Home keuangan Tips Mandiri Finansial Sejak Usia Muda

Tips Mandiri Finansial Sejak Usia Muda

by admin

Usia muda adalah usia paling produktif untuk dapat melakukan segalanya. Untuk itu banyak anak muda yang mengorbankan waktunya untuk meningkatkan taraf hidup agar tidak menyesal dimasa tua nanti. Salah satu hal yang banyak diperjuangkan anak anak muda pada saat ini adalah mandiri secara finansial. Para anak muda mulai sadar akan sulitnya hidup jika tidak memiliki finansial yang stabil. Oleh karena itu mereka tidak mau menyia nyiakan waktu muda nya untuk mengejar kemandirian secara finansial. 

Untuk kamu para anak muda yang sedang memperjuangkan finansial mu agar dapat segera mandiri, kamu dapat menjadikan tips dibawah ini sebagai referensi. 

 5 Tips Untuk Mandiri Secara Finansial Sedari Muda

  • Buat Visi dan Misi

Misi dan misi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, termasuk dalam finansial. Sebelum kamu terjun ke dunia finansial, sebaiknya buat visi dan misi mu sendiri mengenai finansial. Mulai dari apa visi yang kamu tanamkan dalam diri mu dan apa sebenarnya misi yang harus kamu capai. Visi sendiri bisa saja mungkin kamu akan mengejar finansial apapun yang terjadi selagi tidak merugikan orang lain, untuk misi biasa saja kamu membuat target untuk dapat mandiri secara finansial pada usia sekian. 

 

Nah dengan memiliki visi dan misi tersebut nantinya kamu akan mudah menjalankan setiap prosesnya karena memiliki prinsip dalam dirimu sendiri dan tuhan yang benar benar harus dicapai. Untuk visi dan misi ini kamu harus menentukannya sendiri berdasarkan kehendak dirimu, jangan menjadikan orang lain sebagai acuan. Karena tentunya kapasitas mu dan orang lain sangat berbeda. Tetapi kamu dapat menjadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi untuk dapat melakukan hal serupa. Yang tidak boleh adalah kamu iri dengan pencapaian mereka dan membuat dirimu gegabah untuk mendapatkan nya juga tetapi dengan cara cara yang salah.


  • Pelajari Masalah Finansial

Ketika kamu ingin terjun ke dunia finansial maka sudah seharusnya kamu mempelajari duku segala hal mengenai finansial. Karena finansial sendiri adalah hal yang sangat kompleks, antara teori dan praktik kamu harus dapat embyeimbangkannya. Jangan hanya bertekan untuk mandiri secara finansial dan langsung terjun untuk mengelolanya tanpa memiliki ilmu sedikit pun. Karena ketika kamu mengelola finansial tanpa berdasarkan ilmu, nantinya finansial mu akan berantakan. Selain dengan mencari pendapatan sebanyak banyaknya, kemandirian secara finansial juga dapat ditentukan dari caramu mengelola lana. 

 

Karena uang sebanyak apapun jika kamu tidak pandai mengelolanya, niscaya uang tersebut tidak akan bertahan lama. Pelajari lah terlebih dahulu mengenai teori finansial agar kamu tidak terlalu asing jika orang lain menyebut kata kata tertentu. Kamu juga tidak terlihat terlalu polis jika sedikit banyak nya mengerti apa yang dibicarakan oleh lawan bicaramu. Karena untuk mandiri secara finansial tentunya kamu akan melibatkan banyak orang untuk melakukan interaksi.

  • Segera Lunasi Hutang

Jika kamu menginginkan mandiri secara finansial sejak muda, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melunasi semua hutang yang kamu miliki. Karena hutang sendiri merupakan beban finansial yang cukup berat. Jika kamu masih memiliki hutang yang menumpuk nantinya kamu akan sulit untuk mengejar pencapaian lain dalam finansial, termasuk kemandirian finansial. Jika kamu tidak memiliki uang yang cukup besar kamu dapat mencicil hutang dari skala kecil. Daripada terus menargetkan untuk melunasi hutang skala besar tetapi hutang hutang kecil kamu abaikan.

  • Hindari Hutang

Setelah semaksimal mungkin untuk melunasi hutang hutang yang kamu miliki, tentunya kamu harus menghindari kembali semua yang berbau hutang atau kredit. Jangan sampai kamu jatuh kembali kedalam kubangan hutang. Baik dalam bentuk pinjaman uang maupun pembelian berbagai barang. Usahakan untuk mengelola uangmu dengan baik agar kamu tidak lagi memerlukan pinjaman. Dan hindari membeli barang jika memang kamu belum memiliki uang yang cukup. Jangan mudah tergiur akan promosi promosi barang tertentu agar kamu tidak jatuh kembali dalam hutang piutang.

  • Cari Penghasilan Tambahan

Jika kamu bertekad untuk dapat mandiri secara finansial sejak muda, tentunya kamu harus melakukan berbagai pengorbanan termasuk mencari penghasilan tambahan. Saat ini untuk sekedar mencari penghasilan tambahan nampaknya bukan hal yang terlalu sulit. Terlebih berkat peran dunia digital yang semakin maju ini membuat semua lini kehidupan menjadi semakin mudah. 

 

Untuk itu kamu dapat memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan tambahan. Pekerjaan tambahan ini tentunya harus kamu sesuaikan dengan jam kerja utama mu. Jadi carilah pekerjaan yang dapat dilakukan kapanpun tanpa ikatan waktu. Misalnya saja berjualan online, menjadi penulis, atau lainnya yang bisa kamu kerjakan sesuai kapasitas dari dirimu.

You may also like