Home Bisnis Trik Mudah dalam Menjalani Bisnis Agen Travel 

Trik Mudah dalam Menjalani Bisnis Agen Travel 

by Mas Abadi

Bisnis travel khususnya wisata sangat menjanjikan sekarang ini. Semakin tinggi kesibukan seseorang, maka tujuan wisata bisa menjadi hal yang diperlukan guna menyegarkan lagi diri atau refreshing. Bahkan saat ini traveling telah menjadi gaya hidup beberapa kalangan millenial. 

Mungkin kita tidak akan mengira jika usaha agen travel ini adalah bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Dan memulainya juga hanya membutuhkan kemampuan hobi dan ketekunan yang sangat bagus serta cermat dalam melihat peluang. 

Untuk kamu yang berada di negara segudang tujuan wisata, tentunya usaha agen travel ini sangat menjanjikan. Untuk menyiapkan seluruh hal tersebut, kamu tidak perlu menyiapkan hal yang sifatnya administratif serta memerlukan keadaan finansial yang berlimpah. 

Kemauan dan juga didorong kemampuan yang dapat dipelajari adalah hal yang harus dilakukan lebih dulu. Di bawah ini sejumlah trik mudah untuk menjalani bisnis agen travel. 

1. Tentukan jenis bisnis travel yang ingin dijalani 

Sebelum kamu memulai usaha agen travel ini, kamu perlu memilih jenis travel yang ingin kamu jalani. Apakah tiket bus, tiket pesawat, maupun tiket kereta api, penyewaan mobil dengan supirnya, pemesanan villa, pengurusan paspor dan visa dan yang lainnya. 

Jika kamu telah menentukannya, maka kamu hanya perlu fokus dengan pilihan itu dan akan semakin mudah untuk belajar berbagai hal-hal yang dibutuhkan. 

2. Buat profil bisnis 

Sesudah kamu memilih jenis usaha agen travel yang ingin dijalani, kamu bisa membuat profil bisnis. Buatlah profil bisnis ini dengan baik dan benar sehingga dapat meyakini calon customer mu. Sebab kredibilitas bisnis mu sangat dipengaruhi dari profesionalisme dalam profil yang kamu buat. 

Buatlah profil bisnis mu beserta dengan keunggulan yang bisa kamu berikan. Jangan lupa untuk lengkapi profil bisnis mu menggunakan foto yang bagus maupun animasi yang menarik. Sebab profil ini menjadi alat jual mu untuk bisa menawarkan jasa. Semakin menarik profil bisnis mu, maka semakin besar juga kamu memperoleh peluang untuk mendapatkan customer. 

3. Buat paket wisata yang menarik minat 

Sesudah kamu menyusun apa saja hal yang diperlukan untuk memulai usaha ini, buatlah paket untuk dapat menjadi opsi calon customer. Bagaimanapun juga menyediakan banyak alternatif untuk customer akan menjadi lebih menarik untuk mereka. Sebab mereka akan mempunyai pilihan dan memiliki pertimbangan yang dapat diambil. 

Paket tersebut seperti jumlah hari, destinasi wisata yang akan dikunjungi, dan lainnya. Paket pun dapat berupa jumlah orang yang ingin berangkat, semakin banyak orang yang ikut, maka akan semakin murah. 

4. Siapkan strategi pemasaran 

Untuk bisa menjalani usaha agen travel ini, kamu harus mempunyai strategi untuk bisa menawarkan atau menjual paket wisata pada calon customer. Pertama yaitu buatlah kartu nama sebagai alat pemasaran mu. 

Strategi pemasaran selanjutnya adalah akun sosial media. Kamu bisa membuat akun ini untuk mempromosikan bisnismu. Sebagai pelengkap, kamu dapat membuat website atau blog supaya mempermudah calon customer menemukan dan tahu jasa dan paket yang kamu tawarkan lewat mesin pencari. 

5. Perluas kerjasama bisnis 

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu melakukan kerja sama dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan usaha travel mu, seperti jasa transportasi, pengelolaan rumah makan, tempat wisata, pemerintah daerah dan lainnya. Masih banyak rekanan yang perlu kamu ajak untuk kerjasama dengan metode komisi maupun kerjasama yang sama-sama menguntungkan bagi mu.

Peluang kerjasama yang satu ini bisa sangat membantu kamu untuk hal melakukan bisnis ini. Untuk usaha wisata, kamu pun dapat melakukan kerjasama dengan beberapa travel yang ada diluar kota, sebab peluang mereka untuk mencari rekan jika terdapat tujuan paket wisata di wilayahmu, mereka bisa bekerjasama dengan kamu. 

6. Berikan layanan terbaik 

Jika usaha telah dibuka, berikutnya kamu harus memberikan pelayanan terbaik untuk para customer mu. Dokumentasikan seluruh kegiatan dan mintalah testimoni dari customer untuk perjalanan yang kamu sediakan. Hal ini pun sangat efektif menjadi strategi pemasaran mu. 

Langsung selesaikan semua permasalahan yang dirasakan oleh customer mu adalah hal yang sangat penting. Sebab pelayanan ini bisa menjadi penentu sebuah kepuasan dari para customer mu. Maka nantinya mereka akan memberikanmu rating yang bagus dan bisa jadi mereka akan menggunakan jasa mu kembali. 

Nah, itu dia trik mudah dalam menjalani bisnis agen travel yang bisa kamu coba terapkan jika ingin membuat usaha agen travel. Yang paling penting dari usaha ini adalah konsisten dan terus pertahankan layanan terbaikmu. Jangan sampai membuat pelanggan kecewa karena pelayanan mu yang kurang bagus. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi atau ilmu baru untuk kamu yang ingin bergelut pada dunia travel. 

 

You may also like