Home Bisnis Yuk! Intip Fungsi Manajemen Keuangan Di Dalam Perusahaan

Yuk! Intip Fungsi Manajemen Keuangan Di Dalam Perusahaan

by Mas Abadi
manajemen keuangan perusahaan

Fungsi dari manajemen keuangan yaitu sesuatu yang perusahaan atau organisasi butuhkan. Karena, terdapat suatu pengelolaan yang membuat semuanya jadi sangat teratur dan berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan diharapkan. 

Lalu, apa sebenarnya manajemen keuangan itu? Apa fungsi nya untuk perusahaan? Untuk mengetahuinya lebih dalam, mari simak ulasannya berikut ini. 

Pengertian manajemen keuangan

Secara umum, manajemen keuangan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian kegiatan keuangan seperti menghimpun dan menggunakan dana perusahaan. Semua kegiatan ini dilakukan sesuai dengan prinsip umum manajemen  keuangan perusahaan. 

Kegiatan perusahaan dipantau oleh otoritas pajak. Karena tugasnya adalah mengelola, menggunakan, mengalokasikan, dan mengelola modal kerja untuk mencapai tujuan dari perusahaan. Manajemen keuangan merupakan alat yang penting bagi perusahaan untuk  mencapai tujuan keuangannya. 

Pengelolaan Keuangan tidak hanya terfokus di keuangan perusahaan, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) perusahaan yang mengelola keuangan tersebut. Manajemen keuangan juga bertanggung jawab untuk memastikan seluruh prosesnya berjalan lancar dan sesuai dengan instruksi kerja normal.  

Tujuan manajemen keuangan 

Sekarang setelah Anda memahami pentingnya mengelola keuangan perusahaan Anda, Anda harus memahami tujuan mengelola keuangan perusahaan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa lebih memahami tugas-tugas di perusahaan Anda. Semua tujuan pengelolaan keuangan berhubungan dengan pengelolaan keuangan, pengadaan, dan alokasi. Apakah kamu? Dengan rincian sebagai berikut.

  • Pengawasan 

Manajemen keuangan bukan hanya merencanakan, menghimpun, dan menggunakan dana, tetapi juga mengelolanya. Oleh karena itu, tugas manajemen keuangan ini pun berkaitan dengan analisis numerik kunci, perkiraan keuangan, manajemen biaya, dan laba. Hasil monitoring akan menjadi evaluasi terkait dengan rencana ke depan. Pemantauan ini juga dilakukan untuk memastikan jika bisnis perusahaan dijalankan sesuai dengan sistem perusahaan.

  • Memaksimalkan keuntungan 

Menekan biaya tetap rendah merupakan tugas dari manajemen keuangan. Jika ini berhasil dan Anda dapat memaksimalkan penjualan, Anda akan mencapai efektivitas dan efisiensi. Inilah peran penting manajemen keuangan untuk merencanakan arus kas dan keuntungan perusahaan. 

Semua keputusan bagi hasil juga tunduk pada manajemen keuangan. Pembagian keuntungan ke para pemegang saham, pemberian bonus untuk karyawan, laba ditahan, penggunaan inovasi atau ekspansi, dan lain-lain juga diatur oleh manajemen keuangan. 

  • Ketersediaan dana 

Manajemen keuangan biasanya memperkirakan keperluan modal perusahaan. Hasil dari perkiraan tersebut yaitu  sekumpulan biaya dan manfaat yang akan dilaksanakan selama periode waktu tertentu atau untuk program jangka pendek maupun panjang. Estimasi juga bisa  membantu Anda memprediksi pendapatan masa depan perusahaan. Ini termasuk perkiraan hutang jangka pendek dan panjang. 

Fungsi dari manajemen keuangan 

Sekarang mari kita membahas fungsi manajemen keuangan. Dari penjelasan sebelumnya, tentunya Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai fungsi manajemen keuangan. Tugas pengelolaan keuangan juga menjelaskan fungsinya. Namun, terdapat perbedaan fungsi dan tujuan pengelolaan keuangan. Untuk  lebih jelasnya, simaklah peran manajemen keuangan pada sebuah organisasi atau perusahaan. 

  • Perencanaan 

Perusahaan dibangun melalui serangkaian rencana yang diprakarsai dan dijalankan oleh para eksekutif. Kini, manajemen keuangan berperan dalam membuat sebuah rencana.  Tugas manajemen keuangan yaitu memperkirakan keperluan modal perusahaan. Selain itu, biaya dan pendapatan yang  diatur dan dikendalikan oleh masing-masing area bisnis dipantau langsung oleh manajemen keuangan. Oleh karena itu, fungsi dan peran pengelolaan keuangan sangat penting sejak awal.

  • Anggaran 

Segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan tentunya merupakan tanggung jawab manajemen keuangan. Untuk itu, fungsi pengelolaan keuangan pada masalah anggaran menjadi sangat penting. Perencanaan pendapatan dan alokasi anggaran  pun wajib dijamin secara efisien. Ini adalah cara yang baik untuk memaksimalkan uang yang perusahaan Anda miliki. 

  • Kontrol 

Ketika berbagai kegiatan pengelolaan keuangan dimulai, pengelolaan keuangan jadi tanggung jawab dari manajemen keuangan. Pengendalian ini merupakan bagian dari fungsi pengelolaan keuangan, sehingga semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Anda memiliki kendali yang tepat atas segalanya, bahkan jika ada perubahan atau perbedaan dalam perjalanan Anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya masalah yang bisa berakibat fatal bagi perusahaan di kemudian hari.

  • Auditing 

Fungsi lain dari manajemen keuangan yaitu membuat audit internal. Dengan melakukan audit, manajemen keuangan bertindak menjadi penyelenggara perusahaan. Auditing akan dilakukan untuk memastikan bahwa penyelenggaraan yang akan dilakukan tidak ada terjadi penyimpangan. Audit yang dilakukan pun wajib menerapkan standar akuntansi yang ditetapkan. 

Langkah-langkah audit yang dilakukan meliputi analisis, evaluasi, review, dan pembobotan hasil kerja masing-masing departemen dan perusahaan. Manajemen Keuangan kemudian membandingkannya dengan banyak kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan. 

  • Report

Fungsi  terakhir dari manajemen keuangan yaitu laporan. Setelah perencanaan, pemantauan, dan peninjauan, tugas manajemen keuangan selanjutnya adalah melaporkan status keuangan perusahaan. Lalu, manajemen keuangan juga memberikan analisis numerik akhir tahun. Laporan ini penting karena akan membantu para pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan bisnis di masa mendatang. Secara umum, laporan ini dibuat secara triwulan, semester, dan tahunan.

 

You may also like