Home Tabungan Trik Untuk Bisa Menabung Meski Gaji Di Bawah 3 Juta

Trik Untuk Bisa Menabung Meski Gaji Di Bawah 3 Juta

by Mas Abadi

Menabung dapat dilakukan oleh siapapun tanpa terkecuali. Menabung pun tidak ada nominal pasti, dan tidak berdasarkan besar atau kecilnya gaji yang kamu dapat dalam satu bulan. Berapapun jumlah yang kamu peroleh seharusnya dapat langsung disisihkan khusus untuk ditabung. Bila penghasilan kamu sedang meningkat maka uang yang bisa disisihkan untuk ditabung juga bisa ditingkatkan.

Akan tetapi bila memang pendapatan sedang surut maka uang yang ditabung pun bisa ikut menyesuaikan, biarpun sedikit yang penting menabung, karena sekecil apapun jumlahnya, uang tersebut tetap memiliki nilai jika diakumulasi dari semua dana yang sudah kamu simpan.

Nah, berdasarkan data dari (BPS) Badan Pusat Statistik, Pendapatan bersih para buruh di negara Indonesia ini rata-rata ada di angka kisaran 2.80 juta. Maka dari itu, artikel kali ini akan mengulas tentang cara menabung jika kamu mempunyai gaji dibawah 3 juta dalam satu bulan.

1.       Mulai Mengatur Finansial

Sesudah apapun, kamu harus mencoba memulai mengatur arus keuangan dengan baik. Mulailah untuk mengatur pengeluaran sedini mungkin. Untuk dapat memulainya, buat rencana pengeluaran kamu untuk satu bulan kedepan ketika sudah menerima upah atau gaji.

Langkah pertama bagi kamu yang memiliki gaji dibawah 3 juta dan ingin menabung yakni menyusun daftar pengeluaran. Misalnya pengeluaran untuk tagihan listrik, transportasi sewa kontrakan, makan dan lain sebagainya. Nah, nanti sisanya dapat kamu sisihkan untuk ditabung.

Bila dirasa masih terasa sulit, kamu dapat membuat serta membawa bekal sendiri dari rumah ketika pergi ke kantor. Cara tersebut terbukti ampuh agar dapat meminimalisir pengeluaran tanpa mengurangi jatah waktu makan kamu.

2.       Merencanakan Target yang Ingin Dicapai

Semua orang yang menabung tentu mempunyai target atau tujuan yang ingin mereka capai. Contohnya ingin bisa berlibur ke suatu tempat, dana untuk melanjutkan pendidikan, membeli kendaraan, membeli gadget dan masih banyak lagi.

Tujuan tersebut adalah rencana masa depan yang ada pada pemikiran kamu. Terlebih bila tabung ini nantinya ingin dipakai untuk berbagai keperluan yang sifatnya positif.

Supaya target tabungan dapat sesuai rencanamu, maka dari itu cari tahu dahulu terkait informasi yang kamu impikan. Contohnya ingin melanjutkan pendidikan sambil bekerja. Dengan demikian, kamu pun akan semakin termotivasi untuk menjalankannya.

3.       Menyiapkan Rekening Khusus Tabungan

Buat rekening terpisah khusus untuk tabungan, dan jangan disatukan oleh rekening yang kamu gunakan untuk bertransaksi atau menerima uang gaji. Tujuannya supaya dana di tabung tidak tercampur oleh uang yang lain. Selain itu, cara tersebut juga bisa memudahkan kamu untuk memantau kondisi keuangan dengan baik.  

Bila diperlukan, kamu bisa mencari tabungan berencana yang dapat kamu temukan di berbagai perusahaan perbankan manapun. Karena hampir semua bank sudah menyediakan layanan ini. Jenis tabungan berencana tersebut biasanya tidak mempunyai potongan admin. Tabungan berencana juga dapat diambil untuk jangka waktu tertentu, bisa bulanan sampai tahunan.

4.       Sisihkan Uang Ke Celengan Tiap Hari

Walau terkesan seperti anak kecil, tapi cara tersebut juga ampuh sebagai salah satu tips menabung untuk harian. Kamu dapat mengisi celengan ayam kamu dengan uang pecahan mulai dai koin, lembaran uang seribuan sampai puluhan dan ratusan ribu, semuanya bisa kamu celeng.

Kamu juga dapat membuat tabel tabungan harian supaya dapat memantau setiap perkembangannya. Sesudah celengan kamu terisi uang yang banyak atau sudah penuh, kamu dapat mengambilnya dan menabungnya langsung ke bank.

Cara tersebut terbukti sangat ampuh untuk rencana menabung harian untuk jangka waktu yang panjang. Kamu bisa mencari dan membeli jenis celengan yang didesain sudah untuk dibongkar. Hal ini penting, agar kamu tidak mudah tergiur untuk membongkar dan mengambilnya.

5.       Melatih Diri agar Berhemat

Tips untuk menabung berikutnya yakni dengan cara berhemat. Kunci utama dari menabung yakni berhemat. Tidak terkecuali bagi orang-orang yang memiliki upah dibawah 3 juta. Selain itu, usahakan untuk terlalu konsumtif serta bisa mengendalikan diri kamu dari perilaku yang boros.

Untuk informasi tambahan, menghemat uang ternyata juga bagian dari melakukan investasi. Sebab uang yang bisa kamu sisihkan dan dihemat dapat ditabung.

Selain itu, kamu pun harus enyeimbangkan gaya hidup kamu dengan pendapatan bulanan. Sebab dengan gaya hidup boros, maka seseorang yang memiliki gaji 10 juta pun belum tentu bisa mencukupi. Oleh sebab itu, entah itu gaji kecil atau besar, kamu harus bisa mengusahakan agar tidak berlebihan dalam penggunaannya.

6.       Mulailah Berinvestasi

Dengan mengalokasikan sejumlah uang di suatu instrumen investasi merupakan keputusan paling tepat. Sebab menyimpan dana dengan berinvestasi bisa mendatangkan keuntungan bila dibandingkan hanya di tabung biasa. Kamu bisa menyimpannya dengan tabungan berjangka atau deposito, atau membelikan emas dan masih banyak lagi.

You may also like