Home Tips Tips Keuangan Ampuh buat yang Baru Jadi Orang Tua Baru

Tips Keuangan Ampuh buat yang Baru Jadi Orang Tua Baru

by Mas Abadi

Berawal dari saling jatuh cinta,  lalu menikah,  kemudian hamil,  dan mempunyai bayi lalu dibesarkan. Itulah beberapa proses untuk menjadi orangtua yang baru. Karena saat ini banyak sekali orang yang sedang menjadi orang tua baru, dapat dikatakan bahwa perencanaan keuangan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membangun keluarga menjadi orang tua dan juga untuk mempersiapkan ketika anda memiliki seorang anak, karena mempunyai seorang anak membutuhkan biaya yang mahal.

Saat ini,  banyak orang tua yang memiliki prinsip “gimana nanti saja”,  sehingga mereka tidak membuat sebuah rencana atau plan keuangan. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda sebagai orang tua baru kaget, karena saat menjadi orang tua ternyata memerlukan banyak sekali dana yang harus disiapkan selama berada di dalam status pernikahan.

Harapannya dengan mempersiapkan rencana keuangan dalam rumah tangga,  Anda akan lebih siap ketika menjadi orang tua baru,  sehingga segala kebutuhan baik dari kebutuhan diri sendiri hingga kebutuhan anak dapat dicukupi dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa tips dari perencanaan keuangan buat yang baru jadi orang tua baru.

1. Membuat rencana dengan tujuan atau Goals saat hidup bersama

Pada dasarnya hal seperti pembuatan rencana saat hidup bersama harus dibicarakan ketika masih pada fase pacaran. Hal ini sangat penting karena sebelum Anda menikah dengan seseorang, Anda harus memastikan bahwa pasangan Anda memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda. Walaupun visi dan misi Anda serta pasangan Anda berbeda, Anda dapat memaklumi dan memahami serta ada keinginan untuk mewujudkannya secara bersama. Contoh dalam pembuatan rencana dengan tujuan atau goal saat hidup bersama seperti obrolan “nanti berencana memiliki anak berapa?” “Apa sebagai istri nanti diperbolehkan untuk kerja atau tidak?”

2. Financial check up

Financial check up ini sangat penting untuk dilakukan secara rutin ketika anda sudah menikah.  Financial check up paling sedikit dilakukan setidaknya satu tahun satu kali. Sebagai pasangan tentunya Anda harus mengetahui apa saja aset maupun harta yang Anda dan pasangan Anda punya. Hal tersebut juga termasuk kedalam hutang yang dimiliki Anda maupun pasangan Anda. Hal ini penting karena jika terdapat suatu keterbukaan dalam sebuah perencanaan keuangan keluarga, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat perencanaannya tersebut. Sebab Anda menikah untuk selamanya sehingga Anda akan menghabiskan sisa hari-hari Anda bersama pasangan Anda. Hal inilah yang menyebabkan Anda harus membicarakan mengenai perencanaan keuangan yang sehat dengan pasangan Anda.

3. Melakukan survei tentang biaya rumah sakit

Ketika Anda hamil itu merupakan sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan,  namun Anda realistis terhadap perencanaan Anda. Ketika Anda hamil, Anda perlu memperhatikan biaya-biaya yang nantinya akan dikeluarkan sebelum maupun sesudah kehamilan. Contoh dari biaya biaya tersebut adalah seperti biaya untuk kunjungan dokter  termasuk kedalam obat-obatan serta vitamin yang diperlukan, gizi dan nutrisi ibu hamil supaya ibu maupun janin tetap dalam keadaan sehat,  baju saat hamil, investasi ilmu seperti membeli buku kehamilan atau mengikuti pelatihan tentang ilmu mendidik anak,  perlengkapan ketika bayi lahir, serta menyiapkan biaya lain yang dapat dipakai oleh ibu maupun bayinya.

Berdasarkan hal tersebut tentu saja akan timbul sebuah pertanyaan seperti, apakah biaya biaya tersebut harus dikeluarkan? dan apakah ada perbedaan kalau memakai sebuah produk yang yang biasa saja agar dapat menghemat pengeluaran? Tentu saja berbagai produk yang aman dan bebas dari sebuah toksin dapat digunakan selama kehamilan. Karena produk yang mengandung sebuah toksin akan memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan orang tua maupun bayinya yang sedang dalam proses tumbuh kembang.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh mengatakan bahwa terdapat sampel darah bayi yang baru lahir dengan rata-rata memiliki 287 racun yang nantinya dapat memicu sel kanker dan menjadi racun untuk otak maupun sistem saraf.  Hal tersebut akan meningkatkan resiko bayi Anda untuk lahir cacat atau mengalami perkembangan yang terganggu. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus benar-benar mempersiapkan segala hal yang akan dibutuhkan oleh eh anda sebagai ibu maupun bayi anda dengan baik dan benar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

4. Dana darurat

Mempersiapkan dana darurat merupakan hal yang sangat penting. Dana darurat merupakan sebuah uang yang disediakan dalam sebuah perencanaan keuangan yang nantinya akan dipakai khusus untuk menghadapi kondisi yang yang tidak terduga. Dana darurat ini dapat dipersiapkan pelan-pelan yaitu dengan cara menyisihkan beberapa tabungan untuk dana darurat ini, sehingga  jika Anda mengalami kondisi yang tidak terduga dan membutuhkan dana,  dana darurat ini dapat menutupi kejadian tersebut .

You may also like