Home Bisnis Usaha Tanaman Hias di Rumah, Ini Tips Menjalankannya

Usaha Tanaman Hias di Rumah, Ini Tips Menjalankannya

by admin

Banyak ditemukan di pinggir jalan raya, usaha tanaman hias sekarang mulai merambah ke pelaku usaha rumahan. Tanaman hias banyak di jadikan hobi dan diminati oleh berbagai kalangan. Banyaknya peminat, menjadikan tanaman hias sebagai salah satu usaha bisnis rumahan dengan peluang yang menjanjikan.

Tanaman hias sebagai dekorasi

Trend mendekorasi rumah dengan tanaman hias bukanlah sesuatu yang baru, apalagi di saat pandemi, hobi ini menjadi booming dikalangan masyarakat. Selain memberikan estetika dan  menambah suara agar lebih asri.

Memelihara tanaman hias dapat menghilangkan stress dan rasa jenuh, serta memberikan efek therupatic yang menenangkan dan menyejukan mata. Cara mendekorasi tanaman hias pun sangat beragam.

Ada tanaman hias daun, tanaman hias bunga, tanaman hias yang diletakan dalam pot, tanam hias yang digantung serta beberapa jenis tanaman hias lain yang tergolong tanaman hias indoor.

Potensi usaha tanaman hias

Tak hanya sebagai penghias untuk memperindah ruangan, tanaman hias juga mengikuti trend yg selalu berubah. Memulai usaha tanaman hias pun tidak sulit dan modalnya juga tidak terlalu besar. 

Potensinya yang bagus karena mengikuti trend, menjadikan usaha tanaman hias ini cocok untuk kamu yang menyenangi hortikultura dan ingin memulai usaha tanaman hias. 

Dengan tingginya peminat tanaman hias, tidak mengherankan kalau tanaman hias yang dulu hanya sekadar hobi, Sekarang menjadi bisnis dengan peluang menjanjikan karena nilai estetik dan ekonomis yang tinggi.

Tips menjalankan usaha tanaman hias dari rumah

Meskipun usaha tanaman hias dapat memberikan kamu banyak keuntungan, namun banyak juga yang gagal dalam memelihara tanaman hias. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan mengenai jenis tanaman, dan tidak mengetahui trend dan harga dari tanaman hias tersebut.

Nah, agar tidak gagal dalam menjalankan bisnis ini, berikut beberapa tips yang bisa kamu simak sebelum menjalankan usaha tanaman hias kamu.

1. Mengenali ragam tanaman hias

Kamu perlu mempelajari tentang ragam tanaman hias, karena ada begitu banyak macam ragam jenis tanaman hias. Bukan hanya ragamnya, tapi juga bagaimna  cara perawatan dan mengembang biakan tannaman tersebut. 

Kamu juga perlu tahu harga dan trend tanaman hias di pasaran agar usaha kamu tidak ketinggalan dengan pesaing kamu. Ketika tanaman hias kamu terawat dengan sehat, konsumen kamu pun akan semakin percaya dengan usaha tanaman hias kamu, sehingga pelanggan kamu akan semakin bertambah. 

Secara umum tanaman hias bisa di bagi menjadi empat jenis menurut estetiknya. 

  • Tanaman hias dalam ruangan (Indoor)
  • Tanamn hias luar ruangan (Outdoor)
  • Tanaman hias lanskap taman
  • Tanaman yang tidak termasuk kategori diatas seperti Bonsai, Kaktus dan Paku-Pakuan

Dari beberapa jenis di atas, tanaman hias jenis daun dan bunga serta kaktus merupakan jenis yang mudah untuk dikembangkan untuk kamu jadikan usaha tanam hias kamu.

2. Mempersiapkan modal

Segala jenis usaha apapun bentuknya, memerlukan modal untuk bisa beroperasi. Begitupun dengan usaha tanaman hias kamu. Untuk usaha tanaman hias kamu, kamu membutuhkan setidaknya bibit tanaman hias, media tanam, pupuk, pot, serta perlengkapan lainnya.

Kamu juga perlu membuat anggaran bulanan untuk biaya perawatan tanaman hias kamu. Tanaman hias perlu mendapat perawatan rutin agar tidak rusak dan mati. Selain itu kamu juga membutuhkan area untuk kamu memelihara dan mengembangkan tanaman hias kamu. Pastikan area kamu mendapat cukup sinar matahari dan sirkulasi yang baik.

3. Memelihara tanaman hias jenis langka

Setiap usaha pasti memiliki keunikannya masing-masing. Sama hal nya seperti bisnis makanan yang mempunyai menu spesial yang tersedia di rumah makan tersebut. Kamu pun bisa mencoba hal yang sama untuk usaha tanaman hias kamu.

Caranya adalah, kamu bisa mencoba mengembang biakan tanaman hias yang langka di  pasaran. Ada beberapa jenis spesies tanaman hias yang sangat langka di Indonesia. Karena kelangkaannya beberapa dari tanaman ini dihargai dengan sangat mahal.

4. Jangan ketinggalan trend

Dengan banyaknya peminat tanaman hias dan tingginya permintaan akan tanaman hias, usaha tanaman hias merupakan usaha yang cepat berubah trendnya. Pastikan kamu jangan sampai ketinggalan trend tanaman hias yang sedang ada agar tetap bisa memetik keuntungan yang maksimal.

Pastikan kamu mempunyai variansi tanaman hias untuk kamu tawarkan kepada pelanggan kamu. Dan kamu juga perlu tahu bahwa kamu tidak perlu selalu menjual tanaman hias yang sudah matang atau dewasa, kamu juga bisa menjual tanam hias kamu dalam bentuk bibit. 

Beberapa tanaman hias populer yang mudah dikembangkan kalau kamu ingin memulai usaha tanaman hias seperti monstera, anthurium, lidah mertua, cycads, siklok, palem kuning dan sirih gading.

Demikianlah beberapa tips yang harus kamu perhatikan ketika memulai usaha tanaman hias. Semoga bisa membantu kamu dalam memulai usaha tanaman hias kamu. Selamat mencoba.

You may also like