Home Bisnis Trik Mudah Untuk Bisa Mengembangkan Bisnis Reseller yang Sukses 

Trik Mudah Untuk Bisa Mengembangkan Bisnis Reseller yang Sukses 

by Mas Abadi

Berkat hadirnya internet yang semakin canggih, tidak heran bila banyak orang yang meyakini internet menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting. Dari sisi ekonomi juga nyatanya internet pun memberikan banyak pengaruh yang sangat masif. Diantaranya yaitu hadirnya e-commerce yang semakin hari semakin banyak. 

Sudah pasti, adanya e-commerce ini juga yang menjadi alasan mengapa semakin membludak transaksi jual beli secara online. Berkat transaksi tersebut, tidak heran bila kemudian tidak sedikit orang yang ingin tahu cara untuk menjadi seorang reseller, melakukan usaha online, berjualan online dan lainnya. 

Namun sayangnya, walaupun usaha yang satu ini bisa dikatakan sangat menggiurkan, tetapi nyatanya hanya sedikit orang yang tahu cara untuk menjadi seorang reseller. Padahal, bila bisa memahaminya dengan benar, menjadi reseller ini pekerjaan yang sangat menjanjikan keuntungan cukup besar. 

Nah, berikut ini ada trik mudah untuk bisa mengembangkan bisnis reseller yang sangat sukses. 

Cara Menjadi Reseller Sukses 

Di bawah ini ada sejumlah trik yang dapat kamu coba untuk dilakukan agar menjadi seorang reseller yang sukses, diantaranya yaitu: 

1. Lakukan riset pasar dengan teliti untuk memilih produk 

Trik pertama yang dapat kamu lakukan untuk menjadi reseller sukses yaitu melakukan riset pasar. Pastinya riset ini sangat penting untuk dilakukan, khususnya untuk menentukan produk yang ingin kamu jual.

Tujuannya agar produk yang kamu pilih ini dapat sangat sesuai dengan target pasar yang ingin kamu bidik. Percayalah, semakin kamu detail melakukan riset ini sebelum memilih jenis produk, maka akan semakin sesuai juga produk yang dapat dirilis di pasaran nantinya. Sehingga, kamu bisa mendapatkan keuntungan tanpa perlu bersusah payah. 

2. Pastikan produk berkualitas 

Walaupun menjadi reseller hanya untuk memasarkan produk saja, tetapi kamu jangan lupa jika memastikan produk tersebut berkualitas dan layak jual pun sangat penting. Sebab, reseller berkaitan langsung dengan pelanggan, bila produk yang kamu jual tersebut berkualitas buruk, maka reputasi mu bisa menurun. 

Dengan kamu menjaga kualitas semua produk yang akan dijual, target pelanggan yang akan kamu bidik tentunya bisa terus bertahan. Sebab, menjadi seorang reseller kamu diwajibkan untuk konsisten dengan kualitas dari barang yang akan kamu jual, sehingga bisnis yang kamu jalani dapat terus berkembang. 

3. Pilih supplier resmi dan terpercaya 

Cara selanjutnya supaya dapat menjadi reseller sukses yaitu pastikan mengenai daftar supplier yang ingin kamu promosikan jualannya. Hal ini menjadikan seorang reseller wajib bisa memastikan jika supplier yang dipilihnya adalah pihak resmi dan terpercaya. 

Tidak lupa untuk pastikan pula bila supplier tersebut mempunyai track record yang bagus, bersih dan amanan. Karena bila supplier ini akurat, maka barang yang nantinya akan kamu jual juga dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Sehingga, kamu yang menjualkan barangnya pun tidak perlu ikut pusing bila terjadi masalah dengan barang yang dijual. 

4. Hitung biaya operasional 

Pastikan untuk terus menghitung biaya operasional seperti pengadaan stok barang yang jual dan lainnya. Jangan sampai, keluar biaya lainnya yang tidak bisa kamu penuhi sebab modal yang sangat terbatas. 

Walaupun memiliki modal lebih, dengan menghitung biaya operasional lebih dulu, maka hal ini bisa memudahkan untuk mengatur keuangan bisnis reseller yang sedang kamu jalani. Sehingga dapat lebih tahu, modal dikeluarkan untuk apa saja. 

Tidak hanya itu, pahami pula bila penghitungan biaya ini sangat penting, agar dapat lebih mudah untuk mengelompokan besar jumlah untung dan rugi dari semua pendapatan yang diperoleh. 

5. Perhatikan harga jual produk 

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat menjadi reseller yaitu kemampuan untuk memberikan harga jual barang dengan cermat. Umumnya, pemberian harga ini dapat dilakukan sesudah memperoleh kesepakatan jumlah komisi yang telah diberikan dari supplier. 

Menentukan harga jual ini sangat penting sebab bisa menjadikan produk jualan mu lebih kompetitif, pastikan pula untuk tidak menjual barang dengan harga yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah sebab dapat dianggap memiliki kualitas yang buruk. Sesuaikan dengan target pasar yang telah kamu tentukan sebelumnya, sebab harga dapat menjadi begitu relatif. 

6. Buat branding yang menarik 

Mengingat seorang reseller online ini tidak dapat lebih dari sosial media, maka wajib hukumnya untuk mempunyai strategi branding. Harus diketahui jika branding mempunyai arti yang penting sekali untuk dunia online shop. 

Sebab bisa menarik para pelanggan sesuai seperti target pasar yang sudah ditentukan walaupun produk yang akan dijual ini sudah dikelilingi dengan para kompetitor yang menjual barang sejenis. 

Demikianlah, sejumlah trik mudah untuk bisa menjadi reseller yang sukses. Kamu bisa menerapkan seluruh kiat-kiat di atas saat menjadi reseller. Dengan adanya ulasan di atas, semoga kamu menjadi terbantu, ya!  

 

You may also like