Home Tips Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

by Mas Abadi

Apakah Anda menggunakan kartu kredit? Jenis Kartu ajaib ini memudahkan pengguna untuk berbelanja online atau offline, bepergian, membeli tiket konser musik, serta melakukan transaksi lainnya. Selain itu, kartu kredit juga bisa membantu Anda mendukung keuangan harian Anda. Jika Anda masih bangkrut menjelang akhir, Anda dapat memakai kartu kredit Anda untuk mendapatkan penghasilan. Cukup geser untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda dalam waktu singkat. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda tidak selalu harus membawa banyak uang tunai. 

Tapi seperti pedang bermata dua, kartu kredit dapat langsung menjadi bencana jika tidak digunakan dengan bijak. Geser ke sana, geser ke sini dan beli tanpa pertimbangan risiko. Lagi pula, tanpa menyadarinya, Anda telah menghabiskan terlalu banyak uang yang tidak layak untuk situasi keuangan Anda. Akibatnya, Anda harus menanggung setumpuk hutang. Akibatnya, Anda harus membayar kembali tagihan dan bunga kartu kredit Anda pada setiap bulan. Jika Anda membayar sedikit terlambat, Anda akan melihat biaya denda. Jika default dari waktu ke waktu dan sejarah kredit buruk, penagih utang siap bertindak untuk menagih tunggakan. Apabila Anda tidak ingin memiliki pengalaman seperti ini, Anda harus  memanfaatkan banyak manfaat dari kartu kredit. Anda tidak boleh puas sehingga membuat keuangan Anda hancur. Berikut beberapa tips cerdas menggunakan kartu kredit:

  • Jangan membayar jumlah minimum 

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh kartu kredit yaitu membayar tagihan minimum. Maksudnya, Anda tidak perlu membayar tagihan secara keseluruhan saat itu juga, namun Anda dapat membayar secara mencicil dengan jumlah nominal minimal yang ditetapkan oleh bank Anda. Tapi itu dapat memicu masalah besar di masa depan. Harap dicatat bahwa bunga akan dikenakan untuk cicilan kartu kredit. Untuk cicilan minimum, tenggat waktu hingga tagihan dibayar otomatis diperpanjang sementara bunga akan selalu terakumulasi. Untuk mencegahnya lebih baik  segera melunasi hutang kartu kredit Anda. Atau setidaknya jangan pilih fitur pembayaran minimum. Sekalipun biaya yang harus dibayarkan tinggi, tidak hanya beban bunga yang akan berkurang, tetapi Anda akan dapat menjalani kehidupan yang lebih damai karena tidak memiliki tanggungan. Tentu saja, untuk melunasi hutang kartu kredit Anda secara langsung, Anda harus menutupi sebagian besar anggaran cicilan Anda. Mereka juga harus hidup sederhana, berhenti memakai kartu kredit  sampai hutang mereka dilunasi, dan, jika perlu, berbelanja dengan cara yang tidak diinginkan.

  • Pembayaran angsuran sebelum tanggal jatuh tempo 

Tunggakan pembayaran menjadi salah satu alasan hutang kartu kredit yang membengkak. Jangan biarkan ini terjadi pada Anda. Jika gaji Anda turun, atau jika Anda memiliki uang sebelum tanggal jatuh tempo, Anda akan segera membayar. Jangan ragu lagi. Juga, jika tanggalnya ketat, Anda akan membayar. Hal ini sangat penting untuk menghindari denda jika jumlah denda bisa mencapai 150.000 rupiah sesuai ketentuan Bank Indonesia. Sekarang ini,  tagihan kartu kredit dapat dibayarkan 24 jam sehari melalui mobile banking atau internet banking, sehingga Anda tidak memiliki alasan untuk menunda pembayaran tagihan kartu kredit. Hal tersebut menuntut Anda untuk disiplin dan konsisten saat melakukan pembayaran  kartu kredit.

  • Hindari transaksi yang melebihi limit kartu kredit 

Bank penerbit biasanya menawarkan kredit atau pembatasan tergantung pada pendapatan calon pengguna. Jangan melebihi batas itu. Misalnya limit kartu kredit adalah Rp 10 juta, jadi pastikan Anda tidak melebihi nominal tersebut untuk transaksi besar. Hal ini penting  mengingat Anda akan didenda jika melebihi limit kartu kredit Anda.

  • Mempunyai 2  kartu kredit 

Kartu kredit memang menawarkan banyak sekali kemudahan dan dapat membuat Anda lebih hemat jika berbelanja, namun disarankan untuk memiliki dua kartu kredit saja. Karena Jika Anda mempunyai banyak kartu kredit dapat menyebabkan gejolak keuangan dan penurunan nilai. Kekhawatiran kita punya banyak utang dan jika kita gagal membayarnya, skor verifikasi Bank Indonesia (BI) bisa buruk. Cek BI merupakan informasi pribadi debitur (IDI) historis yang mencatat pembayaran utang yang sedang berjalan atau macet.

  • Pikirkan jauh sebelum Anda berbelanja 

Belanja bisa berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Anda tidak membutuhkan semua  yang Anda butuhkan, dan sebaliknya. Pikirkan baik-baik sebelum berbelanja. Ini membantu untuk menghindari konsumsi dan pemborosan. Tidak jarang  membeli barang yang Anda tidak butuhkan atau inginkan dari kebutuhan murni atau sementara. Oleh karena itu, Anda perlu berpikir dua kali sebelum memakai kartu kredit Anda untuk memuaskan rasa lapar berbelanja Anda saat berbelanja online atau offline. Tanyakan pada diri Anda apakah barang yang akan Anda beli itu berguna, perlu, penting, atau tidak.

Demikianlah beberapa tips cerdas menggunakan kartu kredit. Memang, kartu kredit seperti pedang bermata dua. Namun jika Anda kurang bijak saat memakai kartu kredit, konsep ini bisa menjadi kenyataan.

You may also like