Home Bisnis Tips Menjalani Usaha Di Tengah Isu Resesi

Tips Menjalani Usaha Di Tengah Isu Resesi

by Mas Abadi

Resesi telah membawa banyak dampak dalam kehidupan perekonomian di Indonesia. Pada sektor industri mulai terlihat lesu di mana pada akhirnya memicu terjadinya PHK besar-besaran di kota-kota yang ada di seluruh Indonesia yang mana ini berarti peluang untuk memperoleh pekerjaan baru akan menjadi sulit untuk beberapa waktu.

Tidak cuma itu saja namun sebagian besar perusahaan dan juga pebisnis perlu melakukan pengelolaan keuangan dalam hal penekanan biaya produksi termasuk mengurangi gaji karyawan. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah untuk dilalui sebab kita sendiri tidak tahu secara pasti kapan resesi akan berakhir.

Apabila kamu termasuk dari mereka yang terdampak oleh resesi ekonomi, maka memilih untuk menjadi seorang wirausahawan adalah langkah yang tepat. Sebab bagaimanapun juga walau kondisi ekonomi tidak baik-baik saja, tetapi urusan perut tidak bisa di abaikan, kamu dan keluarga tetaplah harus mendapatkan penghasilan bulanan supaya bisa bertahan hidup.

Tips Menjalankan Usaha di Tengan Rumor Tentang Resesi

Untuk bisnisnya sendiri tidaklah harus berskala besar, karena kamu dapat memulai dengan usaha kecil lebih dulu yang kamu butuhkan selain modal adalah komitmen dan semangat yang tinggi agar usaha tersebut dapat berkembang dan menghasilkan. Berikut adalah tips menjalani usaha di tengah resesi :

  • Cari tahu apa minat kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka sebuah bisnis adalah mencari tahu apa yang menjadi minat kamu, sebab ketika kamu memilih untuk berbisnis dan memang sesuai dengan apa yang kamu minati. 

Sekalipun mengalami kendala tentunya kamu akan terus mencari tahu dan berusaha supaya bisnis tersebut nantinya dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Pastikan jika bisnis tersebut memang sesuai dengan passion kamu, agar nantinya kamu bisa lebih menikmati proses dalam mengembangkan bisnis tersebut. 

Bahkan juga akan lebih mudah bagi kamu untuk mengeluarkan ide-ide dengan inovasi terbaik. Contohnya seperti ketika kamu menyukai kuliner maka kamu bisa memulai untuk membuka usaha yang berkaitan dengan makanan ataupun minuman tersebut. 

Lakukanlah survei pasar dan juga target konsumen kira-kira apa yang saat ini sedang mereka minati. Cari tahu pula siapa saja yang menjadi pesaing bisnis kamu supaya nantinya kamu bisa mencari ide berbeda yang dapat menarik minat konsumen.

  • Harus mempunyai mental kuat

Sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan atau berkembang dengan cepat serta berbuah manis hanya dalam waktu singkat karena segala sesuatunya tentu membutuhkan proses yang panjang. 

Tidak hanya itu, apabila kamu ingin mencapai kesuksesan tentunya kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya guna dapat melewati masalah-masalah yang mungkin akan menimpa kamu.

Karena itu seorang pebisnis memang dituntut untuk memiliki mental yang kuat agar bisa melewati dan menghadapi segala tantangan dalam mengembangkan bisnis yang dia miliki. Jadi, jika kamu ingin mempunyai bisnis yang bisa berkembang, maka latihlah mental kamu untuk tidak mudah putus asa ataupun menyerah.

Sebab bagaimanapun juga apapun yang telah kita rencanakan semata mungkin, terkadang bisa saja mengalami kegagalan. Ketika hal tersebut terjadi maka yang harus kamu lakukan adalah mengevaluasi di mana kesalahannya kemudian memperbaikinya agar bisnis kamu bisa kembali bangkit.

  • Tidak perlu merasa malu

Apabila sebelumnya kamu merupakan seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan dan sukses di dalam karir, mungkin tidak akan terpikir di dalam benak kamu untuk membuat atau memulai usaha warung kelontong atau counter pulsa yang berawal hanya di teras rumah.

Padahal sebenarnya hal-hal seperti ini merupakan suatu yang wajar ketika seseorang ingin memulai usaha guna memenuhi kebutuhan ketika resesi datang. Kamu tidak perlu merasa malu karena pada dasarnya apa yang kamu lakukan tidak berlawanan dengan hukum.

Menikmati saja proses menjalani bisnis kecilmu senyaman mungkin dan tidak perlu merasa malu serta memikirkan pandangan orang lain akan usaha yang kamu miliki. Sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan dengan bisnis tersebut.

  • Jangan terlalu mencemaskan masalah modal

Dalam memutuskan untuk memiliki usaha memang modal merupakan komponen yang penting tetapi jangan kamu jadikan sebagai alasan untuk tidak memulai usaha. Apabila saat ini kamu belum mempunyai modal yang cukup, kamu bisa meminjam terlebih dahulu dari teman maupun kerabat.

Tetapi sebagian besar orang biasanya tidak nyaman apabila melakukan pinjaman dari orang terdekat. Maka pilihan terakhir adalah meminjam dari lembaga keuangan seperti bank ataupun non bank guna memperoleh pinjaman modal usaha. 

Terjun di dalam dunia usaha dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sekarang memang mulai merasakan adanya dampak dari resesi. Di mana ketika kamu memutuskan untuk memulai bisnis tentunya bisa memperoleh pendapatan walaupun pada awalnya jumlah tersebut tidak terlalu besar. 

Karena itu rencanakanlah dari sekarang bisnis seperti apa yang ingin kamu jalani supaya nantinya dapat memperoleh penghasilan di masa-masa resesi. Ingatlah untuk tetap memegang teguh komitmen kamu ketika memutuskan untuk memulai usaha tersebut.

You may also like