Home Tabungan Tips Menabung Dengan Cepat Untuk Menikah

Tips Menabung Dengan Cepat Untuk Menikah

by Mas Abadi
menabung untuk menikah

Menikah adalah salah satu harapan dari semua orang. Tentu saja akan sangat membahagiakan apabila kita bisa menikah dengan orang yang kita cintai terlebih lagi apabila momen pernikahan itu bisa kita laksanakan dengan penuh sukacita dan dirayakan secara meriah. Impian itu sangat mungkin untuk bisa direalisasikan hanya saja momok biaya selalu saja menyertai mimpi indah itu. 

Tak bisa dipungkiri, untuk menyelenggarakan pernikahan beserta pesta resepsi memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Banyak orang yang menunda mimpi mereka untuk menikah bahkan tidak sedikit juga yang berakhir gagal hanya karena belum atau tidak mampu menyediakan jumlah dana tersebut.

Sebetulnya hal itu bisa kita lewati apabila kita bisa berkomitmen untuk menabung. Terlebih lagi bila itu juga didukung oleh pasangan kita dan juga oleh keluarga. menabung untuk menikah jauh lebih baik dan menguntungkan dibandingkan kita harus berhutang untuk menikah. Lalu bagaimana cara yang tepat menabung untuk menikah? Mari kita simak tips menabung untuk mempersiapkan pernikahan.

Tips Menabung Untuk Menikah

  • Komitmen

Sebelum memulai menabung, hal yang paling pertama harus kita lakukan adalah berkomitmen untuk mempersiapkan pernikahan. Ajak pasanganmu untuk berkomitmen dan saling mendukung dalam mempersiapkan dana untuk menikah. Seberat apapun proses yang harus dilalui, apabila kita didukung oleh orang yang kita cintai, hal itu akan terasa jadi lebih ringan. Apalagi bila proses penyiapan dana pernikahan ini bisa dilakukan berdua. Dengan menabung bersama pasti target keuangan yang akan dicapai pasti jadi lebih mudah. Tapi jangan lupa, pastikan keduanya bisa benar-benar berkomitmen untuk mencapai targetnya.  

  • Rencanakan anggaran

Setelah berkomitmen, mulailah untuk merencanakan anggaran yang menjadi target. Carilah semua info yang dibutuhkan sebagai acuan untuk menentukan jumlah setiap pos agar target anggaran yang kita jadikan target menjadi masuk akal dan sesuai dengan kebutuhan ketika kita melaksanakan pernikahan. Tentukan juga konsep pesta yang akan kita laksanakan untuk memperkirakan jumlah kebutuhan mulai dari undangan, lokasi pelaksanaan, hingga catering dan juga tim pelaksana. Dengan menentukan konsep dan juga anggaran, kita bisa lebih fokus dalam menabung dan mengeliminasi pos-pos yang tidak diperlukan kedepannya.

  • Hindari hutang

Hindarilah berhutang untuk membiayai pesta pernikahan. Kenapa demikian? Hutang akan membebani finansialmu kelak setelah menikah. Karena harus membayar hutang, target yang kita ingin kejar setelah menikah terpaksa harus ditunda hanya untuk menyelesaikan hutang. Lebih baik kita menyiapkan dana sejak awal dengan cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan. Kita tidak perlu harus menyelenggarakan pesta pernikahan yang mewah, resepsi sederhana pun sebenarnya sudah cukup untuk momen indahmu. Bahkan apabila dana yang kita miliki sangat terbatas, kita tidak harus menyelenggarakan pesta, makan bersama keluarga inti pun cukup untuk merayakan momen sakral pernikahan yang akan kita lakukan.  

  • Fokus menabung

Setelah berkomitmen dan menentukan anggaran, fokuslah untuk menabung agar bisa mencapai target tepat waktu. Kita bisa saling mengingatkan dan juga mendukung untuk tetap bertahan dan fokus dalam menabung demi target menikah dengan pujaan hati. Kita bisa menyepakati besaran angka yang harus ditabung secara rutin demi mencapai target yang sudah ditentukan.  

  • Berhemat

Karena kita punya target untuk menabung, kita harus berhemat. Mulai kurangi kebiasaan konsumtif yang dilakukan berdua agar bisa fokus untuk menabung. Kebiasaan jajan dan makan ketika berkencan bisa kita kurangi bahkan bila perlu bisa disepakati untuk dihilangkan demi mengejar target tabungan menikah. Dengan komitmen bersama kita bisa sama-sama berhemat dan juga saling mendukung agar sama-sama bisa menahan diri dan mengatur finansialnya dengan baik untuk lebih fokus dalam menabung. Kurangilah pos-pos pengeluaran yang tidak perlu terutama budget pacaran dan alokasikan itu untuk ditabung. 

  • Berinvestasilah

Untuk mendukung tabungan yang kita targetkan, kita bisa berinvestasi untuk menambah nilai nominal dari tabungan tersebut. Pilih investasi dengan keuntungan terbaik untuk mendukung tabungan yang kita miliki. Pastikan juga investasi tersebut disetujui oleh pasangan karena komitmen yang sudah disepakati berdua sehingga resiko dan juga keuntungan pun ditanggung dan dinikmati bersama demi mencapai tujuan utamanya yaitu menikah.

  • Penghasilan tambahan

Salah satu solusi untuk menambah jumlah tabungan dan juga suntikan dana untuk anggaran bulanan adalah dengan penghasilan tambahan. Kita bisa mencari penghasilan tambahan yang sesuai dengan skill maupun hobi yang kita miliki. Terlebih lagi bila penghasilan tambahan tersebut didukung oleh pasangan bahkan bisa dilakukan berdua. Kita tidak harus mengambil pekerjaan berat hanya untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Memaksimalkan skill yang dimiliki atau memulai untuk menjual pernak-pernik yang sesuai dengan hobi dan juga komunitas tentu saja jauh lebih menyenangkan untuk dijalani.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menabung demi mempersiapkan biaya pernikahan. Dengan mempersiapkan semua lebih awal, kita bisa lebih fokus dalam mencapai target dan juga menghindari hutang hanya untuk menggelar pesta pernikahan. Dengan komitmen bersama, target yang kita tentukan pasti akan jadi lebih ringan karena saling mendukung untuk tetap fokus dan disiplin dalam menabung. 

You may also like