Home Bisnis Yuk Coba Maksimalkan User Experience Biar Jualan Makin Laku

Yuk Coba Maksimalkan User Experience Biar Jualan Makin Laku

by Mas Abadi
user experience

Sekarang ini jika Anda ingin membangun bisnis sangatlah mudah, karena telah banyak sekali aplikasi pendukung yang dapat digunakan. Namun, untuk berjualan online tentunya Anda harus memahami tentang User Experience yang dirancang agar para user atau pengguna, mendapatkan pengalaman menyenangkan ketika berbelanja.

Apa Itu User Experience

User experience merupakan sebuah pengalaman atau interaksi kepada pengguna ketika menggunakan perangkat lunak atau memaksimalkan semua aspek dari desain, fitur juga konten agar tujuan Anda sebagai seorang user tercapai.

Contoh dari user experience itu seperti fitur website mulai dari prosedur, tampilan sampai dengan munculnya notifikasi berhasil maupun tidaknya transaksi penjualan produk.

Cara Memaksimalkan User Experience

Beragam elemen kompleks ini saling berkesinambungan agar dapat menghasilkan suatu aplikasi yang maksimal. Supaya pengalaman yang Anda rasakan semakin baik, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini :

  • Gunakan desain yang responsif dan sederhana

Ada baiknya tidak menggunakan desain yang terlalu rumit, bila Anda bisa membuat yang mudah dan sederhana digunakan. Perlu diingat bahwa kemudahan dalam melakukan navigasi merupakan poin terpenting dalam desain user experience. Tampilan pada desain jangan berubah-ubah, harus konsisten agar pengguna tidak bingung.

  • Memahami keinginan dari pembeli

Anda harus tahu apa yang calon konsumen butuhkan agar dapat membantu mereka menemukan produk yang pelanggan butuhkan. Dengan begitu, Anda dapat membuat barang sesuai dengan dibutuhkan pembeli.

Akses mengenai produk bisa disiasati dengan mempersiapkan form pada kotak di pojok bawah supaya pembeli dapat berkomunikasi secara langsung dengan pengelola bisnis Anda.

  • Gunakan sistem operasi yang sederhana

Platform e-commerce yang digunakan untuk berjualan wajib memiliki cara operasional sederhana dan praktis, tujuannya adalah para pengguna dapat membeli produk-produk yang Anda jual dengan mudah.

Karena semakin banyak yang menggunakannya akan semakin besar pula keuntungannya. Perlu Anda ingat, jika desain untuk berjualan sebaiknya jangan terlalu banyak animasi, gambar dan warna. Hal tersebut dapat menghambat kinerja aplikasi dan menjadikan calon konsumen kesulitan mengakses.

  • Tingkatkan keamanan data dari pengguna atau pembeli

Platform e-commerce merupakan sebuah wadah bisnis yang memungkinkan setiap pemakainya dapat melakukan pembayaran melalui berbagai cara, misal e-wallet, transfer bank hingga kartu kredit.

Sudah pasti, akan banyak data milik pengguna yang tersimpan pada database platform e-commerce tersebut. Sebagai seseorang yang memiliki banyak aplikasi serta secara aktif menggunakannya dengan tujuan berbisnis, Anda harus berhati-hati.

Keamanan dari data pengguna pada aplikasi akan menjadikan pembeli semakin percaya. Karena itu, lengkapilah platform dengan fitur keamanan data yang tercanggih dan ketat agar sulit diretas oleh pelaku cyber criminal.

  • Memanfaatkan feedback dari pengguna

Desain yang dimiliki oleh UX pada platform e-commerce harus dapat mendorong para user agar mendapatkan umpan balik. Feedback yang berasal dari pengguna atau user lain sangatlah penting, hal tersebut bisa menambah kualitas layanan terutama ketika terjadi masalah pada sistem.

  • Pastikan utilitas dan kegunaan desain bekerja dengan baik

Utilitas merupakan aspek yang menjadi karakter dari produk untuk membantu konsumen agar dapat memilih serta membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Misalnya, barang A adalah sabun cuci pakaian yang harum, maka cocok bagi konsumen yang membutuhkan untuk mencuci.

Sementara itu aspek kegunaan dari desain adalah sebagai aktivitas dan navigasi penggunaan user agar menjadi lebih jelas, jadi perlu lagi mencari-cari tools yang tidak diperlukan ketika akan mencari produk serta tidak membuang-buang waktu.

  • Mengundang keinginan pelanggan

Bagaimana cara agar pelanggan kembali berbelanja ke toko online Anda lagi? Semua itu tergantung dengan desain user experience yang terdapat di platform e-commerce Anda. Tidak perlu merasa repot, supaya para pelanggan menjadi setia dan selalu membeli produk Anda.

Anda cukup membuat nuansa dan tampilan yang praktis dan aman, jika sudah begitu nantinya konsumen akan datang dan tertarik untuk kembali berbelanja di toko online Anda.

  • Mempermudah aksesibilitas untuk semua kalangan

Aksesibilitas dari desain sebuah website akan berguna dan dapat membantu para pembeli yang disabilitas, seperti disleksia, buta parsial dan juga buta warna atau bagi konsumen yang literasi teknologinya masih rendah. Supaya toko Anda dapat diakses oleh banyak orang dan mudah digunakan. Jadi, sangat disarankan untuk melengkapi aksesibilitas untuk semua pengguna.

Fungsi dari User Experience

Setelah Anda mengetahui tentang arti dari user experience, setelahnya Anda harus memahami dan tahu mengenai tujuan yang sebenarnya dari UX. Berikut ini adalah beberapa fungsinya.

  1. Memberikan Anda pengalaman yang menyenangkan dan baik kepada penggunanya.
  2. Membantu Anda dan user lain untuk mendapatkan informasi serta tujuan dari aplikasi.
  3. Dapat meningkatkan keuntungan bagi bisnis menggunakan produk yang Anda jual.

User experience akan memberikan pengalaman kepada pengguna agar Anda dapat mendapatkan dampak baik bagi bisnis Anda. Keuntungan lainnya, seperti terjadinya peningkatan trafik pada website, promosi dan penjualan produk.

 

You may also like