Home Karier Tips Membuat CV Menarik Bagi Kamu yang Ingin Kerja di Perusahaan Besar

Tips Membuat CV Menarik Bagi Kamu yang Ingin Kerja di Perusahaan Besar

by Mas Abadi

CV merupakan salah satu syarat ketika kamu ingin melamar pekerjaan pada suatu perusahaan. CV ini berisi mengenai profil serta pengalaman kerja mu. Melalui CV ini lah HRD akan menyeleksi dan mengetahui kompetensi para pelamar. Kemudian CV juga berfungsi sebagai referensi perusahaan ketika akan mewawancarai kamu. 

Untuk itu, banyak para pelamar yang membuat CV nya semenarik mungkin agar dapat dilirik oleh HRD. Semakin menarik CV yang kamu buat maka semakin besar juga peluang CV mu dilirik oleh HRD dan semakin besar juga peluang kamu untuk dapat masuk ke perusahaan impian mu. 

Tips Membuat CV Menarik Bagi Kamu yang Ingin Kerja di Perusahaan Besar

Pahami Dengan  Baik Isi CV yang Akan Kamu Buat

Bagi kamu yang akan membuat CV untuk pertama kalinya, terlebih dahulu kamu harus memahami isi dari CV yang akan kamu buat. Kamu harus mengetahui apa saja yang wajib dicantumkan dalam membuat CV yang baik. Kemudian CV yang kamu buat harus memiliki format yang jelas, berurut, dan sesuai syarat yang berlaku.  

Buat CV yang Singkat Padat dan Jelas

CV yang bagus adalah CV yang tidak membingungkan pihak recruiter, yang tentunya singkat padat dan jelas. CV yang kamu buat harus seringkas mungkin dan usahakan jangan sampai lebih dari dua halaman agar pihak HRD dapat membaca informasi mu dengan cepat dan tidak bertele-tele. 

Masukkan data data pribadi mu secara singkat dan jelas pada setiap kolomnya. Kemudian ketika akan memasukkan mengenai deskripsi dirimu, usahakan tonjolkan kelebihan kelebihan yang kamu miliki agar CV yang kamu buat tidak terlalu panjang. 

Buat Design Sederhana dan Menarik

Salah satu cara untuk menarik perhatian HRD adalah membuat CV mu dengan desain semenarik mungkin, tetapi didalamnya tetap memuat semua informasi penting yang dibutuhkan.  Perhatikan juga jenis font yang akan kamu gunakan, usahakan jangan menggunakan font yang terlalu umum seperti Times New Roman ataupun Calibri. 

Hindari juga menggunakan font yang sulit dibaca dan Gunakan font berukuran 10 – 12  agar HRD mudah untuk membacanya. Usahakan memilih  font yang lebih modern dan coba lihat terlebih dahulu dengan cara print di kertas sebelum mengirimnya. 

Untuk membuat design yang mudah dan menarik kamu dapat memanfaatkan aplikasi online dalam membuat CV mu. Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Canva. Canva dapat menjadi andalan bagi orang awam bahkan semua orang yang tidak memiliki ilmu design.

Cantumkan Pengalaman Kerja yang Detail dan Relevan

Cara selanjutnya untuk membuat CV mu agar lebih menarik adalah dengan mencantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar. Pastikan pengalaman yang kamu miliki tersebut memiliki relevansi yang besar terhadap posisi yang kamu inginkan. Dengan mencantumkan pengalaman yang relevan tersebut akan menambah nilai plus dari HRD. 

Selain relevan, pengalaman kerja yang kamu cantukman harus dibuat sedetail mungkin. Kemudian tuliskan juga tanggung jawab dan kompleksitas pekerjaan mu di perusahaan sebelum nya yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Cara ini agar HRD dapat mengukur kemampuan mu apakah cocok dengan posisi yang kamu lamar atau tidak.

Cek Tata Bahasa

Setelah selesai menulis CV, pastikan kembali tata bahasa yang kamu gunakan sudah sesuai. Kemudian pastikan tidak ada typo pada tulisanmu, usahakan tulisan kamu memiliki kesalahan seminim mungkin. 

Baca secara berulang kali hasil tulisanmu tersebut untuk dapat melihat kesalahan yang ada. Biasanya dengan membaca secara berulang ulang kamu dapat menemukan kalimat kalimat yang sekiranya tidak sesuai bahkan tidak nyambung dengan kalimat berikutnya. 

Tunjukkan Kemampuan Bahasa Asing mu Ketika Menulis CV

Ketika akan melamar ke perusahaan besar, pasti akan semakin banyak pesaing yang akan kamu hadapi. Untuk itu, kamu harus lebih menonjol dari calon calon pesaing mu tersebut. Tunjukkan kemampuan bahasa asing yang kamu miliki untuk menjadi nilai lebih dibanding pesaing lainnya. 

Untuk menunjukan kemampuan bahasa asing melalui CV selain, dengan mencantumkannya dalam tulisan, kamu bisa juga menulis CV mu dengan bahasa asing. Seringkali penulisan CV menggunakan bahasa asing akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap perusahaan.

Terutama perusahaan besar. Terlebih jika perusahaan besar tempat kamu melamar adalah perusahaan multinasional. Perhatikan grammar yang kamu gunakan dan hindari kata kata slang pada CV yang kamu tulis. 

Cantumkan Kontak Aktif dan Sosial Medial Mu

Terakhir jangan sampai kamu tidak mencantumkan kontak aktif yang bisa dihubungi. Percumah jika CV yang kamu buat sudah sangat menarik jika nanti CV mu lolos seleksi, HRD malah tidak dapat menghubungi kamu untuk tahap seleksi selanjutnya. 

Kamu harus mencantumkan nomor handphone dan email yang aktif. Email yang kamu cantumkan juga usahakan tidak memiliki nama yang aneh, lebih baik jika email yang kamu cantumkan dengan namamu sendiri. 

Selanjutnya cantumkan social media yang kamu miliki, dan buat social media mu semenarik mungkin kemudian pastikan tidak ada unsur SARA ataupun postingan yang melanggar hukum dalam setiap postingan yang kamu unggah.

You may also like