Home Bisnis Usaha Baju Preloved, Ini Cara Untuk Memulainya

Usaha Baju Preloved, Ini Cara Untuk Memulainya

by Mas Abadi

Bisnis usaha baju preloved sangat memberikan keuntungan bagi kamu yang ingin memulai bisnis tersebut. Bisnis yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat baik anak-anak muda hingga orang tua. Pasalnya bisnis satu ini sangat mudah untuk dijalankan, dengan cara menjual barang–barang bekas atau barang–barang yang baru beberapa kali dipakai saja. Barang–barang yang dijual tentunya pakaian yang masih layak digunakan. 

Dalam menjalankan usaha baju preloved tentunya kamu harus dapat memastikan barang yang kamu jual masih layak untuk digunakan kembali, dengan kamu mendapatkan baju preloved yang masih layak digunakan dan bersih, hal tersebut akan membantu kamu untuk mendapatkan keuntungan dan menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kamu jual. Berikut beberapa cara, untuk kamu yang ingin memulai bisnis ini :

1. Mencari Supplier Baju Preloved

Sebelum kamu memulai bisnis ini, kamu dapat mencari terlebih dahulu supplier yang menyediakan baju preloved. Carilah supplier yang menyediakan pakaian yang masih layak dipakai agar kamu mendapatkan keuntungan saat dijual kembali. 

Sebelum kamu mengambil barang di supplier sebaiknya, kamu dapat mengetahui terlebih dahulu kondisi pakaian–pakaian yang akan kamu jual, pada umumnya pakaian yang memiliki kondisi cacat atau tidak bersih akan mengakibatkan kerugian bagi kamu. 

2. Membersihkan Kembali Baju

Saat kamu ingin menjual kembali baju preloved, sebaiknya kamu dapat mencuci dan menggosok kembali pakaian yang akan kamu jual. Hal ini tentunya, dikarenakan menjual baju preloved yang belum dicuci atau digosok kembali akan membuat pembeli kurang tertarik dengan pakaian yang anda jual. 

3. Harga Yang Pas

Saat kamu menjalankan bisnis ini harga yang kamu tawarkan jangan terlalu tinggi atau mahal. Sebaiknya kamu dapat memberikan harga yang sesuai dengan barang yang kamu jual, berikan harga sesuai dengan kualitas pakaian. Bila, kamu menjual barang preloved dengan harga yang cukup tinggi akan mengakibatkan kerugian pada usaha mu, pasalnya masyarakat lebih tertarik dengan harga yang murah tetapi kualitas yang tinggi.

4. Deskripsikan Barang Secara Jujur 

saat mempromosikan pakaian yang kamu jual, sebaiknya deskripsikan pakaian sesuai dengan kondisi pakaian yang ada. Bila di pakaian yang kamu jual terdapat sedikit kotoran, robekan ataupun kecacatan lainya, maka kamu harus memberi keterangan secara detail. Hal tersebut, akan membantu kamu, agar konsumen yang membeli tidak merasakan kerugian ataupun kekecewaan. 

Saat kamu memberikan deskripsi dengan jujur, hal tersebut akan membantu kamu untuk mendapatkan keuntungan. Tentunya, konsumen yang sudah pernah membeli barang dari kamu akan kembali untuk membeli. Saat penjual melakukan pembohongan, hal tersebut akan sengat membuat kerugian kamu dan membuat pembeli tidak ingin kembali belanja ke toko kamu.

5. Promosi Media Sosial

saat menjalankankan bisnis menjual baju preloved sebaiknya kamu dapat memanfaatkan sosial media. Sosial media sangatlah berpengaruh untuk memperkenalkan usaha yang kamu jalankan, kamu bisa menggunakan instagram, facebook, whatsapp dan lain sebagainya. 

Saat kamu melakukan promosi usaha melalui sosial media, hal yang harus kamu lakukan adalah mengambil gambar pakaian yang kamu jual terlihat instagram mebel yang nantinya hal ini akan membantu masyarakat lebih tertarik untuk membeli baju prelove di kamu. 

6. Iklan E-Commerce

Saat bisnis yang kamu jalankan ingin berjalan dengan lancar, sebaiknya kamu melakukan promosi secara baik. Kamu bisa melakukan promosi melalui iklan E-Commerce, dengan membuat iklan yang berbayar kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Pasalnya dengan melakukan iklan berbayar, produk yang kamu jual akan dikenal masyarakat lebih luas lagi. Dengan hal tersebut juga, masyarakat akan lebih mudah untuk menemukan barang yang kamu jual.

7. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar adalah salah satu hal yang jangan pernah kamu lupakan. Dalam memulai bisnis apapun kamu harus mengetahui terlebih dahulu target pasar dari produk yang kamu jual. Saat kamu dapat menentukan target pasar, kamu akan lebih mudah untuk menjual barang atau produk yang kamu jual.

Saat kamu ingin memulai menjual baju preloved, kamu harus terlebih dahulu melakukan riset. Hal ini dapat membantu kamu, untuk melihat keinginan pasar sekarang. Misalnya, sekarang sedang trend pakaian korea yang konsepnya mewah dan lucu, pakaian tersebut dapat kamu jual dengan target pasar anak muda. 

8. Mengikuti Event 

Hal yang penting untuk dilakukan bagi kamu yang menjual baju preloved. Ketika kamu mulai untuk berjualan pakaian bekas, Kamu dengan mudah akan menjual produk usaha dengan mengikuti event seperti bazar, pameran, konser dan lain sebagainya. Apabila kamu mengikuti berbagai macam kegiatan event, akan membantu kamu lebih mudah untuk menjual produk kamu. Kamu juga akan bertemu dengan beberapa komunitas, melalui komunitas kamu akan dapat memperluas jaringan serta potensi untuk melakukan trending. 

Demikianlah beberapa cara untuk kamu yang ingin usaha baju preloved, semoga bermanfaat.

 

You may also like