Home Belanja Yuk, Intip Tips Jitu Berburu Barang Bekas Murah

Yuk, Intip Tips Jitu Berburu Barang Bekas Murah

by Mas Abadi

Belum lama ini kegiatan trifting sedang digemari di kalangan anak muda. Trifting adalah kegiatan di mana seseorang mencari barang bekas yang masih layak untuk dipakai atau masih mempunyai value. Umumnya kegiatan yang satu ini didominasi dengan barang-barang fashion. 

Thrifting sangat digemari sebab kapan lagi Anda dapat memperoleh barang yang kualitasnya masih bagus bahkan masih banyak juga barang dari brand ternama yang dijual dengan harga yang murah. Nah, untuk Anda yang baru mulai terjun dalam dunia trifting ini, terdapat beberapa tips untuk berburu barang bekas murah supaya mendapatkan hasil yang bagus. 

Lalu, seperti apa ya tipsnya? Mari simak ulasannya berikut ini. 

  • Gunakan pakaian yang nyaman 

Datang ke lokasi trifting atau pasar barang bekas yang ada di kota Anda pastinya Anda tidak dapat memakai pakaian layaknya ingin pergi ke mall. Untuk itu, gunakanlah pakaian yang nyaman dan santai, sebab Anda akan menghabiskan banyak waktu di lokasi tersebut. 

Walaupun di tempat Anda berburu barang bekas telah disediakan AC atau kipas angin, tidak jarang keringat masih tetap keluar dari tubuh Anda. Menggunakan pakaian yang nyaman pun bisa memudahkan ruang gerak Anda, bukan? 

  • Tentukan budgetnya 

Walaupun dijual dengan harga yang miring, tetapi Anda tetap harus menyiapkan budget yang cukup. Jangan sampai terlalu asyik belanja dan saat ingin membayar, uang Anda kurang. Oleh sebab itu, perlu Anda siapkan budget yang cukup untuk berburu barang bekas ini. 

Maksimalkan apa yang ingin Anda beli dengan nominal budget yang Anda miliki. Bukannya tidak mungkin Anda bisa mendapatkan banyak barang bagus ketika trifting. 

  • Bawa tote bag besar 

Hal yang sangat penting dan tidak boleh ketinggalan yaitu membawa tote bag. Apalagi jika niat Anda berburu pakaian ini adalah untuk dijual kembali. Pastinya Anda akan kewalahan bila tidak membawa tote bag maupun karung. 

Lalu, dengan membawa karung atau tote bag besar juga bisa meringkas barang bawaan Anda yang tentunya sangat banyak sebab disana akan banyak pilihan barang bekas yang menggoda. 

  • Mengakrabkan diri dengan para penjual 

Tips selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu mengakrabkan diri dengan penjual yang Anda tuju. Tidak ada salahnya untuk melakukan hal ini sebab mungkin saja Anda bisa mendapatkan potongan harga yang lebih besar. 

Sebab sangat banyak orang yang membuat konten trifting untuk diunggah ke sosial media atau YouTube, sehingga hal tersebut menjadi kesempatan bagi para penjual untuk menaikkan harganya. 

Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak kelihatan memegang kamera saat Anda ingin merekam keadaan disana. Jika ketahuan sekalipun ketika Anda sudah akrab dengan penjualnya tidak akan ada tawar menawar dengan tegang, kan? 

  • Teliti saat memilih barang 

Namanya barang bekas tentunya tidak semuanya sempurna seperti barang baru. Entah ada lubang, terkena noda, jahitan yang tidak rapi, benang yang keluar dari jahitannya dan sebagainya. Untuk itu, Anda wajib teliti dengan benar-benar saat mencari baju atau barang bekas. 

Apabila Anda memakainya sendiri untuk sehari-hari, tidak ada salahnya jika ada sedikit jahitan tidak rapi, asalkan baju tersebut tidak berlubang. Namun, bila barang atau baju tersebut akan Anda jual kembali dan banyak kerusakannya, maka lebih baik tidak membelinya sebab akan menurunkan nilai jualnya. 

  • Pakai cara tawar menawar

Tidak ada yang melarang Anda untuk menawar barang yang dijual. Manfaatkan cara Anda untuk memperoleh barang bagus dengan harga yang diinginkan dengan mencoba menawarnya. Hal yang satu ini sangat wajar untuk dilakukan jika Anda sedang membeli barang yang bisa ditawar. 

Selama harga yang Anda tawarkan tidak terlalu miring, pastinya penjual pun akan menuruti harga yang disebutkan. Sehingga, Anda tidak perlu malu atau ragu untuk melakukan cara yang satu ini. 

  • Pindai lorong untuk menghemat waktu 

Supaya Anda tidak membuang-buang banyak waktu dan tidak kehilangan harta karun di sana, maka Anda perlu menguasai seni memindai. Anda dapat melakukannya dengan cara menyisir setiap kategorinya seperti jenis, warna, harga dan lainnya. 

Sesudah itu, tidak lupa untuk kembali memeriksa barang tersebut sebelum membayarnya. Sehingga Anda akan merasa puas sudah bekerja untuk menemukan barang bekas yang sesuai dengan keinginan. 

  • Belanja dengan uang tunai 

Supaya tetap sesuai dengan anggaran Anda, maka bawalah uang tunai ketika berbelanja barang bekas. Lalu, jangan tergoda untuk mengambil banyak barang sebab harganya murah tetapi tidak terlalu dibutuhkan. Beli saja pakaian atau barang bekas yang Anda perlukan untuk saat ini. 

Nah, itu tadi beberapa tips berburu barang bekas murah supaya mendapatkan hasil yang bagus dan bisa Anda coba saat berburu barang bekas. Apakah Anda ingin langsung mempraktekan semua tips di atas? 

You may also like