Home Bisnis Tips Menjalankan Usaha Jajanan Pasar

Tips Menjalankan Usaha Jajanan Pasar

by Mas Abadi

Siapa nih para penggemar jajanan pasar yang rasanya enak dan banyak sekali macamnya? Donat kentang, onde-onde, lemper, berbagai macam kue basah, getuk, risol dan masih banyak lainnya pasti bikin kamu makin laper. Jajanan pasar ini biasanya sering kamu temui di berbagai tempat.

Dengan melihat potensi penjualan jajanan pasar yang masih banyak digemari orang, kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai sumber penghasilan kamu loj. Jika kamu yang memiliki jiwa pengusaha, pasti akan memanfaatkan kesempatan  untuk menjalankan usaha jajanan bisnis ini. Nah, ini dia tips nya!

Cari Tahu Macam-macam Jajanan Pasar

Jajanan pasar merupakan makanan yang banyak sekali jenisnya, apalagi ukuran makanan ini yang cenderung kecil-kecil membuat dan unik menjadi daya tarik untuk kamu segera melihatnya. Menariknya, nama dari makanan ini cukup beragam, ada getuk, klepon, kue lapis, kue kukus, onde-onde dan masih banyak lainnya.

Jika kamu berniat menjalankan usaha jajanan pasar, pastikan kamu tahu jenis-jenis dari jajanan tersebut. Jangan sampai bila ada konsumen yang bertanya kamu malah tidak tahu apa-apa tentang dagangan mu sendiri. Ini  juga akan membantu kamu dalam proses berdagang. 

Menentukan Target Pemasaran

Setelah mengetahui macam-macam jajanan pasar, tips selanjutnya adalah menentukkan target pemasaran. Biasanya keinginan setiap konsumen akan berbeda-beda, maka kamu harus pintar menyesuaikan target pemasaran. Kamu bisa mereset terlebih dahulu dimana dan lingkungan seperti apa tempat kamu berjualan. 

Jika kamu berjualan di pasar yang kebanyakan ibu-ibu dan bapak-bapak kamu bisa menjajakan jajanan pasar kamu dengan cita rasa dan bentuk yang orisinil. Sedangkan, jika kamu berjualan di tempat yang biasanya dikunjungi anak muda seperti mall kamu bisa menjajakan jajanan pasar dengan bentuk yang lebih kreatif dan rasa yang menarik

Memodifikasi Jajanan Pasar

Jajanan pasar terkenal karena memiliki rasa yang enak karena masih tradisional. Berbeda dengan jajanan modern sekarang yang mendahulukan bentuk dan hiasan. Meskipun jajanan pasar yang saat ini adalah masih banyak penggemarnya, tidak salah juga kalau kamu mencoba untuk sedikit memodifikasi makanan tersebut. Karena zaman sekarang orang-orang lebih banyak tertarik pada keunikan dari makanan tersebut.

Kamu bisa kreasikan makanan seperti kue basah, donat, risol dan yang lainnya juga bukan hanya tampak luarnya saja, tapi kualitas rasa juga bisa kamu rubah lebih premium lagi asalkan tidak keluar dari rasa aslinya. Rasa yang berkualitas bisa kamu dapatkan dengan bahan-bahan yang berkualitas juga. 

Nah, jika produk makanan yang kamu jual punya kualitas yang premium kamu jadi bisa menaikkan harganya kan? Melihat juga dengan bahan yang pastinya akan sedikit lebih mahal. Tapi tetap perhatikan juga target pemasaran yang telah kamu tentukan ya.

Menyesuaikan Jumlah Menu dengan Keinginan Konsumen

Karena jajanan pasar kebanyakan adalah kue-kue basah yang tidak akan bertahan lebih dari dua hari, maka pastikan kamu tidak berlebihan dalam menjajakan makanan di tempat kamu berdagang. Tidak masalah jika kamu mengurangi jumlah beberapa menu yang mudah basi.

Kamu bisa perbanyak menu-menu yang laku dijual, dan mengurangi jumlah menu yang jarang dibeli pelanggan. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari kerugian bila banyak makanan basi yang menumpuk dan sudah tidak dapat terjual lagi.

Membuka Sistem Jualan Open Pre Order

Open PO atau singkatan dari open pre order adalah sistem belanja yang memesan terlebih dahulu. Biasanya pembeli akan memberikan terlebih dulu uang pesanan nya setelah itu produk akan menyusul setelah waktu yang sudah ditentukan.

Sistem jualan pre order ini sangat cocok untuk jenis usaha jajanan pasar. Karena makanan dari jajanan pasar tidak dapat bertahan berhari-hari kamu bisa pakai sistem jualan ini agar makanan bisa langsung sampai pada pelanggan.

Manfaatkan Internet Untuk Promosi

Meskipun jajanan pasar adalah makanan yang dapat dibilang tradisional, tetapi jangan khawatir kalau dagangan mu tidak laku. Mungkin saja banyak orang yang sekedar kangen bernostalgia dengan jajanan pasar atau memang menyukainya.

Nah, untuk mempertemukan jajanan pasar dengan para penggemarnya kamu bisa memanfaatkan internet untuk mempromosikan dagangan kamu. Jika kamu hanya berjualan di tempat kamu tidak akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. 

Membuat Pembukuan

Tips yang paling penting dalam menjalankan usaha apapun adalah membuat pembukuan. Karena mencatat hal-hal penting seperti pengeluaran, pemasukan, biaya yang tidak terduga akan membantu kamu untuk konsisten dalam menjalankan usaha.

Dengan memiliki catatan kamu bisa mengontrol bahan belanjaan dan target pemasukan harian  agar kamu disiplin dalam mengatur keuangan usahamu. 

Itu dia tips yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan usaha jajanan pasar. Gimana, mudah kan teman-teman? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang tertarik untuk menjadi pengusaha yang sukses!

You may also like