Home Tips Tips Ampuh Melek Finansial

Tips Ampuh Melek Finansial

by Mas Abadi

Mencapai financial freedom atau kebebasan finansial adalah impian setiap orang. Bagaimana tidak ? Seseorang yang berhasil meraih kebebasan finansial berarti kondisi keuangannya sudah berada di fase aman. Semua kebutuhan bisa tercukupi tanpa adanya rasa cemas yang berlebih dengan keadaan finansial.

Dan kondisi tersebut hanya bisa tercapai dengan melek finansial. Namun faktanya, literasi keuangan masyarakat Indonesia masih terbilang rendah sehingga untuk merealisasikannya pun tidaklah mudah. Berdasarkan data dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan milik OJK tahun 2019 lalu, literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai sekitar 38,03%.

Padahal dengan melek finansial, orang-orang akan lebih terbiasa untuk mengelola keuangannya secara bijak. Kebebasan finansial pun semakin mudah tercapai sehingga hidup akan lebih bahagia.

Nah, apa sih yang bisa kamu lakukan biar melek finansial ? Simak tips-tips yang sudah kami rangkum di bawah ini, yuk !

6 Tips Ampuh Biar Makin Melek Finansial

Pengertian melek finansial secara umum yaitu mengaplikasikan sejumlah ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola keuangan secara teratur hingga mencapai kesejahteraan finansial. Berikut beberapa tips ampuh yang bisa kamu lakukan supaya lebih melek finansial :

1. Perbanyak Informasi tentang Keuangan

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan yaitu mencari sebanyak-banyaknya ilmu yang berkaitan dengan dunia keuangan. Karena kunci untuk menjadi melek finansial adalah memiliki informasi yang selalu update. 

Manfaatkan kecanggihan teknologi di zaman yang semakin modern ini untuk mencari informasi dan mempelajarinya. Kamu bisa menggunakan berbagai media seperti buku, e-book, internet, dan lain-lain. Atau kamu pun bisa belajar dari orang-orang yang sudah lebih berpengalaman dalam hal keuangan. Selain itu, berita-berita terkini soal keuangan juga tak kalah penting untuk kamu ketahui. 

Dengan memahami dan meningkatkan rasa ingin tahu tentang dunia keuangan, tentu lebih mudah bagi kamu untuk lebih melek finansial.

2. Biasakan untuk Membuat Perencanaan Keuangan

Biasakan dirimu untuk merencanakan keuangan tiap bulan untuk mewujudkan melek finansial. Karena nantinya kamu jadi lebih mudah mengatur pengeluaran biar sesuai dengan yang sudah direncanakan. Dengan begitu, kamu akan semakin disiplin serta hati-hati saat ingin menggunakan uang.

Pahami terlebih dahulu pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya karena kebutuhan setiap orang tidaklah sama. Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat perencanaan keuangan. Namun, hal yang perlu diingat bahwa kamu harus tetap on track sehingga rencanamu bisa berjalan semestinya dan keuangan tidak berantakan. 

3. Ingatlah dengan Target yang Ingin Dicapai

Setiap orang yang ingin melek finansial sudah pasti punya tujuan tertentu. Hal ini erat kaitannya dengan sejumlah target yang ingin kamu wujudkan di masa depan. Dengan selalu mengingat target-target tersebut, tentunya kamu akan lebih semangat untuk tidak menghamburkan uang.  

Maka dari itu, sangatlah penting untuk menetapkan tujuan kamu dari awal. Tujuan tersebut bisa bersifat jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan jangka pendek artinya target yang bisa kamu wujudkan dalam waktu beberapa bulan ke depan hingga tiga tahun. Sementara tujuan jangka panjang untuk kepentingan yang bisa direalisasikan dalam waktu lebih dari lima tahun ke depan.

4. Siapkan Tabungan Dana Darurat

Semua orang tidak akan pernah tahu apa yang mungkin terjadi kedepannya. Ada anggota keluarga yang mendadak sakit dan butuh biaya pengobatan, rumah rusak akibat bencana, atau terkena PHK sehingga tidak ada pemasukan lagi. Masih banyak hal-hal tak terduga lainnya yang bisa saja kamu alami nantinya.

Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika kamu mempersiapkan tabungan dana darurat. Dana ini sifatnya untuk memenuhi keperluan mendesak seperti contoh yang disebutkan tadi. Meskipun, pada akhirnya tidak sampai terjadi hal-hal itu maka kamu bisa mengalokasikannya sebagai tabungan masa depan.

5. Prioritaskan untuk Kebahagiaan Jangka Panjang

Tips berikutnya yang ampuh membuatmu makin melek finansial yaitu lebih memprioritaskan kebahagiaan jangka panjang daripada sekarang. Terkadang banyak orang yang lebih mementingkan untuk melakukan hal-hal yang tidak begitu penting di masa kini. Dan akhirnya mereka gagal untuk mencapai kebahagian di masa depan.

Selain bisa melek finansial, kamu juga akan meraih kebebasan finansial melalui cara ini. Untuk itu, biasakan berpikir ulang saat kamu ingin membelanjakan uangmu. Apakah bisa bermanfaat untuk masa depan atau hanya menjadi kebahagiaan yang sesaat ?

6. Mulai Belajar Berinvestasi

Untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa depan adalah dengan melakukan investasi. Kamu bisa belajar investasi dari berbagai sumber dan janganlah ragu karena saat ini investasi itu sangat mudah dilakukan.

Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan serta kebutuhanmu. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal yang kecil yaitu 10 ribu rupiah saja. Yuk, mulai berinvestasi dari sekarang juga !

Itulah tadi tips-tips yang mungkin bisa menginspirasimu biar makin melek finansial. Jika semakin banyak orang yang melek finansial, maka besar kemungkinan Indonesia bisa jadi negara maju, loh !

 

You may also like