Home Pinjaman Tips Pinjam Modal Usaha yang Tepat untuk Usaha Skala Rumahan

Tips Pinjam Modal Usaha yang Tepat untuk Usaha Skala Rumahan

by Greg Pascal
pinjam modal usaha

Tidak sedikit masyarakat yang kini menggeluti aktivitas bisnis rumahan. Saat ini pilihan pinjam modal usaha juga semakin mudah dengan banyaknya pilihan yang disediakan. Mulai dari dana bantuan pemerintah hingga mencari sumber dana pribadi. Apabila anda ingin memulai bisnis rumahan ada baiknya mengetahui cara mendapatkan sumber daya tersebut.

Pilihan Pinjaman Modal untuk Bisnis Rumahan

Bagi anda yang sedang bingung mencari modal usaha UKM tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa pilihan tepat yang bisa digunakan sebagai sumber dana cepat. Proses mendapatkan dana saat ini juga semakin mudah. Berikut ini adalah beberapa opsi yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan suntikan dana.

1. BRI BPUM

Apabila anda merupakan nasabah dari bank BRI tentunya bantuan ini bisa anda gunakan sebagai suntikan dana. BPUM dari bank BRI dapat menjadi salah satu opsi suntikan dana tanpa proses rumit. Semua nasabah juga berhak mengajukan dana bantuan ini.

Cara untuk mendapatkannya adalah dengan mendaftarkan diri pada website utama bank BRI. Pada halaman utama tersebut anda masuk ke pendaftaran pengajuan BPUM. setelah itu anda hanya perlu melengkapi formulir yang perlu disertakan pada proses pengajuan tersebut.

Anda juga perlu melampirkan beberapa dokumen seperti kartu identitas, pas foto, buku rekening koran, dan surat keterangan usaha dari desa. Dengan melampirkan dokumen tersebut anda bisa mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan langsung dari bank BRI.

2. Memanfaatkan Pinjaman Online

Berbagai pinjaman online telah tersedia di indonesia sebagai cara mendapatkan modal usaha. Proses pengajuan pinjaman online juga sangat mudah hanya berbekal ponsel pintar dan data diri saja. Tentu saja anda perlu memilih platform resmi yang terdaftar di OJK.

Secara umum proses pengajuan pinjaman online menggunakan aplikasi fintech tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan pas foto, foto diri bersama kartu identitas, dan sebuah rekening bank. Tiga hal tersebut sudah bisa anda gunakan untuk memperoleh dana secara cepat.

Namun sebelum melakukan pengajuan pinjaman pastikan berapa besar bunga pinjaman tersebut. Aplikasi yang telah terdaftar di OJK wajib mencantumkan fitur simulasi sehingga para kreditur mengetahui secara pasti berapa nominal yang harus mereka bayar.

3. Pengajuan Pinjaman Bank

Opsi ketiga ini bisa anda lakukan ketika usaha telah berjalan setidaknya 2 tahun. Ketika sebuah usaha ingin dikembangkan pastinya anda ingin mendapatkan suntikan modal. Dengan memanfaatkan pinjaman dari bank anda bisa meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar.

Syarat yang diperlukan untuk tembus pinjaman bank adalah memiliki track record yang baik dengan bank. Tanpa adanya histori yang baik dengan pihak bank maka anda tidak bisa mendapatkan pinjaman. Selain histori anda hanya perlu melengkapi persyaratan administrasi biasa.

Dari ketiga sumber modal tersebut anda pastinya bisa menyesuaikan mana yang pas digunakan untuk mengembangkan usaha. Setelah mengetahui sumber modal atau pinjaman tersebut anda tentu harus tetap teliti dalam mengkalkulasi besar biaya yang diperlukan. Jangan sampai anda meminjam lebih besar dari kemampuan anda.

pinjam modal usaha

Baca Artikel Selanjutnya :

Menilai Efisiensi Pinjaman Modal Terhadap Peningkatan Usaha

Untuk menilai seberapa efektif dana yang akan anda gunakan dari hasil pinjaman tersebut pelaku usaha perlu melakukan kalkulasi. Ada tiga hal yang perlu diperhitungkan ketika ingin mengawali atau bahkan memperlebar usaha. Marketing, developing, dan produksi adalah tiga aspek penting yang perlu dipertimbangkan.

Marketing meliputi aspek pemasaran yang anda lakukan. Apakah dari modal tambahan tersebut proses pemasaran bisa meningkat atau tidak. Sebaiknya sumber anggaran tersebut dimanfaatkan secara maksimal untuk bisa memperoleh pangsa pasar yang tepat dan berhasil meningkatkan prospek penjualan.

Anggaran marketing dapat ditingkatkan secara signifikan apabila pangsa pasar dari produk anda terlalu sempit. Dengan meningkatkan anggaran promosi maka akan lebih banyak calon konsumen dari produk usaha anda. Bahkan produk skala rumahan saat ini bisa menyebar di skala nasional dengan metode marketing yang tepat.

Developing adalah salah satu aspek yang paling banyak menyerap sumber daya modal. Apabila anda ingin meningkatkan mutu suatu produk maka proses ini memang harus menganggarkan biaya besar. Apabila ingin memaksimalkan efisiensi dana maka pengembangan produk harus dilakukan secara teliti.

Jangan sampai produk yang anda tingkatkan tersebut terlalu menyerap dana dan mempengaruhi harga produksi dan harga pasar. Ketika dua harga tersebut meningkat secara drastis maka pangsa pasar awal anda akan berubah. Oleh karena itu dalam proses manajemen biaya pengembangan lakukan secara teliti.

Anggaran produksi dapat digunakan jika produk lama anda memiliki pangsa pasar yang besar. Dengan permintaan pasar tinggi maka proses produksi harus ikut dinaikkan. Anggaran produksi tentunya juga ikut meningkat namun akan mudah dikembalikan jika ekspektasi pembelian berhasil terpenuhi pada proses penjualan produk.

Setelah anda memahami aspek tersebut maka efisiensi dana pinjam modal usaha dapat lebih dimaksimalkan. Jangan sampai modal pinjaman tersebut melenceng dari tujuan awal yaitu meningkatkan kesejahteraan anda. Apabila manajemen modal pinjaman dilakukan secara bijak maka kemajuan usaha bisa diperoleh secara mudah.

You may also like