Home Perencanaan Tips Agar Investasi Apartemen Menguntungkan

Tips Agar Investasi Apartemen Menguntungkan

by Mas Abadi

Investasi memberikan profit yang menggiurkan bagi para investor. Salah satu yang bisa kamu jajal untuk berinvestasi adalah investasi aset dan properti. Memang modal yang dibutuhkan tidak sedikit, tetapi hasil yang didapatkan juga akan berlipat ganda. 

Kebutuhan tempat tinggal yang nyaman dan strategis di kota-kota besar dapat dijawab melalui bangunan bertingkat seperti apartemen. Dengan harga yang beragam, pemilik sudah mendapat fasilitas yang disediakan oleh apartemen itu sendiri. Ruang yang cukup simple dan nyaman untuk ditinggali ini memudahkanmu untuk mengurusnya.

Harga sewa yang terus meningkat, dapat menjadi keuntungan bagi kamu yang ingin memiliki bisnis investasi apartemen. Ketika kamu akan membeli sebuah apartemen, lalu dalam jangka waktu panjang apartemen itu dijual dengan harga yang lebih tinggi. Atau keuntungan dapat kamu peroleh dari harga sewa apartemen. 

Untuk mendapatkan keuntungan seperti itu, sebaiknya kamu perhatikan beberapa tips di bawah ini. 

Lokasi yang Strategis

Pilihlah lokasi yang berada di kawasan yang strategis. Apartemen yang dekat dengan fasilitas kota akan banyak dipilih calon pemilik ketimbang yang berlokasi jauh dari pusat kota. Akses ke jalan tol, mall, arena olahraga, bahkan tempat kerja jadi modal penting untuk menentukan kepemilikan apartemen. Lokasi yang bagus akan memberikan harga yang bagus pula. Memang kamu harus menyiapkan modal terlebih dahulu, kelak berjalannya waktu modal tersebut akan kembali beserta keuntungan yang didapat dari harga jual. Pasarkan apartemen itu di berbagai media sosial untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal seperti apartemen. Perkuat dengan lokasi yang comfortable untuk dijadikan tempat tinggal.

Perhatikan juga lokasi apartemen yang berdekatan dengan bangunan sekitar. Jika dekat dengan kampus ternama dan berkelas, kamu bisa menargetkan apartemen untuk mahasiswa. Kamu bisa melengkapi ruangan di dalamnya dengan meja belajar, rak buku, dan lainnya. Beda lagi jika lingkungan apartemen adalah perkantoran. Kamu bisa menawarkan kepada para karyawan. Jarak yang dekat dengan kantor akan menjadi daya tarik.

Fasilitas Apartemen

Agar meningkatkan harga jual dan sewa dari sebuah apartemen kamu bisa memastikan terlebih dahulu, apakah di apartemen itu tersedia beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik apartemen. Fasilitas ini di luar dari apa yang ada dalam kamar apartemen. 

Bagi pemilik yang memiliki mobil harus ada tempat parkir yang aman. Tersedianya CCTV selama 24 jam akan menambah keyakinan calon pemilik. Rutinitas sehari-hari perlu disegarkan dengan menikmati taman atau nongkrong di bar sebuah apartemen. Perhatikan apakah apartemen yang akan kamu miliki memiliki tempat bermain, kolam renang, area olahraga, dan fasilitas komersial. Sangat memudahkan pemilik apartemen jika semua fasilitas itu berada di dalam kawasan apartemen. 

Pilihan Periode Sewa

Kebutuhan orang untuk menyewa sebuah tempat tinggal tidak hanya dalam kurun waktu tahunan. Walaupun memang menetapkan periode sewa secara tahunan lebih menguntungkan.

Jangan membatasi apartemenmu hanya untuk periode waktu tahunan saja, coba ikuti buat tawaran dengan orang yang membutuhkan apartemen untuk periode sewa bulanan. Ada pekerjaan yang tidak dapat dipastikan kapan habis dan kapan harus pindah. Pihak penyewa juga memikirkan keuangannya dan rugi jika apartemen yang sudah dibayar tahunan malah nyatanya kurang dari itu. 

Harga bulan dapat dinaikkan dari harga tahunan. Jika ditotalkan, uang yang kamu dapatkan lebih dari harga tahunan. Bahkan kamu bisa meningkatkan biaya sewa pada bulan berikutnya dengan pertimbangan harga lainnya ikut naik. 

Jejak Pengembang

Kamu harus memikirkan developer dari apartemen yang kamu miliki.  Ketahui sejauh mana jejak karya yang sudah pengembang lakukan dalam membangun apartemen. Karena dari sini akan menentukan apakah investasi apartemen tepat atau harus memilih apartemen dari pengembang yang lain. Asal-asalan dalam memilih pengembang, akan berdampak pada hasil yang kamu dapatkan juga asal-asalkan.

Calon pembeli juga tidak hanya melihat apartemennya saja, tetapi developer yang mengembangkan apartemen. Nilai dari sebuah perusahaan juga menentukan calon pembeli apakah akan memilih apartemenmu atau yang lain. Pelajari lebih dulu mengenai pengembang ini agar bisnis investasi apartemen tidak membuatmu ragu. Sebab dari pengembang yang kurang kompeten di bidangnya akan menurunkan harga yang dipasarkan, bahkan kalah dari kompetitor lainnya. 

Memilih Unit yang Tepat

Agar investasi apartemenmu makin lancar jaya, pilihlah unit yang berpotensi diinginkan oleh calon pemilik. Jika kamu mampu memiliki lebih dari dua unit apartemen, pilihlah lantai atas dan lantai dasar. Lantai atas sekaligus menawarkan pemandangan perkotaan, dapat sebagai ruang refreshing pemilik. Beda lagi untuk lantai dasar atau tidak jauh dari lantai dasar. Unit di lantai ini akan memudahkan pemiliknya untuk lebih cepat keluar dari apartemen dan dekat dengan fasilitas. Hal ini berkaitan dengan target pasar yang sudah kamu tentukan. 

Semoga tips di atas dapat memberikanmu pencerahan saat akan membeli sebuah unit di apartemen. Pastikan harga yang akan kamu beli sesuai dengan kemampuan. 

You may also like