Home Karier Tips Untuk Jalankan Profesi Agen Properti

Tips Untuk Jalankan Profesi Agen Properti

by Mas Abadi

Keuntungan dalam dunia jual beli properti memang sangat menjanjikan. tetapi selain banyak keuntungan yang akan kamu terima banyak juga loh resiko kerugian yang  harus kamu hadapi. Misalnya, properti yang kamu miliki tidak strategis, mengalami masalah atau kekosongan dalam jangka waktu yang panjang. 

Nah, solusi untuk menghindari berbagai solusi itu adalah dengan menjalankan profesi sebagai agen properti terlebih dahulu. Sebelum itu, kamu harus tahu tips nya. Mari kita bahas.

Pelajari Dunia Properti

Tips yang pertama adalah mempelajari pengetahuan mengenai dunia properti. ini adalah tips yang wajib kamu lakukan karena kamu akan bergelut dengan dunia property.

Tidak mungkin kamu sebagai agen properti  tidak mengetahui tentang apa yang apa dan bagaimana mengenai profesi mu sendiri. Hal ini penting dilakukan karena klien menggunakan jasa kamu sebagai agen properti untuk banyak bertanya tentang dunia properti.  Nah, kamu wajib memiliki informasi yang luas mengenai jual-beli properti ini.

Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Dalam menjalankan profesi tentunya kamu harus mencari tahu dahulu tentang apa, bagaimana dan kenapa kamu menjalankan profesi tersebut. Begitu juga dengan profesimu sebagai agen properti. Dalam profesi ini kamu harus mengetahui dahulu bagaimana pasar sebelum kamu menawarkan properti. 

Jika sudah mengetahui kebutuhan pasar, kamu akan melakukan transaksi jual beli properti dengan benar. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, kamu juga akan lebih selektif dan hati-hati dalam menjalankan profesi sebagai agen properti. 

Selain itu, pastikan kamu tidak terburu-buru dalam mempromosikan properti. Karena biasanya bukan hanya faktor internal yang harus dipertimbangkan oleh klien, juga ada faktor eksternal seperti lingkungan, letak strategis, kemacetan dan lain sebagainya.

Membangun Relasi Yang Luas

Kamu harus membangun relasi dengan banyak orang, supaya jejaring untuk mendapatkan klien semakin banyak. Ini memudahkan kamu dalam menjalankan profesimu sebagai agen properti. Karena kamu akan berhubungan langsung dengan banyak orang yang membeli dan menjual properti pada kamu.

Selain itu, kamu akan mendapatkan peluang kerja sama yang banyak dan informasi seputar properti yang sangat luas. Jadi, mulailah untuk membangun relasi mulai dari orang-orang yang terdekat dulu.

Menghindari Sikap Sok tahu

Pasti banyak agen property yang masih baru dan tidak cukup berpengalaman dalam menjalankan bisnis ini. Atau pengetahuan kamu yang kurang dari informasi yang dibutuhkan klien.

Dengan keadaan seperti ini, kamu jangan pernah sok tahu atas sesuatu yang jelas-jelas tidak kamu ketahui. Hal ini akan menimbulkan kesalahan berupa ketidak validan informasi yang diterima oleh klien. Mereka tidak akan senang dengan sikap kamu yang sok tahu dan tidak akan percaya lagi.

Berlaku juga untuk kamu yang sudah memiliki cukup informasi, sebaiknya kamu mendengarkan dahulu penjelasan, maksud dan tujuan klien secara bersama.Jangan sampai memotong pembicaraan karena merasa tahu satu hal.

Menjadi Pendengar Yang baik

Jika kamu ingin menjadi agen property yang disenangi oleh klien, jadilah pendengar yang baik. Bahkan, bukan hanya di dunia pekerjaan. Menjadi pendengar yang baik akan selalu disenangi semua orang.

Karena dalam menjalankan agen properti kamu hanya harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh klien, bukan untuk menggiring opini terkait maksud dan tujuan yang diinginkan klien.

Selain itu, dengan kamu mendengarkan penjelasan yang dimaksudkan klien, kamu akan lebih paham dan mengerti dengan apa yang harus kamu informasikan mengenai jual beli properti.

Memiliki Sifat Yang Jujur

Sifat yang paling penting dimiliki seseorang adalah kejujuran. Dalam menjalankan bisnis apapun sifat jujur ini adalah hal yang paling utama dibutuhkan. Karena dengan kejujuran kamu akan mendapatkan rasa kepercayaan yang baik dari klien.

Kepercayaan klien ini akan memudahkan urusanmu dalam menjalankan properti sebagai agen yang baik. Selain itu, kamu akan memiliki reputasi yang baik di mata klien sehingga profesi mu berjalan lancar.

Jangan Memberikan Janji Palsu

Siapa sih yang suka dengan janji-janji palsu? Selain karena perbuatan yang buruk, tetapi janji palu akan membuat ekspektasi seseorang terhadap sesuatu akan berlebihan. Dalam dunia jual beli properti, apa yang dikatakan dan faktanya harus sesuai.

Misalnya, jangan sampai kamu kamu mendeskripsikan properti secara berlebihan dengan janji ini itu padahal sebenarnya tidak demikian. Kamu cukup berbicara jujur dan jelas dalam menjelaskan sesuatu.

Menjaga Hubungan Kamu Dengan klien

Agar kamu dapat menjadi agen properti yang harus dipilih oleh klien, kamu harus menjaga hubungan dengan mereka. Maksudnya jangan sampai kamu memutuskan kontak dengan para klien kamu setelah proses jual beli sebelumnya selesai. Hal ini akan membantu kamu untuk mudah dipercaya sebagai agen properti langganan mereka. 

Menggunakan Internet Untuk Promosi

Zaman sekarang internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Kita dapat saling terhubung untuk komunikasi, berkenalan dan menjalin relasi bahkan promosi. Nah, menggunakan internet adalah solusi tepat untuk kamu melakukan promosi properti. 

Media internet yang dapat kamu gunakan yaitu media sosial, website, marketplace, blog, form jual beli, youtube dan masih banyak lainnya. Cara kamu mempromosikan harus semenarik mungkin. Dengan mengunggah foto-foto properti dan keterangan secara rinci agar dapat dimengerti oleh orang-orang yang melihat. 

Semoga tips diatas dapat membantu kamu dalam menjalankan profesi sebagai agen property yang baik dan disenangi klien ya. Pastikan kamu melakukan tips dengan sukacita agar apa yang kamu jalankan saat ini berbuah baik.

You may also like