Home Tabungan Tips Efektif Atur Keuangan buat Generasi Sandwich

Tips Efektif Atur Keuangan buat Generasi Sandwich

by Mas Abadi

Pernah tidak Anda mendengar tentang generasi sandwich? Istilah yang satu ini sendiri belakangan kerap terdengar. Generasi sandwich adalah masyarakat yang terjebak di tengah lingkungan yang harus membiayai orang tua, dirinya serta keturunannya. Kondisi ini sendiri hingga sekarang masih banyak dialami, baik itu wanita dan pria. 

Banyak sekali generasi sandwich yang mengalami kesulitan ketika harus dihadapkan dengan menghidupi orang tua dan anak. Mungkin diantara Anda pun tengah berada di generasi sandwich, dimana jelas masalah keuangan kerap kali menjadi momok tersendiri. Jika Anda sedang berada di generasi ini, maka lebih baik tahu tips efektif dalam mengatur keuangan. 

Tips Atur Keuangan Untuk Generasi Sandwich 

Karena harus bertanggung jawab untuk menghidupi tidak hanya diri sendiri, jelas menjadi beban yang sangat berat. Apabila Anda yang berada dalam generasi sandwich tidak pintar dalam mengatur keuangan, maka sudah pasti akan sangat kesulitan sekali. Coba ikuti tips atur keuangan di bawah ini yang memang cocok dijalankan generasi sandwich: 

Catat hutang efektif dan aset

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencatat semua hutang efektif serta aset yang dimiliki. Mengetahui berapa besaran hutang dan aset yang dimiliki, maka Anda akan lebih mudah untuk mengatur keuangan. Karena sudah tahu berapa besaran pengeluaran yang dibutuhkan. 

Tapi, perlu Anda perhatikan bahwa untuk utang dan aset milik orang tua juga lebih baik dicatat secara detail. Karena ini akan sangat membantu Anda untuk bisa mendapatkan metode mengatur uang yang lebih mudah lagi. Sehingga bisa meminimalisir keuangan tiap bulan dengan lebih efektif. 

Buat perencanaan dana pensiun untuk orang tua 

Selanjutnya yang harus Anda lakukan agar bisa mengatur keuangan yang lebih efektif jika berada di generasi sandwich adalah dengan membuat perencanaan dana pensiun bagi orang tua. Dengan merencanakan dana pensiun ini, maka orang tua bisa memiliki pendapatan tetap meski sudah tidak produktif. 

Sehingga beban Anda pun bisa berkurang dan mampu mengatur keuangan dengan lebih efektif lagi. Jadi, di masa depan pun Anda akan terhindari dari masalah keuangan yang menyulitkan dan memberikan beban yang lebih besar lagi. Anda bisa mengatur dana pensiun melalui bank, asuransi dan lain sebagainya. 

Mulai menabung untuk dana pensiun diri sendiri 

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat perencanaan menabung untuk dana pensiun diri sendiri. Hal ini sendiri sangatlah penting sekali, agar di masa depan pun Anda tidak akan merepotkan anak cucu untuk menghidupi diri Anda. Anda bisa mulai merencanakan tabungan pensiun ini dengan asuransi atau produk bank lain yang memang dapat membantu Anda memiliki dana pensiun. 

Dengan merencanakan dana pensiun, maka Anda pun bisa mengatur lebih baik keuangan setiap bulan. Anda pun akan lebih berhati-hati untuk menggunakan uang. Karena Anda tahu ada dana pensiun yang harus disiapkan untuk diri sendiri, sehingga kedepannya pun Anda akan mendapatkan keamanan finansial. 

Dana darurat juga disiapkan 

Menabung dana darurat adalah hal yang sangat berbeda, dimana dana darurat sendiri hanya dapat digunakan ketika kondisi sedang mendesak. Sedangkan dana tabungan bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan yang kurang. Dana darurat sendiri sangatlah penting sekali untuk Anda miliki. 

Karena di masa depan kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Bisa saja secara mendadak Anda kehilangan pekerjaan, dimana dana darurat ini dapat digunakan hingga Anda mendapatkan pekerjaan baru. Maka daripada itu, penting sekali untuk selalu menyisihkan pendapatan dan dialokasikan ke dana darurat. 

Jangan pernah lupa menabung 

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, menabung dan dana darurat sangatlah berbeda. Menabung Anda lakukan dengan rutin. Dimana dengan menabung, Anda tidak akan menemukan kesulitan yang terlalu banyak di masa depan terkait dengan keuangan. Dengan menabung setidaknya Anda akan lebih aman dan bisa bekerja lebih keras lagi. 

Anda juga sangat disarankan untuk menabung tidak hanya pada diri sendiri, tapi juga menabung untuk orang tua dan anak. Sehingga mereka pun mendapatkan bagian masing-masing yang bisa digunakan untuk keperluan yang dibutuhkan. Tidak harus memberikan tabungan dalam nominal besar, tapi konsisten adalah hal yang sangat penting. 

Ketika Anda adalah generasi sandwich, maka sudah dapat dipastikan cara di atas harus segera Anda laksanakan jika memang ingin mendapatkan keuangan yang sehat. Tapi, satu hal yang pasti adalah untuk selalu hidup sederhana dan jangan mengedepankan keinginan saja. 

Anda harus menjaga diri dan menekan keinginan agar nantinya pun keuangan tetap dalam keadaan yang baik. Apalagi tanggung jawab Anda sangatlah besar terhadap orang tua dan anak. Maka daripada itu, pastikan bahwa Anda bisa memisahkan uang untuk setiap pos.

You may also like