Home keuangan Tips Menyiapkan dana Liburan Bersama Keluarga

Tips Menyiapkan dana Liburan Bersama Keluarga

by admin

Berlibur menjadi salah satu pilihan bagi seseorang ataupun keluarga di saat mereka membutuhkan waktu untuk refreshing dan sekedar menjauh dari kegiatan sehari-hari. Namun, tentunya ketika kamu sudah memiliki keluarga ada banyak hal yang perlu dipersiapkan salah satunya adalah dana liburan.

Sebab bagaimanapun disaat kamu telah memiliki keluarga dan ada anak di dalamnya. Tidak bisa serta merta berangkat begitu saja tanpa melakukan perencanaan. Karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tips menyiapkan dana liburan bersama keluarga.

Tips Bagi Kamu yang Ingin Berlibur Bersama Keluarga

  • Menentukan lokasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan kemana akan pergi berlibur dan akan berkunjung ke destinasi wisata mana saja di kawasan tersebut. Ini sangat diperlukan supaya kamu bisa mengetahui berapa besaran dana yang dibutuhkan.

Contohnya seperti mencari transportasi, menentukan tempat menginap dan lainnya. Sebab apabila kamu pergi begitu saja tanpa adanya perencanaan dan lainnya belum tentu dana yang dimiliki bisa mencukupi kebutuhan selama berlibur.

  • Menentukan transportasi

Penentuan penggunaan transportasi juga sangatlah penting apalagi ketika kamu sudah mempunyai anak. Mungkin tidak akan menjadi masalah ketika memiliki kendaraan pribadi dan lokasi yang dituju masih berada di provinsi atau pulau yang sama.

Namun, apabila harus keluar pulau atau bahkan luar negeri tentunya harus memikirkan dengan pasti mengenai budget pengeluaran untuk transportasi ini. Semakin banyak anggota keluarga yang pergi tentu uang yang diperlukan juga semakin besar.

  • Lokasi penginapan

Poin ketiga yang perlu kamu perhatikan adalah ketika memilih lokasi penginapan atau hotel di daerah yang menjadi tujuan wisata. Apabila kamu memiliki anak tentulah harus memilih penginapan yang memang ramah pada anak-anak.

Contohnya seperti terdapat area bermain baik outdoor maupun indoor, ada kolam renang, baiknya memilih yang tidak terlalu jauh dari lokasi wisata dan juga tidak perlu menempuh perjalanan jauh saat akan menuju tempat wisata.

Biasanya hotel guest house ataupun penginapan yang memiliki kualifikasi seperti ini memang harganya cukup tinggi, tetapi karena kamu saat ini sedang menyiapkan dana tidak ada salahnya untuk mementingkan kenyamanan serta keamanan.

  • Biaya makan

Kebanyakan ketika berlibur bersama keluarga dan mendatangi suatu destinasi wisata yang terkenal dengan kulinernya, tentu lebih memilih untuk menikmati makanan khas daerah tersebut dibandingkan masak.

Karena itu masukkanlah biaya makan ke dalam rencana anggaran berlibur kamu. Ini berarti kamu harus mencari tahu terlebih dahulu kira-kira berapa harga kuliner di lokasi tersebut.

Tetapi sebagai seorang wisatawan tentunya juga harus berhati-hati, bahwa tidak dapat dipungkiri kadang kala ada pedagang di tempat wisata yang mematok harga tinggi saat mengetahui bahwa kamu bukan berasal dari daerah tersebut.

  • Merencanakan aktivitas selama berlibur

Ketika seseorang pergi berlibur tentunya memiliki rencana-rencananya sendiri. Nah, kamu dan keluarga juga harus membuat rencana aktivitas selama berada di tempat berlibur. Kalian sudah harus tahu akan pergi ke mana, menggunakan transportasi apa dan kira-kira apakah akan menikmati kuliner khas daerah tersebut.

Dalam pembuatan rencana tentunya kamu harus tahu berapa lama berada di destinasi tersebut, sehingga bisa menentukan akan melakukan apa pada hari pertama kedua dan selanjutnya. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam hal budget dan juga melengkapi kebutuhan-kebutuhan selama berlibur lainnya.

  • Menentukan budget selama berlibur

Pada poin pertama dikatakan bahwa kamu harus menentukan ke mana tujuan berlibur, maka setelah mengetahui di mana destinasinya selanjutnya kamu perlu menentukan berapa besar budget yang dibutuhkan selama berada di tempat tersebut.

Jadi, kamu harus melakukan survei terlebih dahulu mengenai kawasan yang nantinya akan dikunjungi, harga penginapan, harga kuliner dan lain sebagainya. Budget ini ada baiknya dilebihkan sebab ada kalanya kita menemui kondisi-kondisi tertentu yang di luar rencana.

Bicarakan mengenai budget berlibur ini dengan keluargamu, kemudian tentukan bagaimana cara untuk mengumpulkan uang liburan ini. Jika kamu sudah memiliki buah hati dan sudah cukup besar, libatkan mereka dalam pengambilan keputusan.

  • Menabung dari jauh-jauh hari

Tips selanjutnya adalah dengan menabung sejak jauh hari. Karena pada dasarnya ekonomi masing-masing keluarga tidaklah selalu sama, ada yang tidak perlu melakukan perencanaan sudah bisa pergi ke destinasi yang diinginkan.

Namun, ada pula yang harus menabung terlebih dahulu sejak awal tahun supaya ketika akhir tahun mereka bisa pergi sekeluarga. Mungkin kamu merupakan salah satu yang harus menabung untuk bisa menikmati liburan di akhir tahun.

Menabung untuk liburan ini sendiri juga tentunya memberikan manfaat, karena kamu tidak perlu menggunakan uang dari pos keuangan lainnya ketika sedang menikmati liburan.

  • Memanfaatkan promo dan diskon

Terakhir adalah dengan memanfaatkan promo serta diskon yang biasanya diberikan oleh penyedia layanan, misalnya seperti hotel, tiket transportasi, kartu kredit, maskapai penerbangan hingga restoran.

Tentunya pemanfaatan promo serta diskon ini bertujuan supaya lebih menghemat biaya, walaupun sebelumnya kamu telah mempersiapkan dana yang sebenarnya cukup. Tetapi tidak ada salahnya jika memanfaatkan momen-momen seperti ini.

Nah, demikianlah tadi beberapa tips menyiapkan dana liburan bersama keluarga yang bisa kami berikan untuk kamu yang memang saat ini sedang memiliki rencana berlibur. Pastikan bila pembuatan rencana ini sudah dilakukan jauh-jauh hari supaya dana yang dimiliki bisa memenuhi segala kebutuhan kamu selama berada di tempat liburan.

You may also like