konsumen tidak tahu menahu perihal suatu usaha, tentu saja tingkat penjualannya juga akan macet.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengintip Peluang Usaha Katering Makanan Sehat dan Perkiraan Modalnya

Cara Meningkatkan Kesadaran Merek

1. Ciptakan Logo dengan Tagline yang Menarik

Apabila bisnis anda baru dibangun dan belum memiliki logo, maka menciptakan sebuah logo beserta dengan tagline yang unik akan menjadi salah satu cara membangun brand awareness. Pasalnya masyarakat akan jauh lebih mudah mengingat brand yang mempunyai logo unik. Contohnya seperti McDonald’s dengan logo huruf M berwarna kuning dan tagline “I’m Lovin it”.

2. Manfaatkan Media Sosial

Dewasa ini, masing masing orang setidaknya mempunyai lebih dari satu akun media sosial. Sehingga memanfaatkan secara aktif media sosial bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kesadaran merek pada masyarakat. Bahkan membangun citra di media sosial disebut sebut sebagai cara terbaik agar bisnis bisa lebih dekat dengan konsumen.
Dalam praktiknya, anda bisa memanfaatkan media sosial yang kini banyak digunakan atau hampir setiap saat diakses seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya. Lakukan promosi dengan giat pada platform tersebut, sehingga brand anda memungkinkan untuk dikenal oleh target pasar secara luas.

3. Menggunakan Influencer

Cara meningkatkan brand awareness yang bisa anda lakukan selanjutnya yaitu menggunakan influencer. Cara satu ini mungkin bisa memberi dampak cukup besar, akan tetapi hanya bisa dilakukan apabila bisnis memiliki budget lebih. Pasalnya bekerja sama dengan influencer tentunya membutuhkan dana untuk membayar sang influencer tersebut.
Apalagi semakin besar dan terkenal nama dari influencer tersebut, maka akan semakin besar pula biaya yang dipatok ketika menerima endorsement. Dan sudah pasti influencer terkenal dengan banyak follower akan lebih dipercaya oleh masyarakat. Kendati demikian, anda harus selektif dalam memilih influencer agar sesuai dengan target pasar.

4. Menggunakan Kemasan Khusus

Apabila bisnis yang anda jalankan menjual produk berupa barang, maka sebaiknya gunakan kemasan khusus untuk produk agar mencerminkan merek. Ini biasa dilakukan oleh perusahaan dagang untuk menampilkan brand mereka. Dengan begitu, setiap konsumen yang membeli akan mengingat dan memungkinkan untuk kembali melakukan pembelian.
Brand awareness memang sangat penting dalam bisnis, dan cukup banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkannya. Kendati demikian, membangun kesadaran merek tentu tidak bisa dilakukan secara instan serta membutuhkan proses yang cukup panjang. Sehingga seorang pebisnis harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari branding ini dan cara tepat dalam melakukannya.

You may also like