Home Tips Tips Buat Catatan Keuangan Simpel

Tips Buat Catatan Keuangan Simpel

by Mas Abadi

Sebagai manusia yang berpenghasilan, tentunya harus mempunyai manajemen keuangan yang baik agar dapat mendukung kehidupan kamu. Karena saat kamu tidak bisa mengelola gaji atau pendapatan, tentu akan berdampak buruk. Contohnya pembelian produk secara implusif tanpa direncanakan terlebih dahulu, padahal sebenarnya barang tersebut tidak dibutuhkan.

Disinilah peran catatan keuangan sangat diperlukan, baik untuk harian, mingguan maupun bulanan. Karena dengan adanya catatan pengeluaran seperti ini kamu bisa mengetahui bagaimana kondisi keuanganmu, untuk apa saja dan apakah sudah dapat memenuhi kebutuhanmu.

Tips simple melakukan pencatatan keuangan

Untuk bisa membuat catatan keuangan tentunya memang harus dibiasakan, supaya kamu dapat rutin melakukannya. Berikut dibawah ini adalah tips simple bagi kamu yang ingin mulai mencatat setiap penggunaan dan pendapatan kamu :

  • Menggunakan aplikasi pencatat keuangan

Apabila kamu ingin mulai membuat catatan finansial, baik harian, mingguan hingga bulanan. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi yang ada pada smartphone atau laptop. Misalnya seperti excel dan lainnya. Ini akan memudahkan kamu untuk prosesnya.

Atau bila di smartphone belum ada, maka kamu bisa mendownloadnya di Playstore atau Appstore. Pilih saja yang mudah dioperasikan agar kamu tidak bingung ketika menggunakannya. Dengan adanya aplikasi pencatat keuangan seperti ini, tentunya akan lebih gampang untukmu mengelola keuangan.

  • Selalu list seluruh pengeluaran yang menjadi prioritas

Selanjutnya adalah membuat daftar untuk pengeluaran primer (dibutuhkan), disini kamu dituntut untuk mengetahui apa-apa saja yang memang menjadi kebutuhan wajib setiap hari, minggu hingga bulan. Misalnya untuk dapur, perlengkapan kebersihan, tagihan (listrik, air, SPP dan lainnya), cicilan (KPR, KKB hingga kartu kredit) sampai dengan transportasi/ bensin dan lain sebagainya.

Untuk keperluan dapur ini, kamu dapat membuatnya untuk belanja harian. Karena pastinya tidak semua bahan makanan bisa disimpan dalam waktu lama. Tetapi bahan lain seperti beras, kecap, saos, garam atau bahan kering dapat kamu beli untuk satu bulan.

Kemudian ada pula yang memang biasanya habis dalam waktu mingguan. Buat perinciannya juga, supaya kamu tahu apa saja yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyisihkan dana guna simpanan darurat atau tabungan.

  • Pastikan kamu memasukkan jumlah penghasilan dan pemakaian

Ketika kamu bekerja, tentu gaji merupakan pendapatan utamamu. Masukkan nominal gaji bulanan kamu pada kolom pendapatan, apabila masih mempunyai penghasilan lain kamu juga bisa memasukkannya pada kolom yang sama.

Setelah itu, pada kolom pemakaian/ pengeluaran buatlah catatannya. Pisahkan mana yang menjadi kebutuhan primer, tersier dan sekunder. Lalu usahakan untuk memasukkan pula berapa yang dibutuhkan untuk masing-masing pos pengeluaran tersebut.

Setelahnya, usahakan untuk menggunakan uang sesuai dengan yang sudah kamu catat tersebut. Kalau bisa jangan melebihi budget, seandainya lebih pun jangan terlalu besar selisihnya sehingga kamu masih bisa menutupinya.

  • Selalu mengupdate setiap pemasukan dan pengeluaran

Berikutnya adalah selalu melakukan update. Maksudnya adalah menuliskan apa saja pengeluaran yang kamu lakukan pada setiap harinya, usahakan untuk tidak terlewat sekalipun itu hanya 500 rupiah. Ini dibutuhkan agar kamu mengetahui bagaimana keuanganmu.

Selain pengeluaran, masukkan pula penghasilan yang diperoleh. Misalnya apabila selain bekerja, kamu juga menjalankan sebuah bisnis online. Catat berapa penghasilanmu setiap menerima orderan dari penjualan atau jasa.

Semua itu haruslah kamu lakukan, agar kamu mengetahui apakah kondisi keuanganmu baik atau malah memburuk. Dari catatan tersebut, nantinya akan terlihat apa yang menjadi penyebab buruknya keadaan finansial mu, begitu mengetahuinya maka benahi dan jangan diulangi kembali.

  • Kelolalah uang yang sudah disisihkan untuk investasi

Tidak hanya tentang uang masuk dan keluar, namun kamu juga harus mengelola bagian yang nantinya akan diinvestasikan dan ditabung. Karena ketika kamu ingin mewujudkan finansial freedom serta keuangan yang sehat, maka investasi serta simpanan juga bagian dari hal tersebut.

Memiliki simpanan darurat, dana pensiun, asuransi hingga investasi jangka panjang merupakan hal penting yang wajib dimiliki. Karena itu sangat disarankan untuk siapapun, mulailah menyisihkan penghasilan bulanan setidak 10% – 15% setiap bulannya.

Apabila kamu termasuk seseorang yang pelupa atau malas, maka aktifkan fitur autopay. Dimana kamu dapat meminta tolong petugas bank tempat menabung untuk mengaktifkannya, sehingga setiap bulan tidak alasan bagimu bolong menyisihkan uang.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki dana darurat, dana pensiun dan juga investasi. Misalnya dana darurat ini berperan penting saat kamu menghadapi masalah urgent, seperti di PHK, kecelakaan dan hal darurat lainnya.

Setelahnya, kamu juga jadi mengetahui cara untuk mengalokasikannya secara tepat. Apabila kamu tidak pernah melakukannya, maka sebaiknya mulai saat ini biasakan dirimu membuat catatan keuangan yang sederhana. Mulailah dari mencatat untuk harian, rutinlah melakukannya sehingga nantinya kamu akan terbiasa dan bisa meningkatkannya ke mingguan dan bulanan.

You may also like