Home Bisnis Waspadalah Dengan Akun Bank Bodong di Media Sosial

Waspadalah Dengan Akun Bank Bodong di Media Sosial

by Mas Abadi

Media sosial sekarang ini adalah platform yang sepertinya wajib sekali untuk dimiliki setiap orang. Terlebih kita dapat berinteraksi dengan orang lain mesti dari beda daerah bahkan beda negara. Tentu saja, memiliki media sosial sangatlah menyenangkan. Tapi, ada satu hal yang harus Anda waspadai, dimana banyak sekali akun-akun bodong yang mengatasnamakan sebuah instansi, termasuk bank. 

Fenomena ini pun memberikan kekhawatiran sendiri, karena bisa jadi akun-akun bodong ini akan menipu banyak orang. Dimana Anda bisa jadi salah satu incaran dari orang yang tidak bertanggung jawab. Jika Anda ingin terhindar dari akun bank bodong, maka harus tahu ciri-cirinya. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Ciri-ciri Akun Bank Bodong yang Harus Diwaspadai 

Kenapa Anda harus waspada dengan akun bank yang bodong tersebut? Hal ini sendiri karena sudah ada banyak korban yang tertipu. Dimana mereka mengaku dari pihak dan menanyakan data pribadi. Kemudian akhirnya pun membobol rekening korban. Maka daripada itu, Anda harus tahu apa saja ciri dari akun bank bodong ini, seperti berikut ini: 

Tidak ada centang biru 

Ciri pertama yang jelas adalah dari centang biru pada akun. Perlu Anda ketahui bahwa semua media sosial milik bank secara otomatis akan diberikan centang biru. Tanda ini sendiri adalah sebagai bukti bahwa akun tersebut ada asli. Sehingga ketika Anda menemukan username bank yang sekiranya tidak ada centang biru dan mirip sekali dengan asli, lebih baik abaikan. 

Jika perlu, Anda cek terlebih dahulu profilnya dan kemudian mencari akun asli. Biasanya pada akun media sosial milik bank yang asli akan berisi berbagai macam informasi penting terkait dengan program atau produk bank. Kemudian yang mengomentari dan like setiap postingannya pun akan sangat banyak. 

Sedangkan pada akun bodong, biasanya mereka hanya meniru saja, tapi tidak banyak yang komentar. Bahkan terkesan tidak aktif. Jika Anda menemukan kedua tanda ini pada akun bank, lebih baik jangan Anda percaya. Pastikan dengan benar bahwa akun yang asli dan yang palsu dari tanda centang biru. 

Membalas dengan bot dan diarahkan ke nomor WhatsApp

Sebenarnya sudah banyak sekali akun bank asli yang menggunakan bot untuk menjawab pesan. Tapi, perlu Anda pahami bahwa bot pada akun bodong biasanya menggunakan kalimat yang aneh dan terkesan terlalu bersahabat. Kemudian tidak lama, Anda pun akan diminta untuk berkirim pesan melalui aplikasi WhatsApp. 

Disinilah Anda harus curiga, karena sudah dapat dipastikan bahwa customer service tidak akan meminta Anda untuk melanjutkan pembicaraan di aplikasi lain. Mereka akan tetap melayani Anda sesuai dengan akun media sosial yang digunakan. Misalnya Anda mengadukan kendala di Twitter, maka pihak dari akun bank asli akan membalas dan menyelesaikan masalah platform tersebut. 

Jadi, berhati-hatilah ketika Anda diminta untuk mengadukan keluhan atau mendadak mendapatkan pesan dari akun bank yang menggunakan bot dan meminta Anda untuk beralih ke pesan WhatsApp. 

Lihat jumlah follower 

Terkadang yang satu ini sendiri memang tidak dapat memastikan. Tapi, nyatanya jumlah follower sendiri juga bisa jadi pembanding. Untuk akun media sosial milik bank yang asli, sudah pasti followernya sangat banyak. Bahkan bisa mencapai ratusan ribu. Dimana jumlahnya akan berbanding terbalik dengan akun yang mereka follow. 

Sedangkan akun bank bodong, biasanya memiliki follower yang sangat sedikit dan biasanya lebih kecil daripada akun yang mereka ikuti. Apabila Anda menemukan satu akun dengan nama bank dan kemudian melihat jumlah akun yang dia ikuti melebihi 1000, lebih baik berhati-hati. Lakukan pengecekan lebih jauh dan jangan sampai Anda terlena dengan apapun iming-iming yang diberikan. 

Tidak ada orang yang dikenal mengikuti akun bodong 

Nah, untuk yang satu ini pun menjadi salah satu ciri yang sangat terlihat. Anda yang mempunyai media sosial pasti juga mengikuti beberapa orang yang dikenal. Ketika Anda melihat satu akun bank, tapi nyatanya tidak ada mutual follower dari tempat Anda, maka sudah dapat dipastikan akun tersebut palsu. 

Biasanya ketika teman pada akun Anda aktif bermedia sosial, mereka akan mengikuti beberapa akun penting, termasuk akun bank. Jika Anda buka akun bank yang asli, maka Anda akan menemukan beberapa mutual friend di akun tersebut. Sedangkan di akun bodong sudah pasti tidak ada. 

Demikianlah beberapa ciri akun bank bodong di media sosial yang harus Anda waspadai. Hal paling penting ketika Anda ingin menyelesaikan masalah terkait layanan bank, bisa telepon langsung atau mengunjungi kantor cabang terdekat. Jika itu bank digital, biasanya di dalam aplikasi sudah disediakan live chat yang dapat Anda hubungi kapanpun. Jadi, waspadalah pada akun bank bodong di media sosial.

You may also like