Home Tips Tips Cara Membangun Percaya Diri

Tips Cara Membangun Percaya Diri

by Mas Abadi
cara membangun percaya diri

Akan ada pada suatu momen dimana Anda akan merasa kehilangan kepercayaan diri dan ini adalah hal yang normal serta wajar. Karena pastinya semua orang pernah merasa tidak percaya diri, baik dia adalah seorang ekstrovert ataupun introvert. Namun, ketika ada seseorang yang terlalu terbawa perasaan, dikuatirkan akan membuatnya menjadi mudah minder dan selalu merasa jika dirinya buruk. Lalu adakah cara membangun percaya diri? Tentu ada.

Seseorang dengan rasa percaya diri yang rendah bisa disebabkan oleh banyak factor, seperti ada kejadian buruk di masa lalu sehingga membuat orang tersebut menjadi memiliki trauma yang melekat kuat pada dirinya.

Penyebab Seseorang Menjadi Tidak Percaya Diri

kisah orang sukses

Dampak yang akan timbul ketika seseorang kehilangan rasa percaya, seperti misalnya tidak dapat memperlihatkan ekspresi ketika dia menginginkan sesuatu sehingga orang tersebut merasa dirinya tidak memiliki potensi. Berikut dibawah ini adalah beberapa factor penyebab hilangnya rasa percaya diri :

  • Rasa takut akan kesalahan

Awal dari timbulnya rasa tidak percaya diri adalah jika Anda menganggap semua hal itu harus dilakukan dengan sempurna dan tidak boleh ada kesalahan. Hal itu kemudian menimbulkan stigma dalam diri agar jangan melakukan sesuatu yang tidak mungkin bisa dilakukan bila akhirnya jauh dari kata sempurna.

Hasilnya tentu saja akan banyak orang yang enggan mencoba hal baru karena mereka takut jika nantinya terjadi sebuah kesalahan dan hal tersebut berdampak pada rendahnya rasa percaya diri. Padahal itu bukanlah sesuatu yang baik.

  • Rasa bila tampil berbeda itu aneh

Jangan pernah menilai buruk seseorang hanya karena dia berbeda dengan Anda, apalagi jika secara terang-terangan Anda menyinggung didepan orang banyak. Tahukah Anda, jika apa yang Anda lakukan tersebut dapat membuatnya kehilangan rasa percaya diri.

Padahal tidak ada yang salah ketika seseorang ingin memiliki penampilan yang berbeda dengan orang lain. Perbedaan itu hanyalah sebuah ekspresi diri agar dia bisa nyaman dalam menjalani hidupnya dan bukan untuk dijadikan bahan gossip.

  • Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Berhentilah membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain. Karena hal tersebut bukanlah sesuatu yang baik dan mengakibatkan hilangnya rasa percaya kepada diri Anda sendiri. Jadi, mulailah menghargai apa yang Anda miliki.

  • Tidak dapat move on dari masa lalu

Hal berikutnya yang membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri adalah karena tidak bisa melupakan masa lalu. Memang jika memiliki sebuah trauma masa lampau yang terbilang buruk, pastilah membutuhkan sebuah usaha keras untuk dapat melupakannya. Namun, yakinlah jika Anda pasti dapat menghilangkan rasa itu agar dapat menjalani hidup yang jauh lebih baik.

  • Tidak mengenal diri sendiri

Pernah mendengar kata-kata mutiara berikut ini “Cintailah dirimu terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mencintai yang lain.” Nah, segala sesuatu itu memang harus dimulai dari diri sendiri.

Tujuannya adalah agar Anda dapat mengetahui potensi apa yang dimiliki, apa kekurangan dalam diri sehingga nantinya Anda bisa memperbaikinya. Anda harus lebih mengenali diri sendiri dibandingkan orang lain.

Tips Menjadi Lebih Percaya Diri

Untuk mengatasi kurangnya rasa percaya diri, berikut ini adalah tips agar Anda bisa lebih percaya diri dalam kehidupan sehari-hari:

  • Selalu berpikir positif

Belajarlah untuk selalu berpikir secara positif akan hal apapun. Hindari segala pemikiran buruk yang nantinya hanya akan membawa kembali Anda kepikiran-pikiran negatif. Hilangkanlah keraguan yang ada didalam diri.

Misalnya seperti, ketika sebenarnya Anda ingin sekali melakukan suatu hal dan Anda merasa bahwa “tapi saya bisa melakukannya atau tidak ya?” rubahlah pemikiran tersebut menjadi “saya akan coba dan pasti bisa.”

  • Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Setiap orang diciptakan oleh Tuhan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, daripada Anda selalu merasa jika “mengapa saya tidak bisa seperti dia?” kenapa tidak Anda jadikan kesuksesan orang tersebut sebagai pecutan agar dapat bekerja atau berusah lebih baik lagi.

Namun, tidak berarti harus berlaku berlebihan. Tetap lalukan sesuai dengan kemampuan, karena bila Anda terlalu memfostir diri untuk melakukan sesuatu diluar kapasitas. Kuatir akan membawa dampak buruk bagi tubuh.

  • Lakukanlah kegiatan yang sesuai minat

Ikutilah sebuah kegiatan yang memang Anda sukai. Manjakan sedikit diri sendiri agar bisa membuat pikiran lebih ringan. Pastikan jika kegiatan tersebut memang membawa pengaruh positif dan membuat Anda lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan seharoi-hari.

  • Bergaul dengan orang-orang yang membawa pengaruh positif

Berkumpulah dengan orang-orang yang memberikan pengaruh positif sangatlah baik untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda. Dengan adanya energy positif yang selalu hadir inilah, Anda akan bisa lebih mempercayai diri sendiri terhadap apa yang akan dilakukan. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa menjadi pribadi yang berani untuk mengambil keputusan tepat dalam menjalani hidup.

Demikianlah penjelasan dari cara membangun percaya diri dalam menghadapi berbagai hal. Percaya diri memang sikap yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena tanpa rasa percaya diri tentu saja Anda akan menjadi sulit untuk beradaptasi dan menerima hal-hal baru dalam hidup.

You may also like