Home Tips Tips Finansial buat Yang Susah Nabung

Tips Finansial buat Yang Susah Nabung

by Mas Abadi

Membiasakan diri untuk rutin menabung adalah kegiatan yang terkadang susah dilakukan. Padahal, kegiatan tersebut akan lebih baik jika dibiasakan sejak dini untuk bekal masa depan nanti. Tapi, banyak orang yang akhirnya gagal nabung karena tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik. 

Tak sedikit juga yang berpikiran bahwa harus punya penghasilan besar dulu untuk bisa menabung. Itu adalah mindset yang salah karena kamu bisa mulai menabung, berapapun penghasilan yang kamu punya.  

Lalu, bagaimana caranya supaya bisa terbiasa menabung ? Yuk, simak artikel ini sampai selesai !

6 Tips Menabung Anti Gagal

Prinsip menabung yaitu menyisihkan sebagian uang yang kamu punya secara rutin. Nah, sederet tips di bawah ini mungkin bisa bermanfaat buat kamu yang masih kesulitan menabung.

  • Tetapkan Tujuan dan Target Menabung

Hal yang paling susah saat kamu berencana ingin menabung adalah memulainya. Supaya semakin semangat, kamu bisa mulai memikirkan untuk apa uang tabunganmu nanti. Tentukan juga target waktunya, apakah menabung untuk jangka pendek (kurang dari 1 tahun sampai 3 tahun) atau jangka panjang (di atas 3 tahun).

Tujuan jangka pendek biasanya untuk berlibur, dana darurat (biaya berobat, perbaikan rumah, dll), atau membeli alat elektronik. Sedangkan tujuan jangka panjang biasanya untuk menyiapkan dana pensiun, pendidikan anak, membeli mobil, dan lain-lain. 

Dengan cara ini, kamu bisa lebih mudah memperkirakan berapa banyak uang yang kamu butuhkan dan berapa lama waktu untuk mencapainya. 

  • Mulailah dari Nominal Kecil 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rutinitas menabung bisa dimulai meskipun penghasilan tidaklah besar. Kamu bisa memulainya dari nominal kecil, asalkan dilakukan dengan konsisten. 

Persis seperti kata pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit”. Setiap upaya kecil yang dilakukan terus-menerus, pasti akan membuahkan hasil. Kamu bisa menyisihkan uangmu dengan nominal yang sama setiap harinya. Apalagi, sekarang ini banyak aplikasi fintech yang memungkinkanmu untuk memiliki produk tabungan dengan nominal kecil, yakni mulai dari Rp 10 ribu. 

  • Membuat Budgeting

Buatlah budgeting atau anggaran yang memuat daftar kebutuhan, jadi  kamu tahu berapa banyak uang yang mungkin akan dikeluarkan setiap bulannya. Ini adalah tips yang efektif untuk menghemat pengeluaran dan memudahkanmu menabung. 

Ada beberapa metode budgeting yang bisa kamu gunakan untuk atur keuangan. Namun metode yang paling populer di masyarakat yaitu 50-30-20. Prinsip dari metode ini yaitu kamu hanya perlu membagi penghasilanmu dalam 3 kategori. Sisihkan 50% dari penghasilanmu untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk membayar kewajiban dan hiburan, kemudian sisanya bisa kamu tabung.

  • Batasi Belanja Online 

Saat ini hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara online, termasuk berbelanja. Hanya dengan bermodalkan smartphone, barang yang kamu pesan bisa sampai ke rumahmu. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot datang ke toko.

Di satu sisi inovasi tersebut sangat memudahkan, tapi di sisi lain bisa menjadi bumerang. Apalagi jika kamu sedang berupaya untuk rutin menabung. Maka dari itu, sebaiknya batasi belanja online untuk membeli barang-barang yang tidak penting hanya karena tergiur diskon. Kurangi intensitas membuka aplikasi belanja online, kecuali jika memang ada barang yang benar-benar sedang kamu butuhkan. 

  • Pisahkan Uang Sehari-hari dengan Uang Tabungan

Tips berikutnya yaitu jangan menggabungkan uang tabungan dengan uang yang digunakan untuk sehari-hari. Kamu bisa membuat dua rekening sekaligus untuk memisahkannya. Sehingga jika sudah ada pemasukan, uang yang dialokasikan untuk ditabung bisa langsung kamu pindah ke rekening tabungan. 

Kamu juga bisa memindahkan uang tabungan dalam bentuk deposito, SBN (Surat Berharga Negara), dan instrumen investasi lainnya. Selain bisa mendapatkan bunga, kamu juga tidak bisa mengambil tabungan sewaktu-waktu. Tips ini sangat efektif supaya kamu tidak tergiur menggunakan uang tabungan untuk hal yang tidak perlu.  

  • Langsung Tabung di Awal

Jika sudah uang masuk, maka langsung sisihkan uang tersebut untuk ditabung. Sesuaikan nominalnya dengan anggaran yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu tidak perlu menunggu ada sisa uang untuk ditabung karena cara ini sangat tidak efektif. 

Singkatnya, kamu harus menyisihkan uangmu untuk ditabung bukan menyisakan. Setelah itu, baru bisa kamu gunakan untuk memenuhi keperluan lainnya. Jangan sampai yang terjadi sebaliknya, sudah tidak ada sisa uang untuk ditabung karena habis terpakai. 

Memilih lingkungan yang tepat juga bisa membantu membentuk kebiasaan menabung secara rutin. Jika kamu bergaul dengan orang-orang yang punya gaya hidup konsumtif, menabung menjadi hal yang susah dilakukan. Maka dari itu, pilihlah lingkungan pertemanan yang positif. 

Nah, semoga keenam tips finansial di atas bisa jadi memotivasi kamua untuk menabung, ya ! Yuk, semangat menabung untuk masa depan yang cerah.

You may also like