Home Belanja Tips Hemat Belanja Bulanan

Tips Hemat Belanja Bulanan

by Mas Abadi
belanja bulanan

Hidup berhemat selalu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang dan mungkin termasuk juga Anda. Selain itu dengan belajar hidup hemat juga bukanlah hal yang buruk, karena akan memberikan banyak sekali manfaat di masa depan. Untuk mewujudkannya, mulailah dari belanja bulanan terlebih dahulu.

Tips menghemat uang belanja

Sebenarnya ada banyak sekali cara agar Anda dapta menghemat pengeluaran. Hemat tidak berarti pelit, tetapi lebih untuk menekan keinginan membeli atau berbelanja hal yang tidak diperlukan. Karena kenyataan sebagian besar orang, tidak dapat membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dikehidupan sehari-hari.

  • Membuat daftar kebutuhan

Sebelum berbelanja, ada baiknya jika Anda membuat daftar terlebih dahulu. Cek lah isi kulkas serta lemari persediaan, lalu catatlah apa saja yang habis dan tinggal sedikit. Ingat untuk mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan pribadi, pastikan semuanya sudah tercatat.

Ketika berbelanja pun jangan sampai Anda membeli yang tidak ada pada daftar, belajarlah untuk tidak mudah tergiur dengan barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, dengan begitu Anda dapat menghemat pengeluaran bulanan.

  • Hindari melihat barang diskon

Hindari barang-barang yang sedang diskon, kecuali memang ada barang yang dibutuhkan dan tercatat didaftar belanja. Karena banyak orang selalu menggunakan kesempatan tersebut serta berdalih “mumpung diskon, belum tentu besok akan ada promo seperti hari ini.” Jadi, belajarlah untuk menghilangkan pikiran tersebut.

  • Buatlah perbandingan

Ketika Anda berbelanja, tidak ada salahnya melakukan perbandingan harga antara barang yang satu dengan lainnya. Apalagi jika ternyata fungsinya sama dan hanya berbeda brand saja. Jangan hanya karena produk A tersebut berasal dari merk terkenal, lalu Anda harus membelinya padahal harganya jauh lebih mahal.

Sedangkan produk B dengan harga yang lebih murah, memiliki fungsi sama. Jadi, apabila Anda memang ingin berhemat tidak ada salahnya memilih dan membeli barang tersebut. Semua itu demi menekan pengeluaran.

  • Pergilah berbelanja sendiri

Cobalah untuk pergi belanja sendiri, karena biasanya bila Anda pergi bersama teman atau keluarga. Rasa ingin mampir untuk berbelanja hal lain akan muncul, padahal benda tersebut tidak ada pada daftar belanja. Hasilnya Anda menjadi gagal berhemat.

Jika, Anda pergi seorang diri. Rasa ingin mampir ke lokasi lainnya tidak akan muncul dan sudah pasti Anda hanya terfokus pada apa yang ada didaftar belanja. Selain itu juga lebih menghemat waktu.

  • Gunakan voucher diskon

Apabila Anda memiliki voucher diskon disatu tempat perbelanjaan. Manfaatkan voucher tersebut untuk membeli barang yang dibutuhkan. Tentu hal ini sangatlah menguntungkan bagi Anda, karena dapat mengurangi pengeluaran bulanan.

  • Buatlah catatan pengeluaran

Jika acara berbelanja telah selesai dan semua barang yang dibutuhkan sudah terbeli. Buatlah catatan pengeluaran. Tidak hanya untuk belanjaan dapur atau kebutuhan lain, namun juga pengeluaran lainnya, seperti tagihan listrik PLN, PDAM, pembelian pulsa, beli bensin dan lain sebagainya.

Tujuan dibuatnya catatan pengeluaran adalah agar Anda tahu seberapa banyak pengeluaran setiap bulannya. Pastikan jika penghasilan Anda selalu lebih besar dari uang yang keluar, misalnya gaji bulanan sebesar 5 juta rupiah, usahakan besar uang untuk kebutuhan adalah 2 juta rupiah.

Manfaat yang didapat dengan berhemat

Belanja Bulanan

Dengan berhemat tentu saja akan mendatangkan manfaat pada kehidupan Anda, apa sajakah hal tersebut? Mari kita simak satu per satu :

  1. Hidup menjadi lebih bahagia, karena dapat menikmati kehidupan dengan finansial yang stabil.
  2. Kedepannya Anda akan merasa tidak memiliki beban, karena memiliki tabungan lebih untuk menjalani kehidupan.
  3. Dengan berhemat, artinya perhitungan akan keuangan Anda sangatlah baik. Sehingga tidak memiliki hutang dan hidup menjadi lebih nyaman.
  4. Dengan berhemat, membuat Anda menjadi pribadi yang penuh tanggung jawab dan selalu mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan.
  5. Ketika Anda dapat berhemat, kedepannya akan membantu diri sendiri agar tidak mudah tergiur dalam membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Bila Anda mempunyai perilaku konsumtif, hal tersebut akan membuatmu mudah stress. Karena selalu mengingin sesuatu yang sebenarnya tidak bermanfaat.
  6. Menjadi bebas finansial, pernah mendengar istilah “sebesar apapun penghasilanmu, tidak akan pernah bisa cukup apabila mengikuti gaya hidup.” Namun, bila Anda belajar untuk hidup hemat, tentunya semua yang dibutuhkan nantinya akan bisa didapatkan.
  7. Lebih dapat mengerti tentang apa yang dimaksud dengan skala prioritas.

Setelah membaca seluruh informasi yang ada, sepertinya membuat sebuah perencanaan untuk belanja bulanan ternyata tidak terlalu sulit bukan? Anda hanya membutuhkan tekad yang kuat dan komitmen agar bisa melakukannya. Ingatlah jika ada pepatah yang mengatakan “Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya.” Jadikanlah kalimat singkat tersebut sebagai motivasi hidup Anda.

You may also like