Home Tabungan Tips Cerdas Menabung untuk Membeli Rumah

Tips Cerdas Menabung untuk Membeli Rumah

by Mas Abadi

Memiliki rumah sendiri pasti menjadi impian semua orang. Hidup mandiri dan lepas dari orang tua serta tak perlu lagi membayar sewa kontrak adalah sebuah goal hidup bagi setiap orang. Walaupun nampak berat, kita bisa merealisasikan goal itu dengan cara menabung.

Tentu jumlah yang harus kita kupulkan untuk membeli rumah tidaklah sedikit. Tapi dengan fokus yang baik dan menetapkan target serta konsisten untuk menabung, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil untuk di realisasikan. Selama kita bisa konsisten dan disiplin dalam mengelola uang dan terus hidup hemat serta mengalokasikan dana untuk fokus menabung, kita bisa membeli rumah sesuai target yang kita inginkan. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar bisa menabung untuk membeli rumah? Mari kita simak tips cerdas menabung untuk membeli rumah di bawah ini.

Tips cerdas menabung untuk membeli rumah

  • Mulai sejak dini

Karena harga rumah yang cukup besar, mulailah menabung sedini mungkin agar bisa segera merealisasikan pembelian rumah. Jangan menunda untuk menabung agar target bisa terasa lebih ringan karena sudah terbiasa dengan menabung. Dengan terbiasa untuk menabung dan belajar berhemat kita bisa mencapai target dari menabung dengan lebih baik. 

  • Tetapkan target

Untuk memotivasi dalam menabung, kita harus menetapkan target kapan kita akan membeli rumah sehingga kita bisa memaksimalkan semua kemampuan untuk bisa menabung. Dengan adanya target bnisa membuat kita lebih mengendalikan diri untuk menggunakan uang ytang dimiliki dan focus kepada target membeli rumah yang kita tetapkan. 

  • Rencanakan anggaran

Buatlah rencana anggaran yang tepat unruk memenuhi target membeli rumah yang sudah kita tetapkan. Pastikan anggaran yang dibuat bisa sesuai dengan kondisi keuangan yang kita miliki. Kita bisa memaksimalkan keuangan kita untuk menabung tapi jangan sampai memperbesar beban dari kemampuan finansial yang pada akhirnya malah bisa membuat kerepotan untuk memenuhi rencana anggaran yang sudah dibuat. Pastikan kita bisa menghilangkan anggaran-anggaran yang tidak diperlukan agar bisa lebih fokus dalam menabung. 

  • Lunasi semua beban hutang 

Agar bisa lebih fokus dalam menabung, upayakan untuk melunasi semua beban kredit maupun hutang terlebih dahulu. Dengan melunasi semua hutang, kedepannya semua uang bisa kita alokasikan untuk menabung dan beban finansial bulanan jadi lebih ringan karena sudah tidak ada kewajiban untuk membayar cicilan hutang maupun kredit. Setelah semua hutang dan kredit lunas, upayakan untuk tidak lagi mengambil cicilan atau berhutang dan fokus untuk mengejar target membeli rumah dengan menabung. 

  • Buat rekening khusus

Untuk lebih fokus dalam menabung, kita bisa membuat rekening khusus yang fungsinya hanya untuk menabung untuk membeli rumah. Kita bisa memanfaatkan tabungan deposito berjangka agar bisa lebih fokus dan tabungan bisa lebih aman dari penarikan agar kita bisa lebih disiplin dalam menabung. Dengan rekening yang terpisah dari rekening tabungan lain, tabungan dana pembelian rumah akan lebih aman dan terhindar dari penarikan yang mungkin terjadi apabila kita sedang dalam situasi yang terdesak. Kita bisa juga mempertimbangkan menabung dalam bentuk emas yang bisa juga sebagai investasi yang baik karena nilai emas yang cenderung terus naik dari waktu ke waktu. Dengan menabung emas kita mempunyai keuntungan yang lebih besar karena jangka waktu dari target membeli rumah membuat harga emas yang menjadi tabungan kita bisa berlipat dan membuat jumlah tabungan kita bisa jauh lebih besar.

  • Cari tambahan penghasilan

Untuk menambah jumlah tabungan, kita bisa mencari penghasilan tambahan. Kita bisa mendapat penghasilan tambahan dengan melakukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kemampuan dan skill yang kita miliki. Kita juga bisa membuat online shop ataupun toko offline untuk menambah penghasilan. Kita juga bisa melakukan investasi untuk menambah tabungan agar target yang kita tetapkan bisa segera terealisasi.  

  • Berhemat

Penting dilakukan selama menabung untuk membeli rumah adalah berhemat. Sebisa mungkin untuk mengendalikan diri dalam membelanjakan uang dan disiplin dalam berbelanja yang sesuai dengan anggara yang sudah dibuat. Jangan mudah tergoda dengan diskon maupun promo untuk membeli barang-barang yang sebetulnya tidak terlalu kita perlukan. Kita masih bisa menyiapkan dana untuk self reward tapi harus tetap bisa berhemat agar target membeli rumah yang sudah kita tetapkan bisa kita realisasikan

  • Fokus menabung

Hal terakhir yang wajib dilakukan adalah tetap fokus untuk menabung. Jangan biarkan godaan-godaan yang muncul selama proses menabung malah menggoyahkan fokus yang sudah ditetapkan. Jadikan target membeli rumah sebagai motivasi dan juga pelecut semangat dalam upaya kita menabung. Dengan tetap berfokus dalam menabung kita bisa segera mendapatkan rumah yang sudah menjadi impian dan target kita dalam menabung tersebut. 

Itulah beberapa tips cerdas yang bisa dilakukan dalam upaya menabung untuk membeli rumah. Dengan tetap fokus menabung, rumah yang menjadi idaman bisa kita dapatkan selama kita bisa disiplin untuk mengejar target yang sudah kita tetapkan.

You may also like