Home keuangan Tips Memastikan Kondisi Finansial Sehat Sebelum Puasa

Tips Memastikan Kondisi Finansial Sehat Sebelum Puasa

by admin

Ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat muslim di seluruh dunia memiliki kewajiban untuk berpuasa satu bulan penuh. Hal ini seharusnya membuat pengeluaran semakin berkurang karena makan yang semuanya tiga kali sehari hanya menjadi dua kali saja, di waktu berbuka dan sahur. Tetapi pada kenyataannya, bulan puasa membuat pengeluaran setiap orang semakin meningkat. Tidak hanya itu saja, diluar dari pengeluaran yang menjadi naik drastis harga harga barang pokok pun ikut melonjak. Hal ini menyebabkan perlunya menyiapkan finansial yang sehat sebelum bulan puasa tiba. 

Finansial yang sehat sebelum bulan puasa datang akan meminimalisir dari krisis saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu juga dengan persiapan finansial yang matang kamu akan lebih fokus untuk dapat mengerjakan ibadah puasa dan tidak dibebani dengan finansial yang buruk. Untuk itu, dibawah ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat kondisi finansial mu sehat sebelum bulan puasa tiba.

5 Tips Agar Finansial Sehat Sebelum Ramadhan Tiba

  • Buat Rencana Keuangan Khusus Untuk Bulan Ramadhan

Tips pertama yang dapat kamu lakukan untuk membuat kondisi finansial sehat sebelum ramadhan adalah dengan membuat rencana keuangan khusus untuk bulan ramadhan. Kamu data membuat dua pos besar dalam perencanaan keuangan mu. Yang pertama adalah berapa anggaran yang akan kamu keluarkan khusus untuk membeli makanan untuk sahur setiap harinya, dan kedua adalah anggaran untuk berbuka puasa. Kedua hal tersebut sangat penting untukmu pos kan tersendiri dan memiliki batas budget yang boleh kamu belanjakan.

Terlebih budget untuk berbuka, sangat penting sekali untuk kamu batasi sedari awal. Karena untuk orang berpuasa nafsu untuk membeli makanan sangat lah besar, ketika kamu belanja saat berpuasa rasanya kamu pasti ingin membeli semua makanan yang ada didepan mata mu. Oleh karena itu, kamu dapat meminimalisirnya dengan membuat batas budget yang boleh kamu belanjakan setiap harinya. Dan lakukan hal ini secara konsisten satu bulan kedepan sampai habisnya bulan ramadhan. 

  • Tahan Diri Dari Membeli Segaa Sesuatu yang Tidak Terlalu Berguna

Bulan puasa adalh bulan diman akmau harus menahan segala hawa nafsu dan godaan, termasuk godaan untuk berbelanja. Untuk itu selama ramadhan diharapkan kamu untuk dapat mengontrol semua pengeluaran mu agar membuat financial tetap sehat. Pikirkan kembali apakah barang yang ingin kamu beli tersebut berguna atau kamu hanya sedang lapar mata. Bisakan ketika menginginkan suatu barang untuk memikirkannya dalam rentan waktu 2-3 hari.

 

Jika dirasa dalam beberapa hari tersebut kamu masih membutuhkannya berarti barang tersebut dapat kamu beli, tetapi jika kamu sudah tidak menginginkannya kembali dan tidak memiliki fungsi yang  begitu penting berate kamu hanya lapar mata. 

  • Perbanyak Sedekah

Hal baik apapun yang kita lakukan di dunia ini pasti akan kembali ke diri kita lembali, termasuk ketika memberi pada sesama. Pada bulan ramadhan semua umat muslim berlomba lomba untuk melakukan kebaikan, karena pada bulan ini pahala akan dilipatgandakan. Untuk itu, pada bulan puasa ini kamu dapat memperbanyak sedekah. Terlebih jika kamu umat muslim yang telah dijanjikan oleh tuhan mu ketika bersedekah akan dikembalikan lebih banyak dan berlipat lipat. 

 

Kamu dapat melakukan sedekah sekecil apapun, dan jangan takut uangmu habis karena melakukan sedekah. Saat ini juga banyak media online yang menyediakan layanan sedekah untuk disalurkan kembali untuk orang orang yang kurang mampu. Betapa bahagianya kamu jika ternyata uang yang kamu anggap tidak seberapa itu sangat bermanfaat untuk orang lain. Dan dari orang orang yang telah kamu beri sedekah itu lah nantinya rezekimu akan mengalir lebih deras. 

  • Menyiapkan Anggaran Lebaran

Setelah ramadhan berakhir tiba lah bulan yang sangat ditunggu tunggu yaitu bulan idul fitri atau lebaran. Bulan ini disebut dengan bulan kemenangan untuk orang orang yang telah melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan lalu. Untuk itu akan banyak perayaan yang dilakukan pada bulan ramadhan.

 

 Berbagai makanan dan kue kue yang dipersiapkan saat menjelang ramadhan. Dan untuk dapat memenuhi semua hal tersebut tentunya dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Untuk itu, mempersiapkan anggaran untuk lebaran adalah hal yang sangat penting. Selain untuk memenuhi kebutuhan makanan dan kue kuean, bisanya lebaran memiliki ciri khas bagi bagi THR yang membuat kamu juga harus menyiapkan budget lebih extra. 

 

Belum lagi liburan lebaran bersama keluarga besar atau teman teman. Budget yang sangat besar ini jika tidak kamu persiapkan sebelum bulan puasa tentunya kan membuat mu stress sendiri. Bulan yang seharusnya menjadi bulan yang membuatmu bahagia nantinya malah jadi sebaliknya. 

You may also like