Home keuangan Update Daftar Pinjol Aman dan Legal Asli OJK Per Tahun 2023

Update Daftar Pinjol Aman dan Legal Asli OJK Per Tahun 2023

by admin
Mengenal Kredit Kepemilikan Rumah: Jenis, Syarat Berkas, Biaya, Keuntungan, dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Rumah dengan KPR (FREEPIK/pressfoto)

EduFinansial – Menjadi pihak yang memberikan peraturan mulai dari izin hingga pengawasan dan penindaklanjutan lainnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan pembaruan mengenai daftar layanan fintech lending atau pinjaman online per tahun 2023. Dalam daftar yang terbit pada 6 Mei 2023 lalu ditemukan setidaknya 102 layanan fintech lending yang telah mengantongi izin dari OJK.

Fintech lending merupakan penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman/lender dengan penerima pinjaman/borrower dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik.

Lebih sering dikenal dengan sebutan pinjaman online atau pinjol, fintech lending merupakan salah satu solusi cepat dan mudah bagi masyarakat untuk mendapaktan kredit uang. Persyaratan yang cenderung mudah dengan proses cepat menjadi beberapa keunggulan dari layanan ini. Kendati demikian, beberapa hal patut untuk diwaspadai dari layanan pinjaman online. Terutama dengan masih munculnya pembaruan dari OJK per Mei 2023 ini yang berisi layanan pinjaman-pinjaman online ilegal.

Ciri pinjol aman

Pertama, layanan fintech lending legal memiliki regulasi atau pengawas yang jelas yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kemudian, mereka juga memiliki pengurus baik dewan direksi maupun komisaris penyelenggara dengan pengalaman minimal setahun di industri jasa keuangan dan di level manajerial.

Ciri selanjutnya, lokasi kantor pinjaman online jelas dan tidak ditutupi. Fintech lending legal juga menjamin keamanan data pribadi pengguna. Berbeda dengan pinjol ilegal yang sering memanfaatkan data pengguna untuk melakukan ancaman.

Bunga pinjaman dan denda keterlambatan juga tidak terlalu melambung dibandingkan dengan layanan pinjol ilegal. Sebab, ada asas keterbukaan atau transparansi yang wajib dipenuhi oleh penyedia layanan pinjaman online legal.

Beberapa ciri lain masih dimiliki oleh layanan pinjol legal. Namun, cara pintas untuk mengetahui apakah sebuah layanan pinjol aman atau tidak yaitu dengan menilik ke laman resmi OJK.

Perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman online legal dan resmi adalah mereka yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pihak berwenang terkait.

Bagaimana jika saya terjebak pinjol ilegal?

OJK masih terus memberikan pembaruan mengenai daftar layanan pinjol ilegal di masyarakat. OJK juga telah memberikan peringatan mengenai layanan pinjaman-pinjaman online ilegal yang tidak memiliki izin dari pihak berwenang. Harap perhatikan ciri-ciri pinjol legal dan periksa apakah layanan fintech lending yang akan Anda gunakan telah memenuhi ciri-ciri di atas. Jika belum, terdapat kemungkinan bahwa layanan pinjol yang bersangkutan ilegal.

OJK sendiri telah menegaskan bahwa segala mekanisme pinjam meminjam yang dilakukan dengan layanan pinjol ilegal, tak terlepas dari pengaduan terkait hal tersebut berada di luar kewenangan OJK. Selain itu, OJK juga menegaskan bahwa penagihan dan penyerbarluasan data pribadi oleh pinjaman online ilegal tidak menjadi tanggung jawab OJK.

Karena itu, sebelum menggunakan jasa pinjaman online, wajib untuk memerhatikan ciri-ciri layanan fintech lending yang memang aman untuk digunakan. Melakukan pengecekan berkala menjadi salah satu solusi untuk mengatasi risiko berhubungan dengan layanan pinjol ilegal.

Daftar pinjaman aman dan legal per Maret 2023

Sampai dengan 9 Maret 2023, total jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang berizin di OJK adalah sebanyak 102 perusahaan. Data tersebut telah diterbitkan oleh OJK melalui laman resmi mereka dengan judul “Penyelenggara Fintech Lending Berizin di OJK per 9 Maret 2023” pada 16 Mei 2023. ***

You may also like