Home Perencanaan Tips Menabung Bagi Kamu yang Hobi Travelling 

Tips Menabung Bagi Kamu yang Hobi Travelling 

by Mas Abadi

Siapa sih yang tidak suka travelling? Aktivitas dimana kamu bisa jalan-jalan, mengunjungi berbagai tempat wisata baru yang indah dan menarik, berlibur menikmati pemandangan alam gunung, laut, hutan, menjelajah desa, dan menikmati berbagai wahana lain di destinasi wisata. 

Travelling atau kerap dikenal dengan istilah jalan-jalan bisa kamu lakukan di destinasi yang ada di Indonesia atau di luar negeri. Impian banyak orang yang bebas memiliki waktu dan keuangan yang cukup untuk traveling menjadi masa yang paling di idam-idamkan. 

Terkadang waktu yang tidak tepat kerap kali menimpa, istilahnya seperti “ada uang tidak ada waktu, ada waktu tapi tidak ada uang”. Sehingga, hal tersebut kerap juga menimbulkan kekesalan karena planning liburan kamu pasti terasa terganggu.

Travelling atau liburan bukan hanya bermanfaat bagi kesenangan yang didapat saja, melainkan kamu bisa memetik banyak manfaat dari sebuah perjalanan. Selain menambah pengalaman, kamu juga bisa mendapat ilmu pengetahuan baru, teman baru, ajang atau kesempatan untuk meredakan stress.

Cara belajar untuk keluar dari zona nyaman, memberikan pandangan atau perspektif baru, bentuk refleksi diri, dan lain sebagainya. Jadi, traveling jangan dianggap sebagai ajang bukan pemborosan saja kamu juga bisa mengambil banyak manfaat dari sebuah perjalanan. 

Hilang Khawatir untuk Tetap Enjoy Travelling

Bagi kamu yang hobi travelling pastinya akan tahu tujuan apa yang ingin dicapai ketika melakukan suatu perjalanan, dan yang pasti ingin tetap merasa enjoy tanpa terbebani rasa kekhawatiran terutama soal finansial.

Menyenggol soal finansial atau dana untuk traveling, memang erat kaitannya dan cukup sensitive juga bahasanya. Namun, jangan khawatir semua kalangan berhak memilih hobi khususnya traveling. Biaya yang akan kamu keluarkan untuk pergi liburan ini pastinya tidak sedikit. 

Bayangan kamu untuk bisa mendapatkan kepuasan yang maksimal tentunya sejalan lurus dengan budget yang akan kamu keluarkan. Untuk mempermudah hal tersebut dalam artikel ini akan membantu kamu mendapatkan tis menabung untuk kamu yang punya hobi traveling.

  • Cari Tahu Informasi Destinasi Tujuan

Sebelum melakukan travelling, kamu bisa mencari tahu seputar informasi destinasi yang akan kamu kunjungi. Dari sana kamu akan mendapatkan info dan gambaran keperluan apa saja yang kamu butuhkan selama perjalanan liburan. 

Contohnya tentang transportasi, akomodasi atau tempat penginapan, makanan, toko oleh-oleh atau souvenir lokal, dan wahana atau atraksi yang ditawarkan di destinasi apabila ada tambahan harga di luar tiket masuk. Dengan begitu kamu cukup dimudahkan dalam mempersiapkan budget.

  • Sisihkan 10% Dari Pendapatan 

Tips berikutnya, untuk dapat konsisten menyisihkan dana untuk liburan atau travelling.kamu memerlukan perhitungan plotting kebutuhan untuk dapat mempermudah kamu mengontrol pengeluaran dan budgeting pada kebutuhan lainnya. 

Untuk dana travelling, kamu bisa menyisihkannya sebanyak 10% dari pendapatan kamu setiap bulannya. Contohnya jika pendapatan kamu Rp. 5.000.000,- x 10% yaitu Rp. 500.000,-/bulan. Selanjutnya, tinggal tentukan timeline liburan kamu. Meskipun terkesan lama dan tidak banyak, dengan cara itu kamu dapat mencicil kebutuhan atau dana untuk liburan.  

  • Perhatikan Asuransi Kesehatan Dan Perjalanan 

Jangan sekali-kali meremehkan tentang asuransi. Meskipun dianggap ribet dan tidak terlalu penting atau dibutuhkan saat itu juga, asuransi menjadi investasi kesehatan dan keselamatan kamu dalam jangka panjang. Adanya perlindungan asuransi membantu kamu untuk merasa aman dan nyaman selama perjalanan. 

Oleh karena itu, budget tabungan untuk keperluan travelling kamu perlu perhatikan hadirnya peran asuransi sebagai bentuk antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan adanya asuransi ini juga, kamu dapat menghemat biaya kesehatan dan keselamatan jika terjadi suatu insiden yang bisa merampok keuangan kamu.

  • Belanja Perlengkapan Saat Diskon 

Belanja perlengkapan atau kebutuhan saat promo diskon membantu kamu dalam menghemat biaya pengeluaran biasanya saat harga normal. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membeli barang-barang yang dianggap penting dan menjadi kebutuhan saja. 

Akan menjadi percuma juga apabila kamu tidak bisa mengontrol nafsu belanja kamu. Masa promosi yang ditawarkan oleh pihak penyedia bisa kamu terapkan juga saat membeli tiket transportasi, hotel, destinasi, dan atraksi wisata lainnya. Terlebih saat ini media online cukup memanjakan kamu dengan kemudahan dan penawaran-penawaran menarik lainnya.

Telah diketahui oleh khalayak banyak melalui berbagai media pemberitaan bahwa Tahun 2023 terdapat banyak tanggal merah dan cuti bersama nya loh! Sudahkah kamu membuat list destinasi tujuan wisata mana yang akan kamu kunjungi di tanggal-tanggal tersebut? 

Untuk memudahkan kamu merealisasikan wish list and recommendation destination for travelling informasi diatas dapat membantu kamu untuk menyiapkan budget untuk berlibur dengan tips menabung mudah bagi kamu yang hobi travelling. Tunggu apalagi, manfaatkan kesempatan dan peluang untuk mendapatkan dananya!  

You may also like