Home Bisnis Tips Jualan Online untuk Pemula

Tips Jualan Online untuk Pemula

by Mas Abadi
cara berjualan online shop

Berkembangnya teknologi informasi, terutama pada akses internet yang dapat dijangkau banyak orang menjadi peluang pendukung pengusaha untuk berjualan dengan berbasis Online. Masyarakat beramai-ramai untuk mencoba peluang berjualan online.

Jualan online merupakan metode berjualan yang banyak diminati, karena strategi penjualannya sangat flexible dan tidak harus menyewa tempat. Dengan perputaran pasar yang semakin modern ini konsumen memilih untuk mencoba membeli produk melalui platform online, daripada untuk membeli langsung ke outlet atau toko yang harus mengantri dan belum tentu produk yang dicari ada di toko tersebut.

Pengusaha online biasanya akan memberikan banyak promo atau diskon untuk menarik konsumen. Diskon atau promo ini ditujukan supaya jualan online tersebut mendapatkan rating atau ulasan baik di toko onlinenya. dengan rating atau ulasan dari konsumen yang banyak akan membuat toko online tersebut semakin membuat penasaran. Hal ini banyak dilakukan oleh pengusaha online, akan tetapi memang sudah menghitung keuntungan dari barang yang dijual ketika memberikan promo atau diskon kepada konsumen.

Apa saja Tips Berjualan Online?

Berjualan online merupakan cara pengusaha yang memaksimalkan potensi teknologi kekinian seperti saat ini, akses internet dan mudahnya bergabung dengan platform penyedia toko online membuat masyarakat berbondong-bondong untuk mencoba keberuntungan menjadi penjual online. Lalu apa saja tips berjualan online tersebut? simak uraiannya dibawah ini ya,

  • Membuat Toko online di Platform Terbaik

    Memilih platform yang tepat adalah salah satu strategi yang wajib Anda pikirkan, tidak hanya dipikirkan tapi harus mempelajari karakteristik platform yang akan Anda gunakan, lalu ketika sudah ada platform yang cocok, Anda bisa menggunakan pelayanan yang diberikan oleh platform supaya dapat meningkatkan performa toko online Anda. 
  • Belajar Tentang Pembuatan Konten Menarik

    Mempelajari dan mempraktekkan pembuatan konten yang menarik konsumen, lalu selalu update tentang produk yang akan Anda jual di pasaran dan juga jangan lupa memberikan edukasi manfaat produk yang Anda jual ke konsumen.

    Metode membuat konten bisa melalui instagram, facebook dan website atau blog. lalu yang kekinian Anda bisa membuat video review melalui platform tik tok. 
  • Belajar Konten Grafis Produk

    Berbagai cara menonjolkan produk yang akan Anda jual menjadi salah satu kewajiban untuk menarik minat konsumen supaya membeli produk. belajar konten grafis merupakan salah satunya, isi dari konten grafis yang wajib Anda ketahui adalah photografi dan editing. kedua konten tersebut menjadi penting karena bertujuan untuk menarik konsumen, jika foto dan editingnya produk Anda terlihat menarik dan sangat berkualitas akan memberikan dampak konsumen semakin ingin membeli produk Anda, lalu sedikit membuat video review yang detail pada produk yang dijual menjadi nilai plus dimata konsumen.

    Sudut Foto yang Anda ambil akan mempengaruhi detail yang konsumen inginkan, lalu pencahayaan yang baik akan membuat foto produk Anda semakin menarik, banyak gear yang bisa Anda coba untuk membuat foto yang bagus, akan tetapi menggunakan ponsel saat ini juga sudah sangat bagus jika budget untuk membeli kamera tidak tercukupi. Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi editing yang menunjang foto produk Anda. 
  • Membuat Detail Pada Deskripsi Produk

    Detail deskripsi produk menjadi penting untuk menarik berjualan online, karena deskripsi yang lengkap akan membuat konsumen tidak ragu untuk membeli produk yang Anda iklankan. tulis lengkap deskripsi yang lengkap seperti merek, nomor produk tag label, asal pabrikan, bahan yang dipakai dan sejenisnya.

    Buatlah detail deskripsi sesuai produk yang Anda jual, karena kejujuran penjual Online akan menjadi acuan konsumen membeli kembali produk yang Anda iklankan. 
  • Fast Respon Chat

    Menanggapi chat atau pertanyaan dari konsumen dengan cepat akan membuat toko online Anda memiliki rating baik dimata konsumen, secara tidak langsung para konsumen akan memberikan ulasan terbaik di toko online Anda. Hal ini mempengaruhi calon konsumen untuk mencari toko online Anda jika sudah terbiasa dengan fast respon chat tersebut, maximal keterlambatan membalas respon konsumen adalah 10 menit. 
  • ┬áMempelajari Harga Pasaran untuk Produk Anda

    Tips jualan online yang terakhir dan yang paling riskan adalah membuat harga produk Anda yang siap dijual ke pasaran, harga produk bisa menjadi pertimbangan calon konsumen, ada beberapa faktor konsumen ada yang tidak peduli dengan hal itu, akan tetapi banyak juga konsumen membanding-bandingkan harga di produk yang sama akan tetapi berbeda pada harga produk, Jadi Anda bisa riset harga pasaran produk yang akan dijual ke pasaran.

Demikian Tips jualan Online yang bisa Anda coba, selalu belajar tentang update tips berjualan online dan update juga teknologi informasi untuk mendukung berkembangnya jualan online, ya!

You may also like