Home Investasi Tips Hemat Uang Bulanan Biar Bisa Menabung

Tips Hemat Uang Bulanan Biar Bisa Menabung

by Mas Abadi

Menjalani hidup hemat memang banyak memberikan manfaat dalam hidup. Tentu saja, hidup hemat memiliki tujuan utama agar bisa menabung. Dimana dengan menabung, maka Anda pun sudah dapat dipastikan bisa memiliki keamanan finansial. Nah, untuk hidup hemat sendiri tidaklah mudah. Mengingat banyak sekali godaan yang menghampiri Anda. 

Padahal Anda perlu sekali untuk menahan diri sehingga uang bulanan tidak begitu saja habis. Ada beberapa tips hemat yang bisa Anda ikuti agar uang bulanan masih bisa disisakan untuk menabung. Dimana akan dijelaskan di bawah ini. 

Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Menabung 

Menghemat uang bulanan sangatlah penting sekali agar kehidupan sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. Apalagi jika Anda sudah berniat untuk menabung, maka sudah pasti Anda harus tahu dengan benar tips menghemat uang bulanan ini. Berikut ini adalah tipsnya: 

Catat semua pengeluaran dan pemasukan 

Tips pertama adalah dengan melakukan pencatatan terhadap uang masuk dan uang keluar. Mencatat pendapatan dan pengeluaran sendiri akan memberikan banyak sekali manfaat dalam masalah keuangan. Dimana salah satunya adalah Anda dapat mengontrol pengeluaran setiap harinya. 

Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, maka Anda bisa melihat bagaimana laju keuangan setiap harinya. Sehingga Anda pun akan mendapatkan laporan yang detail apa saja pengeluaran yang sekiranya memang tidak perlu dan diperlukan. Selain itu, dengan melakukan pencatatan, Anda bisa melakukan evaluasi lebih jauh. 

Membawa bekal 

Tips selanjutnya agar Anda dapat menghemat uang bulanan adalah dengan membawa bekal dari rumah. Cara yang satu ini sendiri terbilang sangat ampuh dan dapat mengurangi pengeluaran yang sangat jauh. Anda pasti menyadari bahwa membeli makan jadi dan memasak memiliki membutuhkan dana yang jauh berbeda.

Misalnya ketika makan siang, Anda membeli makanan di rumah makan atau restoran dengan harga 30 ribu. Tapi, dengan uang 30 ribu Anda sudah bisa membeli bahan mentah dan memasaknya untuk 2 atau 3 kali makan. Sehingga sudah jelas lebih baik Anda membawa bekal dari rumah agar bisa menghemat lebih banyak. 

Belanja tidak harus melihat brand 

Kemudian, ketika Anda membutuhkan beberapa barang kebutuhan seperti alat mandi dan kebersihan lainnya, lebih baik tidak melihat brand. Anda harus memahami dengan benar mana barang yang memang memiliki harga mahal dan berkualitas atau barang tersebut hanya mahal saja. 

Sangat disarankan untuk Anda membeli barang yang lebih murah apabila memang memiliki fungsi yang sama. Hal ini sendiri akan membantu Anda untuk bisa menghemat uang bulanan dan juga menabung. Jadi, lebih baik tidak usah melihat brand terlebih dahulu, tapi dari fungsinya dan kemudian baru Anda bandingkan kualitas dan harganya. 

Siapkan pos keuangan 

Tips selanjutnya adalah lebih baik Anda menyiapkan pos keuangan. Maksudnya adalah Anda membagi uang bulanan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk kebutuhan makan dalam seminggu, uang transportasi, uang saku anak dan lain sebagainya. Dengan menggunakan cara ini, Anda sudah tahu berapa kebutuhan yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Sehingga Anda pun bisa langsung menyisihkan uang dan kemudian Anda tabung. 

Buat anggaran 

Membuat anggaran juga sangat disarankan sekali untuk Anda. Fungsinya sendiri adalah untuk membatasi pengeluaran yang sekiranya tidak diperlukan. Misalnya Anda membuat anggaran berapa uang saku anak, berapa uang belanja harian dan lain sebagainya. Dengan ada anggaran ini, maka Anda bisa menekan biaya pengeluaran. 

Selain itu juga akan mengingatkan Anda untuk tidak membeli barang yang tidak begitu penting. Sehingga Anda pun bisa berhemat dan akhirnya menabung. Buatlah secara detail dan pastikan ada anggaran darurat juga. 

Mencari diskonan 

Siapa yang tidak suka diskon? Ketika Anda ingin berbelanja bulanan, tidak ada salahnya Anda mencari barang yang diskon. Hal ini sendiri akan sangat membantu sekali untuk menekan biaya pengeluaran. Anda pun juga dapat berhemat dan mampu menyisihkan uang untuk ditabung. Tapi, bukan berarti Anda harus menjadi penggila diskon. Cukup pada barang yang memang dibutuhkan saja. 

Kurangi nongkrong di cafe

Untuk poin yang satu ini mungkin akan berkaitan erat dengan beberapa di antara Anda. Sebenarnya tidak masalah bagi Anda untuk nongkrong di cafe sambil diskusi asik dengan teman atau keluarga. Tapi, hal ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Mungkin sebulan sekali atau dua kali masih bisa Anda jalankan. Selama memang tidak melebihi batas kemampuan Anda, ya. 

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisa menghemat uang bulanan dan menabung. Pada dasarnya hal paling penting adalah Anda paham mana kebutuhan dan keinginan. Jika sudah memahami ini, maka untuk menjalani hidup hemat pun bisa dijalankan dengan lebih mudah. Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk mulai memperbaiki diri jangan menjadi pribadi konsumtif.

You may also like