Home Tips Tips Sukses Promosi Di Instagram

Tips Sukses Promosi Di Instagram

by Mas Abadi

Sejak diluncurkan secara resmi pada 2012 lalu, instagram memang merebut banyak perhatian dan disukai oleh semua kalangan masyarakat. Bahkan sosial media ini dapat dijadikan sebagai alat promosi dan sudah terjamin bisa menjaring banyak konsumen.

Berikut dibawah ini adalah tips sukses bagi Anda yang ingin berpromosi melalui instagram.

Pahami dan kenali segmen pasar

Anda harus tahu akan menjual produk seperti apa dan kepada siapa. Karena ini adalah dua hal penting ketika akan menawarkan produk ke pasaran. Ini berlaku juga saat Anda berencana untuk mempromosikan melalui media sosial, termasuk Instagram.

Walaupun menurut riset, pengguna IG kebanyakan adalah wanita. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mempromosikan produk untuk laki-laki. Promosi dilakukan agar produk yang Anda jual dikenal oleh masyarakat luas, karenanya Anda harus dapat memahami dan mengenali segmen konsumen secara tepat.

Anda harus dapat mempelajari tentang segmen pasar sebaik mungkin terlebih dahulu. Karena hal ini nantinya bisa mempermudah Anda dalam menyesuaikan isi dari konten iklan yang akan dibuat dan dipost pada instagram. Gunakanlah kalimat yang tepat serta mudah dimengerti, namun tetap detail.

Gunakan endorsement

Bila Anda mempunyai anggaran yang lumayan besar, Anda dapat memanfaatkan cara yang satu ini untuk mempromosikan produk/ jasa. Karena banyak juga yang menggunakan jasa endorsment dari para artis atau selebgram guna memasarkan dan memperkenalkan produk mereka.

Mengapa? Karena cara ini akan dengan mudah menarik minat para calon konsumen. Sebab artis atau selebgram sudah pasti mempunyai banyak pengikut. Namun, untuk bisa menyewa jasa mereka biasanya ada patokan harga tersendiri dan persyaratan tertentu. Jadi, siapkan anggaran yang lebih untuk menyewa jasa endorsement ini.

Manfaatkan iklan berbayar

PP atau paid promote adalah promosi berbayar yang disediakan oleh pihak instagram bagi para penggunanya yang ingin mempromosikan produknya atau kampanyenya agar bisa dilihat banyak orang dari seluruh dunia.

Paid promote ini juga memiliki sistem yang hampir sama dengan endorsment, dimana nantinya akan memanfaatkan jasa dari selebgram atau pengguna lainnya yang sudah mempunyai followers/ pengikut dengan jumlah tertentu.

Awalnya bila Anda ingin menggunakan PP, syaratnya adalah jumlah pengikut harus mencapai 10.000 terlebih dahulu. Namun, saat ini bagi pemilik akun IG dengan followers ribuan juga sudah bisa memanfaatkan paid promote.

Anda bisa menjual produk/ jasa dengan memposting atau upload sebuah gambar yang berisi iklan dan menambahkan caption di kolom yang sudah disediakan. Promosi tersebut juga nantinya akan mempertimbangkan publik figure atau selebgram yang akan Anda gunakan.

Karena dalam memilih artis atau selebgram juga tidak bisa sembarangan. Tentu harus disesuaikan dengan target yang menjadi sasaran Anda. Misalnya, produk Anda diperuntukkan bagi anak muda dengan rentang usia 17-20 tahun, namun Anda menggunakan jasa seorang selebgram yang usianya jauh lebih muda atau tua, maka bisa dikatakan ini akan salah sasaran dan pastinya tidak sesuai.

Hastag

Ternyata penggunaan tanda # atau hastag juga bisa dimanfaatkan sebagai media berpromosi untuk bisnis Anda. Cara ini sangatlah mudah serta tidak memerlukan uang sepeser pun, jadi tidak perlu merasa bingung atau terbebani dengan masalah uang.

Anda hanya perlu memotret produk atau membuat gambar yang bagus sebagai media promosi, kemudian pada bagian caption Anda bisa menambahkan (#) yang sesuai dengan produk atau gambar yang sudah dibuat. Contohnya, apabila Anda menjual minuman kopi maka bisa menggunakan #kopikekinian atau #kopiantigalau dan lain sebagainya.

Tips penggunaan hastag ini hanyalah, Anda harus konsisten serta menjadwal setiap postingan. Anda bisa membuat feed, 3-5 kali sehari dengan catatan memberikan jeda setidaknya 2 jam. Mengapa harus ada jeda? Agar pihak instagram tidak menganggap Anda melakukan SPAM.

Giveaway

Cara ini juga dapat dilakukan dengan tujuan membuat serta mempertahankan para pelanggan supaya mereka tetap setia. Kegiatan giveayaw atau GA ini bisa diadakan sesuai dengan keinginan, misalnya dua minggu atau sebulan sekali. Anda bisa memberikan mereka pertanyaan, kemudian memilih beberapa orang pemenang. 

Kegiatan seperti ini banyak sekali disukai dan telah menjadi tren beberapa tahun belakangan. Peminatnya juga membludak, kebanyakan dari peyelenggara GA biasanya akan mengajak orang-orang untuk menjadi promotor. Dimana mereka nanti membayar sejumlah uang yang digunakan untuk membeli hadiah bagi pemenang.

Nah, Anda juga dapat melakukan hal tersebut. Ajaklah kolega atau rekan Anda untuk mengadakan GA dengan syarat tertentu bagi para peserta yang ikut. Tidak perlu sering-sering, Anda bisa menyesuaikan waktunya sendiri.

Promosikan usaha secara maksimal

Jadi, apabila Anda bingung bagaimana caranya untuk mempromosikan bisnis, mengapa tidak mencoba untuk memanfaatkan sosial media yang ada saat ini. Salah satunya yakni Instagram, apalagi banyak pilihan metode yang bisa Anda gunakan.

Untuk biaya juga terbilang murah, karena mulai dari 50 ribuan saja Anda sudah bisa memanfaatkan iklan berbayarnya dan pastinya dapat menjangkau banyak orang dengan lebih luas. Kemudian, hanya bermodalkan Anda rajin posting serta menjalankan poin-poin di atas. Tanpa perlu membayar iklan, pasti akan banyak konsumen yang datang.

Jadi, manfaatkanlah instagram Anda secara maksimal guna mempromosikan bisnis Anda. Optimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada, supaya dapat lebih banyak lagi keuntungan yang bisa diperoleh melalui sosial media ini.

You may also like