Home Bisnis Usaha Makanan Ringan Kekinian

Usaha Makanan Ringan Kekinian

by Mas Abadi
usaha makanan ringan

Makanan adalah salah satu hal yang menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Karena itu, bidang usaha kuliner selalu memiliki peminat. Belum lagi ide kreatif mengenai makanan semakin berkembang, saking banyaknya pasti membuat Anda yang ingin membuka bisnis juga menjadi bingung. Karena itu berikut adalah beberapa rekomendasi ide usaha makanan ringan, namun dengan keuntungan menjanjikan.

Dadar Gulung

Pernah memakan dadar gulung? Makanan ini terbuat dari telur, tepung terigu, gula merah dan kelapa parut. Pastinya semua bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan di pasar tradisional atau warung-warung sayur di sekitaran rumah.

Anda bisa menjualnya secara langsung dengan menjajakannya di rumah atau menitipkannya di warung-warung, kantin sekolah atau pedagang yang menjual jajanan pasar. Dapat juga membuka sistem pesanan, baik dalam partai kecil atau besar.

Macaroni

Bila Anda merupakan seseorang yang memiliki hobi jajan, pasti sudah tidak asing dengan jajan kecil ini. Biasanya dijual dalam kemasan dengan varian rasa beragam, seperti barbecue, pedas, keju, asin dan masih banyak lagi.

Untuk jenis jajanan ini karena terbilang makanan kering, Anda bisa menjualnya melalui online. Anda dapat menjual di e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada hingga BukaLapak. Untuk promosinya, silahkan menggunakan media sosial serta story Whatsapp.

Pizza Mini

Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini? Dengan toppingnya yang beragam. Bila biasanya Anda membeli pizza dalam ukuran besar, nah apabila tertarik untuk membuka usaha dengan makanan ini sebagai menu utama.

Anda bisa membuatnya dalam ukuran yang kecil, karena target pasarnya adalah konsumen dari segala kalangan dan usia. Untuk toppingnya sendiri, Anda dapat memilih yang sederhana, misalnya sayuran, keju mozarella, sosis, ayam cincang dan lainnya.

Martabak

Makanan manis yang satu ini memang jajanan favorite banyak orang, apalagi untuk para cowok yang ingin berkunjung menemui calon mertuanya. Anda bisa menjadikan martabak sebagai salah satu ide bisnis kuliner, namun dengan tampilan berbeda.

Bila biasanya martabak berukuran besar, kali ini Anda bisa membuatnya dalam porsi satu kali makan alias mini. Sekarang sudah banyak yang menjual cetakan untuk martabak mini, toppingnya sendiri tentu bisa beragam misalnya keju, kacang, biskuit oreo, selai coklat, meses dan lain sebagainya.

Tahu Bakso

Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Kota Semarang, pasti sudah tidak asing dengan makanan khas dari kota tersebut selain lumpia. Apalagi bila bukan tahu bakso. Jajanan ini cukup mudah di buat dan bahan bakunya juga gampang ditemukan.

Anda hanya membutuhkan tahu coklat, tepung terigu, daging ayam atau sapi cincang serta tidak lupa telur. Untuk resepnya sendiri sudah pasti dapat ditemukan dengan mudah di internet. Ukurannya sendiri dapat disesuaikan dengan harga jualnya nanti.

Tahu Kremes

Bila biasanya adalah ayam kremes, kali ini Anda bisa berinovasi dengan tahu. Paling enak menggunakan tahu pong (kosong) karena nantinya Anda bisa memberikan isian di dalamnya. Untuk bumbu tepungnya sendiri, Anda bisa menggunakan resep yang sama dengan ayam kremes.

Kemudian akan lebih menarik lagi, bila Anda memberikan pilihan kepada para konsumen dengan menawarkan beragam rasa agar lebih nikmat disantap. Misalnya dengan bubuk keju, barbecue, asin, rasa bawang, bubuk cabe, balado dan lainnya.

Cara penjualannya bisa dengan berkeliling menggunakan gerobak atau menjualnya melalui media sosial, serta membuka sebuah stand kecil di sekitar kos-kosan, kampus atau di dekat minimarket.

Ayam Crispy

Mirip-mirip dengan ayam goreng tepung pada umumnya, namun untuk yang kali ini Anda bisa menggunakan daging ayam yang sudah tidak ada tulangnya (fillet). Daging tersebut dilumuri dengan adonan dari tepung yang telah diberi berbumbu dan juga tepung roti.

Kemudian, tinggal Anda goreng hingga berwarna coklat keemasan. Di potong-potong kecil dan diberikan variasi bubuk perasa sesuai dengan keinginan konsumen. Untuk lokasi atau cara berjualannya, bisa dibuka di depan rumah, dekat sekolah, kampus, kos atau melalui aplikasi ojek online.

Kerupuk Jengkol

Walau banyak orang yang tidak suka dengan sayur jengkol, tapi percaya atau tidak. Bila bahan makanan ini dijadikan kerupuk, pasti akan banyak yang tergoda. Karena ketika dijadikan makanan ringan, aroma dari jengkol tidak terlalu menyengat dan rasanya jauh lebih enak.

Untuk penjualannya, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi. Anda dapat menjualnya dalam keadaan mentah maupun matang. Selain itu karena ketahanannya cukup lama, bisa juga dijual secara online agar bisa mendapatkan pelanggan dari seluruh Indonesia. Cara lainnya adalah dengan menitipkannya ke warung-warung kelontong atau warung makan.

Nah, itulah tadi ide usaha jajanan kekinian yang bisa Anda coba. Bahan-bahannya mudah didapat dan tentu saja cara membuatnya juga mudah, jadi tidak perlu takut gagal ketika membuatnya. Hanya saja, Anda tetap harus konsisten dalam menjalankan usaha ini.

You may also like