Home Perencanaan Trik Mudah Atur Keuangan ala Raditya Dika

Trik Mudah Atur Keuangan ala Raditya Dika

by Mas Abadi

Berbicara masalah keuangan tak lepas dari yang namanya pendapatan dan pengeluaran. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, kebanyakan orang kesulitan mengontrol kondisi keuangannya. Jika tak bijak dalam mengatur keuangan, bisa-bisa kewalahan sendiri dengan kondisi keuangan yang tak terkontrol.

Trik keuangan ala Raditya Dika

Namun tenang, Raditya Dika yang dikenal melek masalah finansial ini membagikan tips penting buat mengatur keuanganmu.

1. Belilah barang sesuai dengan kebutuhan

Tips pertama yang diberikan oleh Raditya Dika adalah membeli barang yang memang dibutuhkan, hindarilah pembelian barang atau produk yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Seperti misalnya tas, smartphone, sepatu atau produk-produk lain yang bisa digunakan dalam jangka panjang.  

Kamu boleh membeli smartphone atau kebutuhan lainnya ketika memang handphone tersebut sudah tidak mampu mengikuti mobilitas kamu. Contohnya begini kamu sudah memakai ponsel dengan tipe Android terlalu lama sehingga sudah tidak mampu lagi ketika harus menginstal aplikasi versi terbaru.

2. Investasi

Berinvestasi juga menjadi salah satu tips yang diberikan oleh Raditya Dika kepada kaum milenial saat ini, di mana menurutnya ketika kamu dapat menginvestasikan penghasilanmu dengan baik tentunya kamu akan memiliki masa depan yang cerah.

Jadi setidaknya sisihkan lah penghasilanmu tiap bulan sebesar 10% dari total gaji dan pendapatan lain untuk berinvestasi. Tetapi jangan lupa juga mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai investasi yang cocok dengan karaktermu.

3. Pengeluaran tidak boleh lebih besar dari penghasilan

Berusahalah untuk tidak menggunakan uang melebihi penghasilanmu. Karena ketika kamu menggunakan gajimu berlebihan tentunya hal ini akan berdampak kepada kebutuhan sehari-hari. Karena itulah sekali lagi ditegaskan, bahwa membuat perencanaan sangatlah penting.

4. Tidak berhutang dan memberikan hutang ke orang lain

Belajarlah untuk menghindari hutang apapun jenisnya, contohnya seperti penggunaan kartu kredit atau pinjam dari orang lain untuk hal-hal yang berbau konsumtif. Selain itu ada baiknya pula jika kamu tidak memberikan hutang ke orang lain.

5. Ketika membayar belanjaan, selalu gunakan cash

Biasakan dirimu untuk selalu membawa uang cash dalam jumlah yang cukup sehingga ketika berbelanja tidak perlu menggunakan kartu kredit ataupun debit. Karena kebanyakan ketika orang membawa kartu debit ataupun kredit mereka cenderung berbelanja berlebihan yang menyebabkan pengeluarannya menjadi melebihi budget yang direncanakan.

6. Fokus pada penghasilan

Cobalah untuk memfokuskan diri kepada penghasilan kamu saat ini. Perlu kamu garis bawahi bahwa penghasilan di sini tidak hanya tentang gaji, namun pendapatan lain yang kamu peroleh dari pekerjaan tambahan misalnya berjualan online atau jasa dan lain-lain.

Apabila kamu memiliki suatu hobi misalnya seperti memasak maka kamu dapat mengembangkan hobimu tersebut untuk dijadikan sebuah ide bisnis sehingga kamu bisa memperoleh penghasilan tambahan.

7. Mempelajari instrumen investasi serta hubungannya dengan finansial

Masih ada hubungannya dengan poin nomor 2 mengenai investasi di mana ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk mempelajari apa sajakah yang bisa dijadikan investasi selain SBN, obligasi, emas hingga reksadana. 

Karena sebenarnya ada banyak cara untuk bisa berinvestasi dengan baik sebagai tabungan masa depan, contohnya seperti kamu membeli tanah yang sudah ada tanaman seperti jati atau kayu-kayu besar yang mempunyai nilai tinggi sehingga ketika tanaman atau pohon-pohon tersebut sudah cukup umur bisa kamu jual.

8. Jangan menjadi kalap saat penghasilan meningkat

Penghasilanmu boleh bertambah besar tetapi bukan berarti pengeluaranmu juga menjadi bertambah. Karena sebenarnya walaupun penghasilanmu menjadi besar, tidak harus kamu mengikuti trend yang ada sehingga membebani kesehatan finansial. 

Gunakanlah secara bijak pendapatan yang kamu peroleh tersebut, misalnya dengan menginvestasikan atau menambah target dari simpanan darurat atau tabungan pensiun kamu. Karena, selama kamu bisa menjaga mata serta konsisten untuk mencapai financial freedom.s

9. Harus memiliki budget

Selalu buatlah budgeting atau anggaran baik itu kebutuhan sehari-hari bulanan atau ketika kamu ingin mempunyai satu aset yang produktif. Rencanakan penggunaan anggarannya secara baik agar tidak melebihi dari budget yang telah ditetapkan, seandainya lebih pun pastikan bila hal tersebut tidak sampai membuatmu harus menggunakan anggaran dari pos keuangan lain.

10. Uang dipakai untuk mencari pengalaman 

Terakhir adalah lebih baik uang yang kamu miliki digunakan untuk menambah pengalaman dibandingkan membeli barang yang tidak dibutuhkan. Maksudnya menambah pengalaman itu bagaimana? 

Misalnya seperti melanjutkan kuliah mengambil kursus hingga travelling di mana saat kamu berada di kota atau negara yang dikunjungi tentu ada pengalaman tersendiri yang bisa di share. Selain itu, pengetahuan yang kamu dapatkan dari kuliah atau kursus juga dapat menjadi peluang tambahan penghasilan.

Nah, itulah tadi 10 tips dan trik keuangan ala Raditya Dika yang pernah dijelaskannya melalui kanal Youtube pribadinya. Kamu bisa menerapkan cara mengelola uang seperti yang dilakukan olehnya agar kesehatan finansialmu lebih baik.

You may also like