Home Bisnis Usaha dalam Bidang Fashion yang Bisa Dijalankan Anak Kuliah

Usaha dalam Bidang Fashion yang Bisa Dijalankan Anak Kuliah

by admin

Dunia usaha kian bercabang. Banyak jenis dan peluang usaha yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan baik sebagai sumber penghasilan utama maupun tambahan. Beragam bentuk usaha ini tidak terbatas hanya untuk pemain lama saja, pelaku usaha baru dari berbagai macam kalangan bisa memulai usaha. 

Salah satu bisnis yang dianggap akan selalu hidup, tidak ada padamnya selain kuliner adalah bidang usaha fashion atau pakaian. Hal tersebut tentu didasarkan pada kebutuhan dasar hidup manusia. Dunia fashion yang tidak pernah mati berpeluang bagi kamu untuk bisa ambil sebagai pelaku usaha yang sukses di bidang ini. 

Namun perlu menjadi catatan penting, fashion merupakan dunia usaha yang dinamis juga. Fashion akan selalu berubah mengikuti pengaruh arus perubahan tren budaya masyarakat hampir di seluruh dunia. Oleh karena itu, kamu perlu menjadi seorang pengusaha yang adaptif, kreatif, dan inovatif. Tiga poin itu perlu kamu jadikan pedoman untuk menata usaha bisnis fashion kamu.

Siapa yang berpeluang dalam usaha di Bidang Fashion?

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa usaha fashion dapat dirintis oleh siapapun. Terlebih, jika kamu adalah seorang mahasiswa atau mahasiswi yang cenderung lebih update dan selalu mengikuti tren perkembangan fashion yang ada. Bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan dasar saja, bagi anak kuliahan fashion juga sekaligus menjadi gaya hidup. 

Melihat peluang ini, bagi kamu seorang anak kuliahan atau mahasiswa atau mahasiswi jangan hanya sekedar menjadi pengguna atau konsumen saja, melainkan juga harus mulai bisa belajar menjadi pelaku usaha yang menggerakan roda ekonomi nasional melalui tangan muda.

Untuk kamu yang tertarik menekuni bidang usaha fashion, kamu bisa simak artikel di bawah ini yang membahas tentang bentuk-bentuk usaha fashion apa saja yang cocok untuk kamu seorang mahasiswa atau mahasiswi bisa terapkan.

1. Pembuat Majalah Fashion

Kamu bisa menuangkan ide kreativitasmu dalam bentuk sebuah majalah. Meskipun saat ini media cetak terbilang cukup sepi peminat, tidak menutup kemungkinan bahwa e-majalah sangat dibutuhkan kehadirannya. 

Biasanya pembuatan makalah ini membahas satu tema yang sama. Kaitannya dengan dunia fashion, kamu bisa gunakan media majalah ini untuk menuangkan ide gambar, informasi, tips and trick, rekomendasi, trend fashion terbaru, dan lain sebagainya dalam satu majalah.

Informasi dan desain majalah yang menarik dan informatif bisa membuat kamu dipercaya sebagai penulis atau perancang majalah yang andal. Ide atau hasil pemikiran kamu yang tertuang dalam majalah tersebut bisa kamu patok dengan harga yang menguntungkan untuk bisa didistribusikan dan bermanfaat bagi pembacanya. 

2. Penulis Fashion Blogger

Jika kamu seorang yang senang menulis dan update mengikuti trend fashion kekinian. Anak muda kini bisa dengan mudah dan sangat adaptif dalam memanfaatkan peluang digitalisasi untuk dunia usaha. 

Menjadi fashion blogger dapat menjadi jalan usaha untuk bisa kamu coba. Kamu bisa melamar kepada perusahaan yang bergerak di bidang usaha fashion untuk menjadi penulis artikel seputar fashion

Namun, jika kamu tidak ingin terikat oleh perusahaan orang lain, kamu bisa mengembangkan blog yang kamu ciptakan sendiri, selain lebih bebas berekspresi kamu dapat dengan mudah mengatur waktu kuliah dengan usaha yang sedang kamu rintis.

3. Pengusaha Konveksi

Event yang digelar di lingkungan kampus biasanya cukup banyak per kurun waktu satu tahun anggaran. Relasi yang terbangun antar mahasiswa di kampus yang sangat banyak tentu tidak dilatarbelakangi oleh kemampuan yang sama. Kondisi tersebut dapat kamu jadikan sebagai peluang usaha. 

Kaitannya dengan fashion, usaha konveksi atau usaha produksi pakaian yang dibuat secara massal bisa kamu lakukan. Disini kamu bisa memulainya dengan pencarian gagasan ide untuk identitas usaha, pencarian Sumber Daya Manusia yang kompeten di beberapa tugas seperti desain, mitra jahit, manajemen keuangan, dan pemasaran. 

Untuk memenuhi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan event di kampus sebagai pasar strategis kamu nantinya dan relasi yang kamu miliki di lingkungan kampus. Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan teman dan mitra untuk merealisasikan usaha konveksi.

4. Membuka Butik

Trend fashion Indonesia saat ini banyak dipengaruhi oleh berbagai budaya negara asing contohnya Korea Selatan, Jepang, dan Western seperti Amerika. Hal tersebut merupakan salah satu dampak adanya arus globalisasi. 

Namun, kamu biasa turut mengais berkah untuk menjadikannya sebagai peluang usaha membuka butik pakaian dengan trend dan gaya fashion tertentu sebagai temanya. Saat ini, banyak anak-anak kuliah yang berani membuka usaha butik dengan tema kekinian dan berhasil meraup banyak keuntungan.

Kamu perlu yakin bahwa anak muda seperti kamu pun bisa sukses menjadi milyarder lewat usaha kekinian seperti menekuni bidang fashion yang tidak ada matinya ini. 

You may also like