Home Tips Tips Renovasi Rumah Subsidi yang Hemat Budget

Tips Renovasi Rumah Subsidi yang Hemat Budget

by Mas Abadi
Renovasi Rumah Subsidi

Berbicara rumah tentang rumah subsidi, tentu harga yang ditawarkan lebih terjangkau. Namun bangunan rumah subsidi tidak seperti harapan anda seperti rumah non-subsidi yang kokoh dan bagus. Rumah subsidi lebih mengarah rumah murah yang minimalis dan dibuat dengan sistem borongan sehingga nantinya harga yang didapat tidak mahal sehingga bisa dimiliki oleh semua kalangan. Anda punya rumah subsidi? Ingin melakukan Renovasi Rumah Subsidi, namun terkendala budget yang minim? Jangan khawatir. Bisa kok melakukan renovasi rumah dengan budget yang minim. 

Artikel ini akan menyediakan tips bagaimana cara menghemat dan memaksimalkan budget minim yang anda punya. 

Berikut tips menghemat budget dalam merenovasi rumah.

  • Tujuan renovasi

Hal pertama yang perlu dipahami sebelum melakukan renovasi rumah adalah tujuan anda. Apa tujuan anda melakukan renovasi rumah. Supaya budget yang anda keluarkan sesuai seperti yang anda inginkan, anda harus memiliki tujuan yang jelas dan sesuai yang anda butuhkan. Seperti ingin merenovasi rumah dikarenakan rumah yang ditempati saat ini mengalami kerusakan karena faktor usia dan memang sudah saatnya direnovasi.

  • Desain

Berikutnya, anda perlu merancang desain renovasi agar renovasi rumah yang anda lakukan sesuai dengan yang anda inginkan. Anda dapat berkonsultasi dengan kontraktor atau tukang bangunan. Jika anda ingin meminimalkan budget, anda dapet mengkoordinasikan desain rancangan anda dengan tukang bangunan. Karena yang seperti kita ketahui bahwa jasa tukang lebih murah daripada jasa kontraktor.

  • Rancangan Anggaran Biaya (RAB)

selanjutnya, anda dapat merancang anggaran biaya atau yang biasa disebut dengan RAB agar renovasi anda sesuai dengan budget yang anda punya dan agar tidak adanya kebocoran-kebocoran biaya. Buat pos-pos pengeluaran dengan teliti dan cermat.

  • Biaya Renovasi

Setelah anda mendapatkan Rancangan Anggaran Biaya (RAB), anda dapat memikirkan sumber biayanya. Akan lebih jika sebelum anda melakukan renovasi, anda sudah menyisihkan uang dan menabung untuk biaya renovasi daripada meminjam uang di bank.

  • Survei

Tidak ada salahnya anda melakukan survei bahan bangunan yang akan anda pakai. Dari survei tersebut, anda dapat membandingkan satu sama lain. Perlu ditekankan survei disini tidak selalu soal harga. Anda perlu melihat mutu dan kualitas bahan-bahan yang akan anda pakai. Dengan melakukan survei di beberapa toko bangunan, anda akan mendapatkan bahan-bahan dengan kualitas dan mutu yang bagus serta harga yang tidak terlalu mahal pastinya.

  • Daur Ulang Bahan

Dalam merenovasi rumah, tidak semua harus menggunakan bahan-bahan yang baru. Terkadang dalam merenovasi, kita masih mendapatkan bahan-bahan bekas yang masih bagus dan layak pakai misalnya jendela, genteng, pintu, dll. Tidak ada salahnya , anda menggunakan bahan-bahan yang tidak terpakai tersebut. Anda dapat memperbarui barang-barang tersebut. Salah satunya dengan mengecat ulang supaya terlihat seperti baru kembali. Selain lebih menghemat budget , anda juga dapat menggunakan kreativitas anda.

Renovasi Rumah Subsidi

  • Anggaran Tukang

Saat anda memilih untuk menggunakan jasa tukang, anda harus cermat dalam melihat sistem pembayarannya. Karena jasa tukang sendiri memiliki 2 sistem : harian dan borongan dan jasa pembayaran tersebut berbeda. Dan jika anda ingin lebih menghemat budget, anda juga dapat turun tangan langsung mengerjakan renovasi rumah. Semisal anda membutuhkan 4 tukang, jika anda turun tangan langsung berarti anda hanya membutuhkan jasa 3 orang tukang. Lebih hemat bukan? Anda dapat melakukan pekerjaan semisal mengecat pintu, jendela, dan dinding.

  • Keamanan

Disaat anda melakukan renovasi, walaupun anda berharap keluarga anda selalu baik-baik saja dan tidak terjadi apa-apa, namun tidak ada salahnya anda juga memikirkan keselamatan dan meningkatkan  sistem keamanan anda dan keluarga anda seperti yang sebelumnya tidak ada cctv, anda dapat menambahkan sistem cctv dibeberapa sudut rumah. Tentunya anda dan keluarga anda akan aman bukan.

  • Pencahayaan alami

Setiap orang pasti ingin rumah yang cerah dengan banyak cahaya. Dan tentunya jika anda menggunakan lampu yang sangat banyak, itu kedepannya anda menguras keuangan anda  karena biaya listrik yang besar. Daripada anda memasang lampu yang banyak, anda bisa menggantinya dengan memanfaatkan cahaya matahari. Anda dapat menggunakan kaca panel dan cermin untuk memantulkan cahaya ke dalam ruangan.

  • Fokus

Jika anda tidak ingin mengalami pembengkakan biaya pada saat melakukan renovasi, anda harus fokus dalam melakukan renovasi rumah. Harus sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) yang anda bikin sebelumnya agar tidak adanya kebocoran anggaran. Karena dari beberapa pengalaman dalam hal merenovasi, para pemilik terkadang memiliki ide yang tidak terduga diluar anggaran serta desain dan memaksa untuk diwujudkan. Yang terjadi akhirnya adalah pembengkakan biaya yang tidak terduga.

Beberapa tips Renovasi Rumah Subsidi diatas, diharapkan dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin melakukan renovasi rumah dengan memaksimalkan budget yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

You may also like