Home Perencanaan Yuk, Intip Tips Mengatur Uang Gajian Dengan Benar

Yuk, Intip Tips Mengatur Uang Gajian Dengan Benar

by Mas Abadi
atur uang gajian

Masing-masing orang tentunya ingin mempunyai tabungan di masa depan yang cukup. Namun, saat menerima gaji, pasti ada saja pengeluaran yang wajib dibayarkan sehingga tabungan tidak bertambah. Mengatur keuangan ini penting sekali supaya dapat memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, Anda juga harus memiliki kesadaran untuk mengumpulkan uang untuk masa depan nanti. 

Tetapi, sampai sekarang masih banyak orang yang kesulitan untuk mengelola uang gajian nya, atau bahkan Anda juga mengalami hal yang sama? Nah, tidak perlu khawatir, di bawah ini ada sejumlah tips mengatur uang gajian dengan benar yang bisa Anda terapkan. 

1. Buat anggaran dana 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membuat pos-pos uang atau anggaran bulanan. Mulai untuk membuat daftar pengeluaran menjadi dua bagian yaitu untuk kebutuhan primer seperti ongkos bekerja, makan, cicilan rumah, tagihan listrik dan lainnya. Lalu, pada kebutuhan tersier, buat anggaran biaya untuk traveling, shopping sampai anggaran untuk hangout dengan rekan kerja atau teman-teman Anda. 

2. Bayar cicilan di awal 

Ketika sudah menerima gaji, hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membayar seluruh tagihan di awal, seperti cicilan, telepon, tagihan listrik dan lainnya. Hal ini sangat penting supaya tidak mengganggu buaya lainnya yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan membuat pos-pos biaya atau membayarkan nya di awal juga membantu Anda lebih tenang saat mengelola pengeluaran yang lainnya. 

3. Menyisihkan uang 

Apabila selama ini sudah terbiasa dengan menyisihkan uang sisa gajian untuk ditabung, maka sekarang coba menyisihkan uang gajian untuk ditabung sebelum Anda memakainya. Tentu saja hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran yang tidak begitu penting. 

4. Buat laporan keuangan per hari 

Setiap kali Anda belanja, simpanlah struk belanja yang Anda dapatkan. Catat seluruh pengeluaran Anda per hari nya. Selain cara yang satu ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kemana perginya uang yang dipakai selama ini, juga bisa membantu untuk mengetahui barang-barang apa saja yang seharusnya tidak dibeli pada bulan selanjutnya. 

5. Membuat rekening tabungan terpisah 

Cara mengelola keuangan selanjutnya yaitu Anda bisa membuat dua rekening yang berbeda. Pakailah satu rekening untuk biaya hidup sehari-hari seperti membayar tagihan, menerima gaji, belanja dan lainnya. Lalu, rekening lainnya bisa Anda pakai khusus hanya untuk menabung. 

Tentukan berapa jumlah yang harus ditabungkan setiap bulannya setelah Anda menerima gaji. Lakukan hal ini layaknya seperti kewajiban yang harus dipenuhi setiap bulannya. Jangan lupa untuk melakukannya secara konsisten ya, agar tabunganmu dengan terkumpul banyak dengan cepat. 

6. Bijak memakai kartu kredit 

Kartu kredit bisa membantu Anda untuk mengatur keuangan bulanan, apabila Anda bisa memakainya dengan benar dan bijak. Seperti, memakai promo yang biasanya diberikan hanya untuk pengguna kartu kredit atau dapat juga Anda gunakan untuk membayar seluruh tagihan. Namun, harus tetap ingat untuk membayar kartu kredit Anda saat menerima tagihan agar tidak menumpuk. 

7. Mulai berinvestasi 

Setelah Anda menyimpan uang untuk tabungan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Tetapi, masih ada uang lebih. Ada baiknya Anda memakai uang tersebut untuk berinvestasi mulai dari reksa dana, membeli emas batangan dan lainnya. Hal ini tentu tidak sama dengan menabung, apabila menabung Anda setiap saat bisa mengambilnya. 

Di investasi ini, uang yang sudah disimpan dalam bentuk yang berbeda, tidak dapat Anda ambil secara tiba-tiba. Cara yang satu ini bukan cuma menjadikan uang Anda diam ditempat saja, tetapi juga bisa menguntungkan Anda nanti di masa yang akan datang. 

  1. Lakukan perbandingan 

Buatlah perbandingan antara anggaran dan pengeluaran. Hal ini harus sekali Anda lakukan agar mengetahui apakah pengeluaran Anda sudah sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan atau malah melebihi anggaran. Apabila terjadi hal seperti itu, Anda harus merevisi kembali anggaran tersebut. 

Gunakan catatan pengeluaran sehari-hari Anda untuk perbandingan dan juga untuk mengetahui keperluan apa saja yang membutuhkan biaya yang besar. 

  1. Bijak memakai gaji 

Bukan hanya harus membiasakan diri untuk mencatat seluruh pengeluaran saja, Anda pun wajib untuk disiplin dengan pos-pos uang yang sudah dianggarkan. Memakai gaji dengan bijak menjadi salah satu cara Anda menghargai kerja keras dan usaha yang sudah dilakukan. 

  1. Mempunyai asuransi 

Poin yang satu ini sering sekali diabaikan oleh sebagian orang. Mengapa asuransi sangat penting? Sebab dengan menggunakan asuransi, Anda bisa mendapatkan perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika tidak mempunyai asuransi, misalnya, tiba-tiba Anda kecelakaan atau jatuh sakit dan membutuhkan perawatan dengan biaya yang mahal, Anda tidak perlu lagi kebingungan mencari dana karena sudah dibiayai oleh asuransi. 

Oleh sebab itu, penting untuk mengelola gaji bulanan Anda dan menyisihkan untuk membayar premi asuransi demi melindungi Anda. Gunakanlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan lupa juga untuk menggunakan asuransi yang terpercaya.

You may also like