Home Bisnis Usaha yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Usaha yang Bisa Dikerjakan di Rumah

by Mas Abadi

Ingin mempunyai satu atau dua usaha pribadi merupakan satu hal yang wajar, karena memang dengan berbisnis akan membangun rasa percaya akan diri sendiri dan membuat Anda menjadi lebih berkembang.

Namun, banyak orang yang merasa takut untuk terjun di dunia wirausaha karena takut akan gagal padahal belum mencoba. Tetapi bagi yang ingin memulai tapi bingung akan membuka usaha apa, berikut di bawah ini ada beberapa ide yang mungkin cocok dengan Anda.

Bisnis Tanaman

Seperti yang Anda ketahui, di masa pandemi ini banyak orang yang harus melakukan segala kegiatan dan pekerjaannya hanya dari rumah. Hal tersebut akhirnya memunculkan berbagai hobi yang biasanya tidak dilakukan.

Contohnya seperti membudidayakan tanaman hias. Baik untuk kesenangan pribadi atau untuk dijual kembali. Apalagi saat ini banyak sekali tanaman-tanaman hias yang memiliki tampilan unik. Nah, apabila Anda merupakan salah satu dari mereka yang gemar berkebun dan mempunyai banyak koleksi tanaman, mengapa tidak menjadikannya sebagai bisnis?

Hasil dari penjualan tanaman hias ini terbilang menjanjikan, apalagi bila yang Anda jual adalah tanaman-tanaman yang saat ini sedang memiliki banyak peminat. Misal seperti janda bolong, lidah mertua, aglonema dan masih banyak lagi.

Blogger

Blogger dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan bila Anda mempunyai keahlian menulis baik. Modal yang Anda perlukan hanyalah smartphone, PC atau laptop serta jaringan internet, juga harus memiliki akun blog. Anda bisa memilih ingin menggunakan yang mana, bisa WordPress, Blogger atau Tumblr. 

Anda dapat bekerja sama dengan merk tertentu dengan memasang iklan dan menjual produk maupun jasa melalui blog pribadi. Jadi, Anda jangan meremehkan bisnis rumahan satu yang ini. Bila Anda memiliki hobi menulis, maka cobalah untuk menjadi lebih profesional dan mempelajari tentang copywriting dan lainnya.

Laundry Kiloan

Apabila Anda tinggal dilingkungan yang dekat dengan kampus atau kos-kosan, Anda dapat membuka bisnis laundry kiloan. Karena zaman sekarang ini, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk hal-hal seperti mencuci pakaian.

Hingga dengan Anda membuka bisnis laundry tentunya akan membantu mereka sekaligus meraup keuntungan. Anda bisa memberikan harga Rp 4.000 sampai Rp 5.000 per kilonya, namun untuk celana jeans, bed cover, sprei dan boneka bisa diberikan harga yang berbeda.

Penitipan Hewan

Bila Anda menyukai hewan dan perawatannya, kemudian area rumah cukup besar. Anda bisa membuka bisnis penitipan khusus hewan peliharaan. Anda bisa menentukan hewan apa saja yang dapat dititipkan di rumah. Misalnya anjing, kucing, reptil atau peliharaan pada umumnya. Tarifnya bisa dibuat per hari dengan paket-paket tertentu. 

Misal untuk satu ekor kucing, bila membawa pakan, kandang dan pasir sendiri, per harinya cukup Rp 20.000 sebagai bayaran jasa. Namun, bila pemilik hanya membawa kucingnya saja, dalam arti makan, kandang dan pasir disediakan oleh pihak penitipan, maka harganya bisa Anda naikkan Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per harinya. Kemudian, jika owner meminta untuk kucing sekalian dimandikan, berarti akan ada jasa grooming.

Buka Pertamini

Anda pasti pernah melihat mesin-mesin pertamini. Ternyata bisnis ini omsetnya menjanjikan dan besar, apalagi bila di area tempat tinggal Anda jauh dari SPBU, pastinya akan ada banyak orang yang membeli di tempat Anda dibandingkan harus menempuh jarak yang jauh. Bahkan pertamini mempunyai potensi kesuksesan yang lebih baik daripada bensin eceran.

Joki Game

Untuk bisa menjadi joki game tentunya Anda juga harus jago bermain game, karena skill yang Anda miliki tersebutlah yang nantinya akan dijual sebagai jasa untuk meningkatkan peringkat milik orang lain. Misalnya Anda jago di game PUBG, kemudian ada seseorang yang meminta bantuan untuk menaikkan peringkatnya atau menggunakannya dalam sebuah turnamen.

Tarifnya bisa Anda tentukan sesuai dengan tingkat kesulitan atau permintaan konsumen. Bila Anda memang mahir, tentunya akan bisa menjadi penghasilan yang menjanjikan dan tidak perlu repot keluar rumah.

Menjual Akun Premium

Usaha rumahan yang satu ini biasanya banyak dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan uang tambahan. Caranya terbilang mudah, bila Anda memiliki akun misal NetFlix, Canva, Spotify atau lainnya tentunya ingin juga merasakan sebagai anggota premium. Nah, Anda bisa membeli paket premium membayarnya full kemudian menjualnya kepada orang lain. 

Contohnya Anda membeli paket premium Canva untuk satu tahun sebesar Rp 400.000. Lalu, menjualnya dengan lebih murah ke orang-orang yang memang membutuhkan. Misalnya Anda jual ke 10 orang, masing-masing Rp 50.000, keuntungan Anda Rp 100.000 uang modal bisa dipergunakan lagi untuk yang lainnya.

Game Streamer

Apabila Anda suka memainkan game online, Anda bisa mencoba untuk menjadi game steamer atau seorang pemain game yang melakukan kegiatannya secara siaran langsung dan disaksikan banyak orang melalui aplikasi. Anda juga bisa berinteraksi dengan para penonton, biasanya para game streamer ini akan memilih live pada Youtube, TikTok atau Facebook.

Nah, setelah Anda membaca hingga selesai, adakah ide usaha di atas yang menarik minat Anda? Jika telah menemukannya dan memulainya, tetaplah konsisten serta terapkan strategi marketing dengan benar supaya bisnis semakin lancar.

You may also like