Home Perencanaan Trik Mudah untuk Mahasiswa Supaya Cerdas Finansial

Trik Mudah untuk Mahasiswa Supaya Cerdas Finansial

by Mas Abadi

Kaum-kaum mahasiswa umumnya dituntut untuk mulai bisa menyesuaikan kebutuhan dengan keinginan. Didikan mengenai manajemen keuangan dari orang tua mulai digalakkan. Pasalnya, pergaulan dan lingkungan mahasiswa yang lebih kompleks dan dinamis, memerlukan sabuk pengendali diri yang ekstra kencang, untuk tidak memudahkannya terjerumus pada kebiasaan boros atau hedonis.

Kamus mahasiswa yang tengah berada di umur ideal perlu dibekali tips dan trik untuk dapat berfikir cerdas mengenai finansial. Karir yang sedang dirintis perlu dikelola dengan baik untuk menghasilkan kehidupan yang mapan di masa yang akan datang.

Tips Cerdas Finansial Untuk Kamu Para Kaum Mahasiswa

Di masa depan tentunya kamu ingin berada dalam posisi kehidupan yang bahagia, mapan, tanpa beban, dan bebas untuk melakukan banyak hal tanpa banyak pertimbangan. Dalam artikel ini, mengajak kamu untuk mengetahui Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata masa depan mapan dan mandiri secara finansial. Tips ini perlu kamu terapkan karena pastinya tidak cukup menyulitkan, justru akan mempermudah kamu loh!

Ciptakan keinginan kamu itu dengan menerapkan Cerdas Finansial sedari dini, terlebih bagi kamu kaum Mahasiswa. Berikut penjelasannya.

1. Tentukan Goals Keuangan Kamu

Tujuan atau goals kehidupan khususnya dalam mengalokasikan dana yang kamu miliki adalah hal yang penting. Dengan adanya tujuan yang jelas kamu akan menggunakan dana yang kamu punya untuk hal-hal yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya jika kamu punya keinginan untuk memiliki usaha pribadi, kendaraan mewah di usia ideal 23-27 tahun, atau bahkan rumah pribadi di usia kurang dari 35 tahun. Maka, penentuan goals di masa mahasiswa ini menjadi awal yang sangat baik dan bukti kamu memiliki kecerdasan finansial.

2. Tentukan Goals Keuangan Kamu

Jangan sepelekan catatan dan rencana keuangan! Hal tersebut akan menjadi alat untuk membantu kamu dalam mengatur keuangan. Monitoring keuangan kamu lewat catatan dan rencana keuangan ini kamu akan mengetahui kondisi finansial kamu dalam kondisi sehat atau krisis. Dimulai dari sini kamu bisa mengatur antara pemasukan dan pengeluaran kamu. Untuk itu, kamu perlu hati-h

3. Cerdas Memilih Lingkungan Pergaulan

Pergaulan memiliki daya tarik yang kuat dalam mempengaruhi kebiasaan manusia. Dalam hal manajemen keuangan dan pemikiran cerdas dalam hal finansial kamu perlu memilih dan memilah lingkungan pergaulan yang sehat. Lingkungan pergaulan yang sehat otomatis akan membawa kebiasaan yang sehat dan baik pula. Oleh karenanya, dalam menata finansial yang baik lingkungan pergaulan yang baik akan memudahkan kamu. 

4. Sadar Investasi Lebih Awal

Peran investasi kiranya sangat penting di era sekarang ini. Cara investasi yang cukup mudah, saat ini bisa dimanfaatkan oleh siapa pun, kapan pun, dan dalam bentuk apapun. Mahasiswa yang cerdas dalam mengatur finansialnya pasti telah memikirkan kondisi finansial jangka panjang, maka kesadaran investasi menjadi salah satu kuncinya. 

5. Biasakan Menabung

“Sedikit demi Sedikit, Lama-lama Menjadi Bukit”. Istilah itu tentunya kamu sering dengar, oleh karenanya coba tanamkan hal itu dalam usaha kamu untuk terbiasa menabung dana hasil dari pendapatan atau uang pemberian orang tua tersebut. Dengan menabung kamu akan terbiasa menyisihkan dana darurat dan tidak bersikap boros.  

6. Belajar Menahan Diri

Godaan nongkrong, shopping, hangout, dan lain sebagainya di masa dan di tengah kebutuhan kuliah adalah hal yang cukup kencang arusnya. Kebiasaan atau sikap itu akan menjadi sesuatu hal yang kurang baik apabila kamu tidak bisa menahan diri. Keuangan mahasiswa yang terbatas dan mayoritas masih mengandalkan pembiayaan orang tua akan membuat kamu memiliki pemikiran yang tidak cerdas dalam mengatur keuangan.

Meskipun tanpa dipungkiri hal tersebut menjadi bagian sedikitnya sebagai kebutuhan. Namun, jika kamu belajar untuk menahan diri dari sikap dan kebiasaan tersebut, kondisi finansial kamu akan aman. Tanamkan prinsip “Bisa, karena Terbiasa”.

7. Manfaatkan Teknologi Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Mahasiswa di era sekarang tentu telah dibekali dan hidup di tengah-tengah teknologi yang cukup canggih. Pemikiran kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi dapat kamu manfaatkan sebagai media untuk membantu kamu menambah penghasilan. Banyak hal yang bisa kamu manfaatkan untuk memanfaatkan teknologi itu, contohnya dengan hanya sekedar iseng foto yang diupload melalui laman internet dapat mengantarkan kamu sebagai milyader.

Contoh kasus yang dialami oleh Ghozali Everyday melalui foto NFT atau Non-Fungible Token yang diunggahnya di Open Sea. Contoh lain saat ini sangat banyak tips dan trip yang memberikan kamu pandangan mengenai peluang usaha dengan menggunakan teknologi masa kini.

Misalnya dalam mengunggah hasil catatan, tugas-tugas, makalah, proposal, menjadi content creator, vlogger dan blogger, atau lain sebagainya. Tentunya hal itu bukan sekedar iseng yang kamu lakukan namun bisa dimanfaatkan juga sebagai peluang usaha karena di dalamnya aka nada nilai uang yang diperhitungkan dalam setiap konten yang diunggah. Sehingga, untuk menjemput itu kamu hanya perlu niat dan kesungguhan untuk menjalankannya.

Hasil dari berbagai usaha dan buah pemikiran yang kamu lakukan karena sadar akan pentingya cerdas secara finansial di usia mahasiswa. Itu tips mudahnya, semangat melakukan!

You may also like