Home Tips Tips Mengurangi Efek Samping Vaksin Covid 19

Tips Mengurangi Efek Samping Vaksin Covid 19

by Mas Abadi
efek covid

Selama masa pandemi Covid 19 pemerintah Indonesia terus melakukan program vaksin untuk mencegah penyebaran virus yang semakin luas dan meningkatkan kasus harian. Hal ini sebagai bentuk komitmen untuk pemerintah dalam melindungi seluruh warga negaranya. Namun, adanya program vaksin tersebut, masyarakat mulai mengeluhkan efek samping vaksin.

Apalagi untuk Anda yang pertama kali suntik vaksin Pfizer atau moderna dosis 1 dan untuk Anda yang tinggal melakukan proses suntikan kedua. Melalui Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan ada beberapa ketentuan yang bisa Anda lakukan ketika mengalami beberapa gejala setelah habis vaksin. Dalam tahap ini, ada beberapa metode untuk meredakkan dari efek samping suntik vaksin covid 19 tersebut, simak penjelasan lengkapnya. 

Meredakan Efek Samping Vaksin 

Efek Vaksin Lokal

Apabila Anda mengalami efek vaksin lokal yang terjadi pada area lengan ketika vaksin mulai disuntikkan yang terjadi dan mengalami nyeri, kemerahan, pegal, dan bengkak, maka ada beberapa ketentuan yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya. Dalam tahap ini, prosesnya pun sangat mudah untuk dilakukan dan tidak ada pengaruh yang terjadi. 

Cara meredakan efek samping yang terjadi pada bagian lokal tersebut, aka prosesnya Anda tinggal menempelkan handuk basah dingin dan tempelkan pada area lengan yang disuntik. Hal ini bertujuan untuk mencegah rasa sakit dan mengalami pembengkakan. Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi efeknya adalah melakukan aktivitas dan olahraga ringan. 

Pada bagian tersebut secara perlahan akan membuat efek samping yang terjadi akan lebih ringan dan tidak mengalami masalah yang serius. Tidak ada salahnya Anda melakukan beberapa metode tersebut secara berulang sampai semuanya sudah membaik dan tidak ada permasalahan yang lanjutan ketika selesai suntik vaksin tersebut. 

Efek Vaksin Umum 

Ada beberapa dampak atau efek samping yang terjadi pada beberapa orang ketika melakukan vaksin covid 19. Beberapa gejala dari jenis vaksinnya pun hampir sama antara satu sama lainnya, sehingga bisa Anda lihat dampak yang terjadi. Pada tahap ini yang dimaksud dengan efek samping umum ada berbagai macam. 

Pada tahap ini ada yang mengalami sakit kepala, mudah mengalami kelelahan, nyeri pada otot, demam, mual, dan menggigil. Gejala ini banyak dirasakan oleh masyarakat, sehingga harus benar-benar dipahami secara menyeluruh. Jika Anda merasakan beberapa gejala yang ada, maka bisa dilakukan dengan meminum obat yang bisa dibeli di apotek tanpa resep. 

Semuanya Anda sesuaikan saja dengan beberapa keluhan yang terjadi, karena beberapa obat yang Anda beli tersebut ampuh dalam mengurangi dan menghilangkan berbagai permasalahan atau gejala yang muncul akibat vaksin covid 19 tersebut. Cara lainnya yang bisa Anda lakukan bisa dengan perbanyak konsumsi air minum untuk mencegah dehidrasi. 

Selain itu, tahapan selanjutnya untuk meredakan efek samping dari vaksin covid 19 bisa Anda lakukan dengan menggunakan pakaian yang tipis saja, fungsinya untuk mencegah suhu panas yang terperangkap dan membuat sirkulasi dalam tubuh Anda cepat normalnya. Hal ini sangat menarik untuk Anda lihat agar tidak mengalami masalah lanjutan. 

Pastikan Anda juga tidak minum obat sebelum melakukan vaksin dengan harapan untuk pencegahan, karena tindakan tersebut hanya akan menimbulkan permasalahan baru dan membuat efek samping vaksin akan muncul. Oleh karena itu, lebih baik sebelum vaksin lakukan istirahat yang cukup dan tidak konsumsi obat-obatan terlebih dahulu. 

Efek Samping Vaksin Moderna dan Pfizer 

Untuk efek samping yang terjadi dari proses setelah vaksin baik dosis 1 dan 2 hampir sama saja dan tidak ada perbedaan yang terlalu jauh. Karena dalam tahap ini, tergantung dari si penerima vaksin. Setiap orang mempunyai efek samping yang berbeda-beda, sehingga sisi vaksinnya pun tidak ada perbedaan yang jauh terkait efek samping yang muncul. 

Dalam tahap ini, biasanya efeknya terjadi nyeri kepala, mengalami kelelahan, demam, dan otot terasa nyeri. Semuanya hampir sama saja, terpenting Anda sudah memperhatikannya dan tidak kaget akibat dari efek samping vaksin tersebut. 

Kapan Harus Periksa ke Dokter? 

Apabila terjadi permasalahan yang berlebihan dan tidak normal yang Anda alami, maka bisa langsung mengunjungi pusat kesehatan dan hubungi dokter. Ada beberapa tanda-tanda yang memburuk, apabila kemerahan pada bagian suntik semakin memburuk dan tidak hilang selama kurun lebih dari 24 jam. 

Selanjutnya, apabila efek sampingnya terus dirasakan dan berlangsung kurun waktu yang lama, maka bisa langsung untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter atau berkunjung ke pusat kesehatan. Hal ini untuk meredakan dampak yang terjadi dan membuat tubuh Anda akan kembali normal setelah melakukan suntik vaksin. 

 

Itulah beberapa efek samping dari melakukan suntik vaksin covid 19, baik itu moderna dan pfizer. Apabila hanya merasakan gejala lokal dan umum saja, maka tidak perlu ke dokter. Namun jika gejala serius, tidak ada salahnya berkunjung ke dokter. 

 

You may also like