Home Tabungan Tips Supaya Dapat Menabung Secara Rutin di Rumah

Tips Supaya Dapat Menabung Secara Rutin di Rumah

by Mas Abadi
tips menabung di rumah

Mempersiapkan segala hal untuk masa depan merupakan hal yang harus dijadikan prioritas utama untuk siapa pun. Karena ketika usia Anda semakin bertambah, pasti produktivitas juga menurun serta mengalami kesulitan untuk bekerja.

Karena itu sebaiknya mulailah membiasakan diri untuk menabung sedini mungkin setiap hari. Bila hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, tentu akan memudahkan Anda menghadapi hari tua. 

Namun, tentu saja memulai kebiasaan untuk menabung akan cukup sulit bila Anda termasuk pribadi yang konsumtif dan belum bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan atau keinginan. Karenanya silahkan simak artikel ini hingga selesai supaya dapat Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan Motivasi Anda Untuk Menabung 

Memiliki sebuah motivasi dalam menabung merupakan hal yang wajib dan sudah pasti setiap orang mempunyai tujuan tersendiri, misal seperti untuk menikah, sekolah, naik haji, travelling dan masih banyak lagi.

Tetapi bila Anda malas untuk menabung, sudah bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan bisa mendapatkan apa yang menjadi cita-cita tersebut. Jadi, coba Anda pikirkan apa yang menjadi keinginan terbesar dan mengharuskan Anda untuk mengumpulkan uang.

Namun, ingatlah bila keinginan yang dimaksud ini bukan keinginan tanpa tujuan atau asal membeli saja. Tapi merupakan keinginan yang tentunya akan membuat mendapatkan keuntungan di masa depan.

Menahan Keinginan Berbelanja

Memang untuk menahan hasrat untuk berbelanja tidaklah mudah, apalagi bila Anda termasuk orang yang mempunyai sifat konsumtif. Belajarlah untuk menghilangkan keinginan untuk membeli hal-hal  tidak penting tersebut.

Karena biasanya orang-orang yang memiliki sifat konsumtif selalu membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan hasilnya tentu saja tidak akan terpakai. Jadi, lebih baik menabungkan uang tersebut untuk kebutuhan masa depan.

Jadikan Menabung Sebagai Prioritas

Buatlah menabung itu seperti Anda sedang mencicil hutang. Masukan ke dalam anggaran bulanan supaya Anda tidak lupa, dengan metode ini tentunya bisa membuatnya menjadi sebuah kebiasaan yang baik.

Selalu prioritaskan dana tabungan tersebut supaya di masa depan kehidupan Anda pastinya akan lebih nyaman dan tentunya ketika mengalami hal tidak terduga, Anda tidak perlu repot mencari bantuan dana atau sejenisnya.

Faktor yang Membuat Anda Harus Menabung 

Ada beberapa hal yang wajib Anda diperhatikan agar bisa menabung secara rutin. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Mengubah kebiasaan

Bila Anda mempunyai kebiasaan jajan makanan enak atau membeli barang-barang branded. Ada baiknya mulailah untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan tersebut dan alokasikan uangnya untuk di tabung.

2. Harus konsisten

Apabila Anda telah memutuskan untuk mulai menabung, maka Anda harus konsisten dan jangan beralasan untuk berhenti. Tidak masalah banyak atau sedikit, yang penting komitmen.

3. Menekan anggaran

Anda wajib membuat daftar kebutuhan bulanan secara terperinci, dimana daftar tersebut nantinya akan membantu Anda untuk mengelola keuangan serta mengetahui apa saja yang menjadi keperluan pasti.

4. Kenali kebiasaan diri

Bila Anda memiliki sifat konsumtif, dalam artian ingin membeli semua yang diinginkan padahal bukanlah sesuatu yang diperlukan. Sebaiknya mulai benahi sifat ini karena lebih banyak ruginya daripada menguntungkannya. Anda akan sulit menabung apabila tidak bisa menahan keinginan diri sendiri.

Tips Supaya Berhasil Menabung

Banyak orang yang selalu beralasan bila menabung itu sulit dan banyak kendala. Nah, berikut dibawah ini adalah tips jitu supaya Anda tidak lagi gagal menabung :

1. Ubah tabungan menjadi aset

Tentu Anda mempunyai keinginan atau impian memiliki benda atau properti dengan nilai jual yang tinggi. Karena itu begitu tabungan Anda cukup untuk membeli hal tersebut, jangan pernah di tunda-tunda.

Karena pastinya aset yang Anda beli tersebut akan menjadi tabungan di masa depan. Pilihlah benda, properti ataupun investasi yang memang menjanjikan dan memiliki nilai yang akan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

2. Gunakan sistem autopay

Sistem ini bisa dilakukan apabila Anda termasuk orang yang sulit sekali menyisihkan uang. Dengan mengaktifkan sistem autopay, maka nantinya penghasilan bulanan yang masuk ke rekening akan secara otomatis terpotong dan ditransferkan ke rekening simpanan lainnya secara otomatis dengan nominal yang telah ditentukan.

3. Setiap tabungan harus diberi nama

Berikan label pada simpanan yang Anda miliki, dengan begitu Anda akan kembali mengingat akan tujuan awal mengapa memutuskan membuat tabungan. Misalnya tabungan sekolah, dana pernikahan, membeli rumah dan sebagainya.

Dengan selalu melihat label dari masing-masing tabungan, akan membuat Anda kembali termotivasi dan terus berusaha untuk mewujudkannya. Hal terpenting tetaplah tekad yang kuat dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut.

Itulah tadi beberapa tips supaya Anda dapat menabung dengan sukses. Selalu ingatkan diri tentang tujuan dari tabungan tersebut dibuat. Karena selain untuk simpanan, memiliki tabungan juga akan sangat membantu Anda di masa depan.

You may also like