Home Tips Tips Menabung dengan Mudah untuk Anda yang Suka Boros

Tips Menabung dengan Mudah untuk Anda yang Suka Boros

by Greg Pascal
tips menabung

Menabung merupakan salah satu perilaku bijak yang harus dilakukan. Pasalnya, dengan menabung Anda bisa menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disimpan. Tips menabung disini sangat dibutuhkan agar Anda dapat memahami dengan benar cara menabung yang baik dan mudah. 

Menabung menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mengelola keuangan dalam mencapai keinginan Anda tanpa harus memikirkan uang dari mana atau bahkan berhutang ke teman atau orang lain. Berikut adalah penjelasan mengenai tips menabung dan berhemat.

Tips Berhemat untuk Hidup yang Lebih Sejahtera

1. Menyusun Anggaran yang Akan Digunakan

Menyusun anggaran pengeluaran yang akan digunakan menjadi satu hal yang penting jika Anda ingin berhemat. Ketika sudah menyusun anggaran dengan baik, sebaiknya menyusun anggaran yang masuk akal tidak memasukkan sejumlah penghematan yang mustahil untuk dilakukan. 

2. Berhemat secara Perlahan

Jika Anda baru melakukan penghematan, sebaiknya lakukan penghematan yang wajar dan tidak ekstrim dalam keuangan. Hal ini akan menyebabkan Anda sulit dalam melakukan penghematan. Lebih baik berhemat secara perlahan dan juga terencana.

3. Menjadikan Rutinitas

Menjadikan berhemat sebagai rutinitas yang dilakukan setiap hari. Caranya yaitu dengan memperhatikan setiap pengeluaran yang dilakukan pada keuangan yang Anda miliki.  Ada baiknya jika setiap akhir pekan dilakukan perhitungan dan pengawasan pengeluaran yang telah dilakukan. 

4. Membuat Kebiasaan Baru dengan yang Murah

Ketika bermain atau membeli sesuatu sebaiknya memilih barang atau makanan yang memiliki harga yang lebih murah. Anda juga bisa membawa bekal dan minuman sendiri dari rumah untuk dibawa ke kantor. Dengan hal tersebut, Anda bisa melakukan penghematan dari hal yang kecil dan bisa menjadi kebiasaan baru.

5. Membuat Pengingat

Dengan membuat pengingat, dapat memudahkan Anda untuk mengontrol dalam melakukan pengeluaran. Ada beberapa orang yang membuat tanda pada kartu kredit dan buku catatan untuk mengingatkan mereka mengenai hal yang penting untuk dilakukan.

Ketika Anda sudah melakukan penghematan, sebaiknya Anda melakukan menabung setiap hari, minggu ataupun bulannya. Adapun beberapa tujuan dari menabung yang perlu Anda ketahui.

  1. Menghemat pengeluaran Anda agar hidup tidak boros.
  2. Mengelola keuangan dengan baik.
  3. Merencanakan untuk masa depan.
  4. Memperlancar adanya pembangunan.

tips menabung

Baca Artikel Selanjutnya :

Langkah Mudah dalam Menabung agar Mencapai target

1. Membuat Rencana Menabung secara Rinci

Ketika Anda memulai menabung, tahap awal yang harus dilakukan yaitu merencanakan tabungan terlebih dahulu. Setelah Anda menyusun rencana tabungan, hal ini memudahkan Anda untuk mencapai target tabungan yang ingin dicapai.

2. Mengetahui Total Penghasilan dan Pengeluaran Anda

Mengetahui total penghasilan dan pengeluaran adalah salah satu langkah yang sebaiknya dilakukan sebelum menabung. Ketika Anda mengetahui penghasilan dan pengeluaran setiap bulannya, hal ini sangat memudahkan Anda untuk menyisihkan uang yang digunakan untuk menabung.

3. Membuat Dua Rekening yang Berbeda

Memiliki dua rekening dapat membantu Anda dalam melihat berapa banyak uang yang bisa Anda gunakan setiap bulannya. Selain itu, dengan adanya dua rekening yang berbeda dapat membedakan rekening yang digunakan untuk gaji dan keperluan tiap bulannya serta rekening khusus untuk tabungan.

4. Menentukan Tujuan Menabung

Menabung haruslah memiliki tujuan yang jelas. Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas dalam menabung, Anda akan lebih mudah dan konsisten dalam menabung karena ada tujuan yang akan dicapai. Tujuan yang sudah ada sebaiknya pegang dan genggam erat agar dorongan untuk menabung menjadi semakin kuat.

5. Membuat Anggaran

Kapasitas yang digunakan ketika Anda menabung dapat ditentukan oleh 2 hal yaitu besar penghasilan dan pengeluaran. Kedua hal ini dapat dijadikan untuk pengontrol dalam pengeluaran rutin dan memudahkan Anda dalam menabung, sehingga diperlukan anggaran bulanan.

6. Menghindari Pengeluaran yang Kurang Penting

Dengan adanya anggaran bulanan, dapat dijadikan sebagai road map dalam mengelola keuangan Anda setiap bulannya. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengikutinya dan menahan godaan dalam membeli barang-barang yang tidak diperlukan akan semakin berkurang.

Setelah memahami tips berhemat dan cara mudah dalam menabung, sebaiknya Anda mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan dalam menabung. Berikut adalah manfaat dari menabung.

  1. Menabung dapat mengajarkan hidup menjadi lebih hemat dan tidak berlebihan dalam mengeluarkan uang untuk hal yang tidak dibutuhkan.
  2. Menjadikan Anda untuk hidup dengan cara yang sederhana tanpa mubazirkan uang untuk hal yang tidak penting.
  3. Menabung juga membuat Anda memiliki cadangan uang jika tiba-tiba terjadi suatu keadaan yang mendesak dan mendadak.
  4. Menabung dapat dijadikan investasi jangka panjang yang dapat bermanfaat untuk masa depan Anda.
  5. Ketika Anda menabung, Anda bisa menggunakan uang tabungan tersebut untuk membeli barang ataupun sesuatu yang Anda inginkan tanpa harus memikirkan uangnya dari mana atau bahkan meminjam uang kepada teman.

Nah itulah, beberapa penjelasan mengenai tips menabung, tips berhemat dan cara menabung yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda lebih bersemangat untuk menabung. Semoga bermanfaat.

You may also like