Home Tips Tujuan Pengelolaan Keuangan Secara Efisien dalam Menjalankan Usaha

Tujuan Pengelolaan Keuangan Secara Efisien dalam Menjalankan Usaha

by Mas Abadi
pengelolaan keuangan

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha adalah dengan menerapkan pengelolaan keuangan yang baik, teliti dan disiplin.  Dalam sebuah perusahaan, keuangan memang menjadi pondasi kuat dan bersifat sangat riskan.

Harus dikelola sebaik mungkin jangan sampai amburadul karena Anda akan memperoleh banyak manfaat positif. Seperti mendapat dana modal, mengalokasikan pajak usaha, hingga investasi. Singkatnya tujuan dari pengelolaan keuangan secara efisien adalah membantu memajukan usaha hingga ke tahap berikutnya. Dalam sebuah perusahaan diperlukan bidang yang khusus mengurus bagian keuangan atau bisa juga disebut manajemen keuangan.

Divisi tersebut bertugas dan bertanggung jawab atas segala kegiatan perencanaan, penyimpanan, pengelolaan, dan pengendalian aset dan dana milik perusahaan. Agar tak muncul masalah di kemudian harus, pengelolaan keuangan harus direncanakan dengan matang dan efisien. Berikut ini tujuan dari pengelolaan keuangan yang harus diketahui.

  1.     Syarat Utama untuk Menerima Suntikan Dana Segar

Membangun perencanaan pembiayaan usaha kedepannya menjadi salah satu tujuan utama dari pengelolaan keuangan secara efisien. Dalam rencana pembiayaan yang dibuat terdapat informasi terkait jumlah modal yang diperlukan untuk bisnis, kemana saja modal tersebut dialirkan, target penjualan, harga jual, profit atau keuntungan, hingga mekanisme pembayaran dana pinjaman usaha yang diperoleh dari para investor. Tentu tidak mudah bagi perusahaan yang ingin memperoleh dana segar, selain memastikan kondisi keuangan dalam keadaan sehat juga harus menyiapkan berbagai syarat administratif.

  1.     Menjaga Arus Kas (Cash Flow)

Supaya pengeluaran tidak membengkak, setiap perusahaan harus memantau arus keluar masuk kas. Memastikan bahwa pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan, karena hal ini dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan. Misalnya pengeluaran untuk kegiatan operasional, gaji karyawan, membeli bahan baku, dan lain sebagainya.

  1.     Memberikan Estimasi Laba di Periode Berikutnya

Pengelolaan keuangan yang baik diikuti oleh pencatatan dan pembukuan cash flow yang baik juga. Untuk itu perusahaan Anda harus membuat catatan teratur agar dapat memberikan estimasi keuntungan di masa yang akan datang. Informasi ini tentu bermanfaat untuk pembuatan rencana alokasi dana selanjutnya. Dan dapat memberikan prediksi target penjualan serta anggaran belanja bisnis yang dibutuhkan, sehingga lebih efisien tenaga dan waktu.

  1.     Memaksimalkan Keuangan Perusahaan

Manajemen keuangan memiliki tugas sebagai pengawas yang bertugas melihat kegiatan-kegiatan dari anggaran dana apakah merugikan perusahaan. Kalau dinilai tidak menguntungkan maka sebisa mungkin dipangkas atau dialihkan ke kegiatan lain yang lebih menjanjikan.

  1.     Meminimalisir Terjadinya Penggelapan Dana

Kalau Anda ingin terhindar dari risiko penggelapan dana maka kelola keuangan perusahaan dengan baik. Hal ini sangat membantu karena memuat data-data keuangan yang rinci, apalagi lengkap bersama dokumen transaksi tunai dan nontunai seperti struk belanja, invoice, hingga kwitansi. Jika ada yang diam-diam menyelewengkan dana bisnis, akan sangat mudah untuk mengetahuinya. Sehingga Anda bisa mencegah kerugian yang lebih besar. Semua bisa dilakukan dengan pengelolaan keuangan secara efisien.  

  1.     Mengurangi risiko Operasional dan Mengoptimalkan Kekayaan Perusahaan

Risiko bisnis yang tidak pasti di setiap waktu bisa dipengaruhi oleh keputusan dari manajemen keuangan. Kalau ingin memberikan laba semaksimal mungkin kepada pemegang saham, manajemen keuangan perusahaan harus mampu membaca pasar saham, memahami kondisinya, dan bisa memberi keputusan yang tepat. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan para pemegang saham, sehingga mereka akan terus menanam modal pada perusahaan Anda.

  1.     Memaksimalkan Keuntungan dan Meningkatkan Efisiensi

Efisiensi dana perusahaan akan terus meningkat apabila menganggarkan daya yang tepat dalam semua aspek. Perusahaan juga mampu memaksimalkan keuntungan selama perencanaan keuangan bekerja secara tepat. Sehingga hasilnya bisa dinikmati dalam jangka panjang.

  1.     Membantu Pembayaran dan Pelaporan Pajak

Anda akan lebih mudah membuat laporan dan membayar pajak dengan pengelolaan keuangan yang baik. Apalagi kita tahu bahwa regulasi pajak sangat banyak, wajar kalau beberapa badan usaha mengalami kesulitan selama proses pelaporan. Setidaknya Anda sudah selangkah lebih maju dengan pengelolaan keuangan yang baik.

  1.     Mudah Menetapkan Harga Jual

Salah satu PR penting yang harus dikerjakan perusahaan adalah menetapkan harga jual setiap produk atau layanan. Ini bukan perkara yang mudah, karena memerlukan analisis dan survei terlebih dahulu. Anda tidak dapat mengikuti harga produk kompetitor, ada perhitungan tersendiri yang membuat bisnis bisa untung besar atau kecil.

Informasi pengelolaan keuangan dapat membantu Anda melakukan penetapan harga alias menjadi patokannya. Segala hal yang menentukan harga jual seperti rencana permodalan, harga belanja bahan produksi, keuntungan, hingga target penjualan dapat memberikan pengaruh. Sedangkan faktor lain seperti biaya operasional usaha dan rata-rata harga produk serupa di perusahaan juga dapat menentukan harga produk yang dijual bisa diterima masar atau tidak karena terlalu mahal atau murah.

Itulah beberapa tujuan pengelolaan keuangan secara efisien dalam menjalankan usaha. Kami harap informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda memahaminya.  

You may also like