Home Tips Yang Harus Kamu Lakukan bila Mendadak Kaya karena Warisan

Yang Harus Kamu Lakukan bila Mendadak Kaya karena Warisan

by Mas Abadi

Mendengar kata waris, mungkin kebanyakan orang yang mengira kekayaan berupa uang yang diberikan seseorang atas hasil jerih payahnya selama hidupnya, untuk diteruskan kepada ahli waris yang namanya tercatat dalam dokumen harta warisan. 

Tidak banyak orang tahu persis siapa pemegang nama dari penerima manfaat masa depan, ada kemungkinan orang tua Anda tidak akan memberikan apa yang mereka miliki dalam hidup. 

Namun bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan untuk memperoleh barang warisan tersebut. Bagaimana jika suatu saat Anda menerima warisan? Tentunya akan ada rasa terkejut dan juga senang bercampur. Namun tidak menutup kemungkinan jika berita tersebut sampai kepada Anda. 

Maka euforia yang dialami akan menjadi besar dan berakibat pada ekspektasi yang terlalu berlebihan. Lebih parah lagi ketika Anda bahkan tidak mengetahui warisan apa yang akan diterima nantinya. Jadi, bagaimana Anda akan menghadapi kondisi tersebut?

Cari informasi sebanyak mungkin

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memperoleh kabar jika Anda termasuk seseorang yang menerima warisan adalah jangan bahagia serta mengiyakan hal tersebut. Sebaiknya Anda mencari informasi yang lebih akurat, supaya bisa mengambil tindakan.

Apabila Anda langsung mengiyakan pernyataan tersebut, padahal tidak ada kepastian perihal berita soal warisan, terkesan memperoleh kucing didalam karung. Anda tidak mengetahui apa dan bagaimana rupanya. Jadi, mintalah waktu untuk memikirkan dan menimbang lebih jauh tentang hal tersebut. 

Mengapa demikian? Karena Anda tidak tahu secara pasti rupa dari warisan yang diterima tersebut. Apalagi, calon penerima waris tidak memiliki hak untuk menanyakan tentang warisan tersebut, sebab Anda hanya boleh menjawab antara iya maupun tidak.

Karenanya, telusuri atau carilah informasi sebanyak mungkin tentang warisan yang mungkin akan diberikan kepada Anda tersebut. Tanyakan kepada kerabat atau orang yang dekat dengan almarhum semasa hidup. Karena memang Anda harus tahu nilai dari warisannya.

Anda juga memiliki hak menolak warisan tersebut. Namun, Anda harus menyadarinya secara penuh, bila sudah memutuskan untuk menerimanya. Kemungkinan akan ada pembayaran serta hibah mengenai warisan akan menjadi tanggung jawab Anda.

Jadi, apabila ada keraguan didalam hati perihal konsekuensi yang harus ditanggung. Maka, Anda bisa menolaknya dan mengatakan secara terus terang apabila tidak mampu menjalani amanat tersebut. Lakukanlah konsultasi untuk langkah selanjutnya. 

Perlakuan tentang warisan non tunai atau aset barang

Jika Anda mendapatkan warisan yang tidak terduga, Anda harus tahu bahwa beberapa jenis dari warisan, mempunyai cara memperlakukan yang tidak sama, sesuai dengan kepentingan masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk Anda ketahui sejak awal mengenai jenis warisan yang akan Anda terima. 

Apabila diperoleh suatu bentuk pewarisan harta benda atau harta kekayaan, maka sudah pasti perlakuannya harus berbeda dengan pewarisan uang. Apa keputusannya? Diam atau jual? Sebelum itu, Anda harus memutuskan lebih jauh. Kemudian, jangan lupa jika Anda sekarang berkewajiban untuk membayar biaya dari warisan tersebut. 

Dengan asumsi Anda mendapatkan warisan berupa properti, Anda perlu membayar biaya untuk pembelian hak atas tanah serta bangunan, selain itu Anda harus melampirkan beberapa sertifikat kematian hingga sertifikat warisan. Ada baiknya untuk juga segera mengalihkan nama kepemilikan aset tersebut agar posisi Anda  dihadapan hukum semakin kuat. 

Jadi, bahkan setelah menyelesaikan pertanyaan legalitas, jangan langsung mengambil keputusan yang jelas untuk menjualnya sehingga Anda  mendapatkan bentuk cair. Ada baiknya untuk memeriksa warisan terlebih dahulu.Dan jika ternyata Anda tertarik dengan warisan, mengapa menjual? 

 Situasinya berbeda ketika warisan non-moneter ternyata dalam bentuk perhiasan, seringkali nilai memorial. Padahal, jika  unsur ini ada, tidak disarankan  untuk menjualnya, kecuali jika suatu saat Anda berada dalam situasi darurat yang memaksa Anda harus berpisah dengan harta warisan untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi terpojok

Perlakuan pada warisan usaha

Jenis warisan lainnya yang kemungkinan Anda terima, yaitu warisan berupa perusahaan atau bisnis. Ini bisa berupa toko, bisnis, atau perusahaan jasa. Mempertahankan warisan perusahaan bukanlah hal yang mudah, terutama ketika kita menyadari bahwa bisnis bukanlah passion kita. 

Belum lagi keterampilan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis yang mungkin tidak menarik bagi Anda. Alih-alih untung, Anda malah bisa bangkrut karena mendapatkan warisan itu. Jangan lupa jika dalam bisnis ini Anda juga perlu bisa memimpin orang lain supaya bisa bekerjasama serta memiliki visi juga misi untuk mengembangkan bisnis.

Jika Anda merasa tidak sanggup menghadapi tantangan, maka tidak masalahnya membiarkan orang lain mengelolanya. Atau jika  Anda benar-benar tidak berminat, menjual perusahaan bisa menjadi pilihan terakhir. 

Namun jika Anda merasa punya waktu untuk belajar bagaimana mengurus bisnis yang telah diwariskan kepada Anda, tidak masalah mencoba untuk tetap menjunjung tinggi warisan tersebut. Ingatlah hal ini jika  Anda merasa tidak dapat menghadapi semua konsekuensinya. Jangan pernah ragu terlalu lama dalam mengambil keputusan keluar dari perusahaan.

You may also like